Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Udang Crispy Renyah

Nurul Hidayah - Udang Crispy Renyah merupakan salah satu lauk pauk yang nikmat dan juga bisa untuk cemilan. Rasa gurih dan tekstur yang renyah membuat udang crispy saat dimakan mengeluarkan bunyi kres kres.

Udang crispy sangat cocok untuk lauk pauk sebagai pendamping nasi hangat atau juga bisa untuk cemilan di saat santai. Seperti yang diketahui bahwa udang memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Kandungan gizi yang ada di dalam udang bisa menjadi sumber asupan gizi, khususnya jika dikonsumsi anak-anak karena udang itu sendiri mengandung protein dan asam lemak tak jenuh yang tinggi.


Nah, kandungan tersebutlah yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan anak-anak. Selain anak-anak, orang dewasa juga banyak yang menggemari Udang Crispy Renyah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah dicari di sekitar Anda kok. Selain itu cara membuatnya juga gampang dan tidak terlalu ribet. Nah agar bau amis udang bisa hilang, sebaiknya kecruti sedikit air jeruk nipis.

Udang Crispy Renyah

Bahan-bahan:
1. Udang ukuran sedang 500 gram
2. Bawang putih 3 siung, haluskan
3. Garam secukupnya
4. Air perasan jeruk nipis 1 sendok makan
5. Minyak goreng untuk menggoreng, sebaiknya gunakan miyak goreng yang banyak

Bahan untuk adonanya:
1. Tepung terigu 100 gram
2. Telur 1 butir, kocok lepas dengan garpu
3. Sejumput garam
4. Kaldu bubuk 1/2 sendok teh
5. Baking powder 1/2 sendok teh
6. Lada bubuk 1/2 sendok teh
7. Air es secukupnya

Cara membuat:
1. Langkah pertama yaitu bersihkan udang, lalu kupas dan bagian kepala dibuang. Jadi nanti hanya ekor dan bagian badaya saja. Setelah itu cuci bersih, tiriskan dan sisihkan terlebih dahulu.

2. Langkah selanjutnya beri sedikit garam, air jeruk nipis dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk bersama udang. Diamkan kurang lebih 15 menit.

3. Langkah selanjutnya yaitu buatlah adonan tepungnya dengan cara campur tepung terigu, baking powder, lada bubuk, kaldu bubuk dan garam. Aduk hingga merata. Kemudian beri tambahan air es sambil diaduk-aduk hingga merata dan tidak menggerindil. Lalu tambahkan kocokan telur ke dalam adonan, aduk lagi hingga merata.

4. Langkah berikutnya yaitu celupkan udang yang sudah direndam bersama air jeruk nipis, bawang puith dan garam ke dalam adonan.

5. Lalu goreng udang dengan minyak yang banyak dan panas. Goreng hingga matang sempurna. Angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

6. Udang crispy renyah siap disantap.

Itulah tadi resep Udang Crispy Renyah yang bisa Anda praktekkan di rumah sebagai lauk ataupun cemilan untuk keluarga tercinta. Jika Anda tidak mau ribet, Anda juga bisa memakai tepung instant yang siap pakai. ^_^ . Namun menurut saya, untuk rasanya lebih nampol bikin sendiri. ^_^  Selama mencoba & Happy cooking!


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Udang Crispy Renyah"