Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urap-Urap Jawa Timur yang Nikmat dan Enak

Nurul Hidayah - Urap-Urap Jawa Timur memang sudah menjadi makanan yang populer di daerah Jawa Timuran. Makanan yang cara mengolahnya begitu sederhana dan simple ini memiliki rasa yang enak dan lezat.

Parutan kelapa yang dibumbui menjadi salah satu khas makanan ini. Urap-urap sayur merupakan perpaduan antara parutan kelapa dengan beberapa macam sayuran seperti taoge, kacang panjang, wortel, kangkung, gubis dan lain sebagainya menurut selera masing-masing.


Namun kali ini saya membuat Urap-Urap Jawa Timur dengan 3 bahan macam sayuran saja yaitu kacang panjang, wortel dan taoge. Sangat cocok jika disajikan dengan nasi hangat.

Dalam bahasa Jawa “Urap” artinya dicampur aduk. Oleh sebab iu cara menyajikan urap-urap sayur ini antara aneka macam sayuran dengan parutan kelapa diurap-urap atau dicampur aduk menjadi satu menjadi olahan makanan yang nikmat.

Baca Juga: 


Nah, inilah hasil akhir urap-urap sayur yang sudah dicampur dengan parutan kelapa berbumbu. Rasanya maknyuuuuss loh, enak banget. Penasaran? Langsung coba aja ya biar gak penasaran lagi.


Berikut resep Urap-Urap Jawa Timur yang simple versi saya. Anda juga bisa mencobanya di rumah sebagai sajian pelengkap untuk sarapan Anda.

Urap-Urap Jawa Timur by Nurul Hidayah

Bahan-bahan:
1. 1 ikat kacang panjang, kurang lebih isi 10 buah kacang panjang, potong-potong
2. 3 genggam taoge
3. 2 buah wortel, iris-iris
4. 1/4 butir kelapa ukuran besar dan jangan terlalu tua, parut

Bumbu yang dihaluskan:
1. 1 buah cabe merah besar
2. 7 buah cabe rawit
3. 2 siung bawang putih
4. 1 ruas kencur
5. 1 lembar daun jeruk, iris-iris
6. Sejumput garam
7. Sejumput gula pasir

Cara membuat:
1. Rebus semua sayuran hingga matang dan lunak. Noted: Taoge lebih cepat matang, oleh sebab itu sebaiknya rebus taoge paling akhir. Setelah matang, sisihkan terlebih dahulu.
2. Kemudian haluskan semua bumbu halus hingga halus.
3. Campur parutan kelapa dengan bumbu yang dihaluskan. Aduk-aduk hingga merata.
4. Tata di piring saji, ambil beberapa sayuran dan parutan kelapa yang sudah dibumbui.
5. Campur menjadi satu.
6. Urap-urap sayur siap dihidangkan.

Sangat simple, sederhana dan mudah kan cara membuat Urap-Urap Jawa Timur? Selamat mencoba & happy cooking bu-ibu!
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Urap-Urap Jawa Timur yang Nikmat dan Enak"