Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Sate Sapi Dengan Bumbu Kacang Pedas Super Lezat Dan Nikmat


NurulHidayah - Resep Cara Membuat Sate Sapi Dengan Bumbu Kacang Pedas Super Lezat Dan Nikmat tentunya sangat cocok untuk membuat daging idul adha seperti saat ini. Di Indonesia , idul Adha identik dengan pembagian daging kurban, yakni daging sapi atau daging kambing .

Umat islam merayakan Hari Raya Idul Adha dengan cara mengorbankan sapi atau kambing. Oleh sebab itu, banyak orang yang memperoleh daging sapi secara gratis. Karena itulah mengolah daging sapi ataupun daging kambing dengan benar dan nikmat menjadi pilihan utama ibu rumah tangga.

Nah, mumpung suami juga lagi libur kerja. Kini saatnya dibantuin sama mas bojo. Hehehehe Mas bojo bagian yang bakar sate dan saya bagian bikin bumbunya bu-ibu. Nikmatnya luar biasa jika bisa bikin sate yang nikmat di rumah untuk suami dan anak. ^_^ Berikut penampakan tangan mas bojo lagi bakar sate sapi. Hihihihihihi


Baca Juga:
Resep Nugget Ayam Wortel Homemade yang Enak dan Lezat   
Cara Membuat Es Sop Buah Segar
Cara Membuat Brownies Panggang Lembut Dan Enak

Nah, untuk mengolah daging tersebut, salah satunya bisa diolah menjadi sate dengan bumbu kacang yang nikmat.  Berikut Resep Cara Membuat Sate Sapi Dengan Bumbu Kacang Pedas Super Lezat Dan Nikmat.

Bahan Sate:
1. Tusuk sate secukupnya
2. Daging sapi kurang lebih 500 gram
3. Kecap manis secukupnya

Bahan bumbu kacang untuk sate sapi:
1. 3 genggam kacang tanah, goreng terlebih dahulu
2. 4 siung bawang putih, kupas
3. 8 butir bwang merah, kupas
4. 1 sendok the garam
5. 3 lembar daun jeruk purut
6. 70 gram gula merah
7.  300 ml air biasa
8. 3 buah cabe merah
9. 10 buah cabe rawit (atau sesuai selera ya untuk tingkat pedas bumbu kacangnya)
10. 2 sendok makan cuka, jika tidak ada bisa diganti dengan air asam jawa
11.4 sendok makan kecap manis
12. 1 butir bawang merah, iris tipis untuk taburan

Cara Membuat:
1.  Pertama cara membuat sate, potong dadu daging sapi , kemudian cuci hingga bersih dan setelah itu tusuk dengan tusukan sate. Beri kecap manis secukupnya, kemudian nakar di atas bara api hingga matang . Jangan lupa untuk mengipasi dengan kipas dan bolak balik sate agar tidak gosong dan bisa matang sempurna. Lakukan hingga sate habis dan matang.

2. Kedua cara membuat bumbu kacang untuk sate yakni uleg atau blender semua bahan dari nomor 1 hingga nomor 10 hingga halus. Kemudian tuang bumbu halus ke dalam wajan dan tumis bumbu kacang hingga matang dan mengeluarkan aroma yang sedap.

3. Jika sudah matang, beri kecap manis, aduk hingga rata. Setelah rata, tuang ke dalam wadah dan beri irisan bawang merah mentah.

4. Setelah semua selesai dilakukan, campur sate sapi yang sudah dibakar dengan bumbu kacang.

5. Sate sapi bumbu kacang yang super  lezat dan nikmat siap disajikan dengan nasi hangat.

Menurut saya, tidak afdhol rasanya jika Idul Adha tidak memasak daging di rumah. ^_^ Oleh sebab itu saya bikin sate daging sapi dengan bumbu kacang. Nah jika untuk anak-anak, Anda bisa skip cabe nya agar rasanya tidak pedas.

Itulah tadi Resep Cara Membuat Sate Sapi Dengan Bumbu Kacang Pedas Super Lezat Dan Nikmat yang bisa Anda bikin di rumah sebagai sajian di Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban . Selamat mencoba & Happy Cooking!! ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Sate Sapi Dengan Bumbu Kacang Pedas Super Lezat Dan Nikmat"