Tips Bolu Gulung Tidak Pecah Saat Digulung

Nurul Hidayah - Tips bolu gulung tidak pecah saat digulung sangatlah penting karena hal yang paling utama dalam pembuatan bolu gulung yaitu pada proses penggulunganya.

Lalu bagaimana jika pada saat menggulung dan ternyata bolu yang digulung saat itu pecah atau retak? Tentunya hal tersebut tidak diinginkan kan? Oleh sebab itu saat ini saya akan membahas beberapa teknik proses menggulung bolu gulung.


Menggulung bolu gulung ini memang gampang-gampang susah. Ada tips dan trik sendiri untuk membuat bolu gulung terlihat mulus dan tidak pecah. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut:

Tips Bolu Gulung Tidak Pecah Saat Digulung

1. Tips yang pertama yaitu sebaiknya sebelum menggulung bolu gulung, lihatlah terlebih dahulu permukaan bolu sudah kering atau belum. Jika sudah kering Anda bisa menggulungnya.

Selain itu pastikan juga permukaan bolu sudah tidak lengket lagi pada saat disentuh dan tidak ada bunyi pres pres.

2. Tips yang kedua yaitu persiapkanlah kertas roti sebelum menggulung bolu gulung. Bisa juga diberi taburi gula halus pada permukaan kertas roti agar bolu gulung tidak menempel ketika kertas dibuka.

3. Tips yang ketiga yaitu sebenarnya menggulung bolu gulung bisa dilakukan saat bolu dalam keadaan dingin ataupun hangat. Karena itu semua juga tergantung tekstur bolu yang Anda buat serta bahan isian yang ada didalam bolu gulung tersebut..

Jika tekstur bolu gulung lembut, Anda bisa menggulungnya ketika hangat atau dingin. Namun jika tekstur bolu gulung yang Anda buat tidak terlalu lembut, sebaiknya gulung bolu ketika masih hangat supaya bolunya tidak pecah.

4. Tips yang keempat yaitu tentukan filling apa yang coock untuk bolu gulung yang Anda buat. Nah untuk fillingnya, Anda bisa menggunakan buttercream, selai atau whippingcream.

Dengan adanya selai didalam bolu gulung bisa memperkaya rasa serta bisa merekatkan bolu ketika digulung. Nah jika Anda menggunakan bahan filling yang leleh jika terkena panas, sebaiknya isi filling bolu gulung ketika sudah dingin.

Jika Anda menggunakan bahan filling yang agak cair, sebaiknya simpanlah bolu yang sudah digulung di lemari es terlebih dahulu agar mempermudah saat dipotong. Menyimpanya jangan di freezer ya, simpan di lemari es yang biasa saja.

5. Tips yang kelima yaitu masih tentang filling bolu gulung. Supaya hasil fillingnya bisa rapi sebaiknya untuk ujung bolu gulung yang pertama bisa diberi filling yang lumayan tebal.

Sedangkan untuk sisi yang lain yang menjadi gulungan terakhir, beri filling tpis-tipis saja supaya tidak terlalu belepotan pada bolu gulung yang Anda buat. Jika filling belepotan, tentunya tidak menarik kan jika dilihat.

6. Tips yang keenam yaitu jika sudah diberi filling, rapatkan kedua ujung pembungkus bolu gulung agar bolu gulung tidak terbuka kembali. Tunggu bolu hingga dingin, baru pembungkusnya dibuka.

7. Tips yang terakhir yaitu jika Anda menggunakan loyang yang zig zag untuk membuat bolu gulung, sebaiknya gunakanlah bantuan piping bag untuk mengisi filling dan setelah itu ratakan dengan bantuan spatula.

Denga memerhatikan tips bolu gulung tidak pecah saat digulung, insya allah bolu gulung yang Anda buat akan sukses dan berhasil. Selamat mencoba & happy baking!

0 Response to "Tips Bolu Gulung Tidak Pecah Saat Digulung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel