Tahu Campur Lamongan

Nurul Hidayah - Tahu Campur Lamongan merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Selain makanan tradisional berupa soto Lamongan, ternyata ada makanan tradisional lagi yaitu tahu campur Lamongan.

Makanan tradisional ini memang sudah memiliki banyak penggemar. Selain tahu campur Lamongan, di berbagai daerah di Jawa Timur juga memiliki makanan berupa tahu campur khas masing-masing, seperti Surabaya dan Malang.


Kenikmatan tahu campur bisa membuat Anda yang memakanya bisa ketagihan loh. Bagaimana tidak? Rasa lezat dari tahu campur ini memang tidak diragukan lagi. Jika Anda bekunjung ke Jawa timur, rasanya patut mencobanya karena banyak sekali pedagang kaki lima menjual tahu campur ini.

Selain pedagang kaki lima, ada juga kok resto-resto yang menyajikan makanan tradisional ini. Namun jika Anda merasa kejauhan untuk membeli tahu campur ke Jawa Timur, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berikut ini resep Tahu Campur Lamongan yang bisa Anda coba di rumah sebagai sajian istimewa keluarga Anda.

Tahu Campur Lamongan

Bahan-bahan:
1. Air 2 liter
2. Daun jeruk 7 lembar
3. Daging sapi sandung lamur 1 kg, potong-potong kotak kemudian cuci hingga bersih
4. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:
1. 2 sendok teh merica putih
2. Bawang putih 8 siung
3. Ketumbar 1 sendok teh
4. Jinten 2 sendok teh
5. Kencur sepanjang 2 cm
6. Kunyit sepanjang 4 cm
7. Garam secukupnya

Bahan pelengkap:
1. 5 sendok makan petis udang, kualitas premium
2. 500 gram mie basah
3. 500 gram tauge, rebus setengah matang
4. 5 buah tahu putih, potong kotak lalu goreng
5. 400 gram daun selada, cuci hingga bersih
6. Bawang merah goreng secukupnya, nnati untuk taburan


Cara membuat:
1. Pertama, rebus air dengan daging sapi yang sudah dipotong-potong hingga mendidih. Rebus hingga daging benar-benar empuk.

2. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu tambahkan daun jeruk, aduk hingga merata.

3. Masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam air rebusan. Masak hingga mendidih dan semua bumbu meresap ke dalam daging.

4. Tes rasa, bila sudah cukup matikan kompor. Sisihkan terlebih dahulu.

5. Sekarang waktunya caranya menyajikanya yaitu siapkan mangkok kemudian taruh 1 sendok petis udang di atas mangkok, lalu tambahkan tauge, mie basah, daun selada, dan tahu yang sudah dipotong-potong.

6. Setelah itu siram kuah daging dan beberapa potong daging sapi sandung lamur.

7. Beri taburan bawang goreng di atasnya atau juga bisa ditambahkan krupuk. Tapi kali ini saya lupa gak goreng krupuknya. Hehehehehe it’s ok lah ^_^

8. Tahu campur Lamongan siap disantap selagi hangat.

Resep Tahu Campur Lamongan sudah saya jelaskan di atas. Jika Anda masih penasaran dengan rasanya, Anda bisa mencoba mengolahnya sendiri di rumah agar mengerti bagaimana rasa nikmat dan lezat yang sebenarnya. ^_^ selamat mencoba!

0 Response to "Tahu Campur Lamongan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel