Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Manisan Kedondong Mekrok Yang Segar Dan Tanpa Digodok

Nurul Hidayah - Resep manisan kedondong mekrok yang segar dan tanpa digodok ternyata sangatlah mudah untuk membuatnya. Hanya butuh ketelatenan dengan bahan-bahan yang simple bisa membuat jenis manisan yang lagi hits ini.

Saya merupakan salah satu penggemar berbagai jenis buah yang memiliki rasa asam yang bisa dibikin manisan buah, salah satunya yakni buah kedondong. Seperti yang kita ketahui bahwa buah kedondong ini jika masih mudah terasa kecut alias asam.

Nah kali ini, saya punya stok buah kedondong yang lumayan banyak. Buah kedondongnya dapat gratis pula. Hahahahahaha..  cerita singkatnya main ke rumah mertua dan pas banget pohon kedondong depan rumah mertua berbuah lebat. Langsung sikat ambil deeehh.. ^_^


Sampai rumah langsung saya eksekusi menjadi manisan kedondong. Perlu diketahui bahwa Mekrok merupakan bahasa jawa yakni memiliki arti Mekar. Seperti halnya bunga yang bermekaran, tentunya akan lebih indah dipandang ketika mekar kan?

Begitu juga manisan kedondong, jika manisan kedondongnya saya bikin mekrok tentunya akan lebih syantiik. ^_^ selain itu, rasanya juga lebih maknyuus, enak , segar dan nikmat bangeet.

Oleh sebab itu, kali ini saya bikin buah kedondong seperti bunga yang mekar syantiiik. Untuk resep manisan kedondong mekrok yang segar dan tanpa digodok ini sangatlah mudah dan simple.

Biasanya ada yang membuat manisan kedondong dengan cara direbus. Namun jika kadondong tersebut direbus, tentunya akan mengurangi rasa kriuk dari kedondong itu. Selain itu rasanya juga kurang fresh akibat perebusan pada buah tersebut.

Nah saya bikin manisan kedondong mekrok ini lain dari biasanya. Tentunya rasanya lebih segar, enak, tidak asam, kriuk dan nikmat sekali. Apalagi dicocol dengan garam dan cabe. Cocok sekali dikonsumsi bagi para ibu hamil. Hehhehehehehe

Eeeiiittsss,, yang gak hamil juga boleh mencobanya loh. Saya yang gak lagi hamil aja, doyan banget sama manisan kedondong mekrok ini loh. ^_^ Maklum pecinta manisan buah. ^_^



Bagi bunda yang penasaran resep serta cra membuat manisan kedondong mekrok ini bisa Anda baca disini ya. Berikut Resep manisan kedondong mekrok yang segar dan tanpa digodok yang bisa Anda coba di rumah.

Resep Manisan Kedondong Mekrok Yang Segar Dan Tanpa Digodok

Bahan – Bahan Manisan Kedondong Mekrok :

1. 6 - 7 Buah kedondong  yang masih segar. Saya baru petik dari rumah ibu mertua. Hehehehhehe, Oh ya jangan pilih buah kedondong yang sudah matang ya, kurang enak kalau dibikin manisan nantinya, jadi pilih yang masih mentah dan segar.
2.  ½ sendok teh garam halus
3. ½  sendok teh kapur sirih
4.  2 tetes pewarna makanan kuning
5. 5 sendok makan gula pasir
6. 1 liter air
7. Pisau tajam untuk mengupas buah kedondong

Bahan Cocolan Untuk Manisan Kedondong Mekrok:
1. 2 sendok makan garam halus
2. 12 – 20 buah cabe rawit

Cara Membuat Cocolan Manisan Kedondong Mekrok:
1. Uleg kasar garam dan cabe rawitnya. Ingat jangan diblender ya,, kalau dibelnder nanti garamnya jadi air. ^_^

Cara Membuat Manisan Kedondong Mekrok Yang Segar Dan Tanpa Digodok:
1.Pertama yakni kupas buah kedondong, kemudian cuci buah kedondong hingga bersih dari getahnya.

2. Setelah itu belah buah kedondong (bisa nonton divideo saya ya untuk cara membelahnya) pokoknya jangan sampai putus buah kedondongnya. Kemudian cuci lagi hingga benar-benar bersih.

3. Lalu siapkan mangkok lagi, masukkan kapur sirih dan tambahkan air. Aduk-aduk hingga merata. Setelah rata, masukkan buah kedondong yang sudah dicuci ke dalam mangkok yang berisi air kapur sirih tadi. Diamkan kurang lebih 5 jam. Sisihkan dulu.

4. Setelah 5 jam, cuci buah kedondong lagi hiabgga benar-benar bersih.

5. Untuk langkah selanjutnya yaitu masak air, gula pasir, garam dan pewarna kuning. Aduk-aduk hingga rata dan mendidih. Setelah mendidih angkat, kemudian tuang ke dalam buah kedondong yang sudah dicuci tadi. Pastikan semua buah kedondong terendam.

6. Setelah itu diamkan kurang lebih 10 jam atau semalaman. Bisa juga didiamkan didalam lemari es.

7. Setelah 10 jam, Manisan buah kedondong siap untuk dimakan dan dihidangkan.

Cukup mudah kan setelah membaca Resep Manisan Kedondong Mekrok Yang Segar Dan Tanpa Digodok diatas. Jika masih bingung atau  penasaran cara membuat manisan kedondongnya.
Kalian bisa nonton video tutorialnya dibawah ini ya:


Atau Anda  juga bisa nonton video tutorialnya di Channel Yotube Aku “Nurul Hidayah”:. Di channel youtube, banyak video tutorial yang bisa Anda coba di rumah. Video tutorial aneka resep masakan yang mempermudah Anda untuk memasak.

Terima kasih untuk semuanya, untuk yang sudah membaca artikel ini dan juga untuk yang sudah menonton video tutorialnya disini ataupun di channel Youtube aku. Semoga semua tulisan diblog & video aku bermanfaat bagi Anda semua.
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Manisan Kedondong Mekrok Yang Segar Dan Tanpa Digodok"