Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Kue Sengkulun Kue Enak Khas Jawa Tengah


Nurul Hidayah - Resep Masakan Kue Sengkulun Kue Enak Lezat Khas Jawa Tengah ini ternyata sangatlah mudah dan sederhana. Dari bahan yang simple bisa menghasilkan rasa yang luar biasa.

Nah kue sengkulun ini berasal dari Demak - Jawa Tengah. Kebetulan mas ipar saya berasal dari Demak nih. Ketika saya diberi jajanan ini, ternyata enak banget. Dan akhirnya saya ingin membuatnya sendiri, biar puas gitu makanya. Hahahahaha


Kue Sengkulun ini biasanya disuguhkan untuk acara adat dan acara-acara lainya yang mana banyak masyarakat sekitar menggemari jajanan tradisional ini. Salah satu jajanan tradisional yang hampir punah, namun masih memiliki banyak penggemar hingga saat ini.

Berikut Resep Masakan Kue Sengkulun Kue Enak Khas Jawa Tengah yang bisa Anda praktekkan di rumah untuk keluarga atau acar yang ada di keluarga Anda.

Bahan-bahan:
1. 1 butir kelapa, kupas dan parut memanjang.
2. Pewarna makanan hijau dan merah
3. 100 gram gula pasir
4. 1 sendok teh garam
5. 1 cepuk vanili bubuk
6. Daun pisang untuk alas loyang
7. 250 gram tepung ketan

Cara Membuat:
1. Ambil wadah, lalu masukkan tepung ketan, kelapa parut, gula, vanili bubuk, dan garam. Aduk-aduk sampai tercampur rata.
2. Setelah itu, ambil 2 wadah lagi. Bagi adonan menjadi 3 bagian dan beri pewarna hijau dan merah. Setelah diberi pewarna, aduk adonan hingga rata yang mana nanti akan ada 3 warna yaitu warna putih, hijau dan merah.
3. Masukan adonan ke dalam loyang persegi panjang. alasi loyang dengan daun pisang. Tata adonan putih di bawah dan setelah itu kukus 20 menit.
4. Setelah 20 menit, angkat dari kukusan, kemudian timpa adonan putih dengan adonan warna merah. Kukus lagi selama 30 menit. Lakukan hal yang sama dengan loyang satunya dengan warna yang berbeda.
5. Setelah 30 menit, angkat dari dalam kukusan. Balik loyang dan keluarkan kue sengkulun dari dalam loyang. Potong-potong sesuai selera masing-masing.
6. Kue sengkulun siap disantap.

Berikut video tutorial cara membuat serta Resep Masakan Kue Sengkulun Kue Enak Khas Jawa Tengah yang bisa Anda praktekkan di rumah ya bunda.


Jangan lupa kunjungi Channel Youtube “Nurul Hidayah” juga ya. Anda juga bisa Subscribe, Like, Coment & Share berbagai video resep maskana yang ada di channel youtube saya. Semoga Resep Masakan Kue Sengkulun Kue Enak Khas Jawa Tengah bermanfaat bagi Anda semua dan Terima kasih!


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Masakan Kue Sengkulun Kue Enak Khas Jawa Tengah"