Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih

Nurul Hidayah - Resep Kue Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih ternyata hasil akhirnya juga bisa kenyal dan tahan lama meskipun tanpa menggunakan kapur sirih dalam pembuatanya. Rasanya juga enak dan nikmat.

Seperti yang diketahui bahwa fungsi kapur sirih dalam pembuatan kue lupis yaitu utnuk memperkenyal tekstur kue lupis dan juga kue lupis tersebut bisa menjadi tahan lama. Jadi jangan khawatir jika kue lupis tanpa sirih itu tidak enak, tentunya bisa tetap enak dong ya. ^_^



Namun ada tips dan trik tersendiri dalam pembuatan kue lupis agar tetap bisa kenyal dan tanah lama. Tips dan triknya adalah sebaiknya rebus kue lupis hingga lama kurang lebih 1 jam hingga 2 jam.

Fungsi perebusan dalam waktu yang lama juga bisa menggantikan fungsi penggunaan kapur sirih. Nah kali ini saya membuat kue lupis tanpa penggunaan kapur sirih di dalam resep ini. Berikut Resep Kue Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih.

Resep Kue Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih

Bahan-bahan:

1. Daun pisang
2. Tusuk gigi
2. 1/2 sendok teh garam
3. 800 gram beras ketan, rendam 1 hingga 2 jam kemudian cuci hingga bersih
4. Kelapa parut dari 1/2 butir kelapa

Saos gula merah:

1. 250 gram gula merah, serut
2. 1 sendok makan tepung maizena
3. 1 gelas air
4. Sejumput garam

Cara Membuat Kue Lupis Segitiga Yang Enak Dan Kenyal:

1. Pertama bikin saas gula merah, caranya yaitu masukkan gula merah yang sudah disisir ke dalam panci kecil , kemudian tambahkan air dan sejumput garam Aduk terus hingga gula mencair. Setelah itu masukan tepung maizena yang sudah dicampur sedikit air. Tuang ke dalam gula merah, aduk hingga rata dan kental. Setelah kental, sisihkan terlebih dahulu.

2. Nah sekarang waktunya bikin lupisnya ya. Caranya ambil daun pisang, potong memanjang kemudian lipat daun pisang dengan bentuk segitiga. Lalu isi dengan beras ketan yang sudah direndam terlebih dahulu. Lalu sematkan tusuk gigi untuk mengunci agar tidak lepas saat direbus. Lakukan hingga semua beras ketan habis.

3. Setelah selesai semuanya, masukkan beras ketan yang sudah dibungkus ke dalam panci yang berisi air yang sudah mendidih. Rebus selama 1 jam hingga 2 jam agar bisa tahan lama dan lebih kenyal. Setelah matang, angkat dan tiriskan dulu.

4. Langkah selanjutnya yaitu beri parutan kelapa dengan 1.2 sendok teh garam, campur hingga merata kemudian kukus selama 10 menit. Untuk penyajianya, kupas lupis ketan, kemudian taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus. Lalu siram dengan saos gula merah.

5. Kue lupis siap dihidangkan.

Ini dia video pembuatan serta Resep Kue Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih dengan mudah dan sederhana. Jangan lupa ditonton juga ya! ^_^


Begitu mudah kan ya cara membuat kue lupis tanpa kapur sirih setelah membaca resep dan menonton video cara membuat serta Resep Kue Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih seperti yang tertera di atas? Semoga berhasil dan selamat mencoba!


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Kue Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih"