Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ote-Ote Sayur

Nurul Hidayah - Ote-Ote Sayur merupakan salah satu jenis gorengan yang memiliki banyak penggemar. Bagi penyuka gorengan, rasanya seperti hal wajib bisa membuat sendiri di rumah sebagai cemilan tambahan.
Ote-ote memiliki banyak nama di setiap daerah yang ada di Indonesia. Yang saya tahu nama lain ote-ote yaitu weci, bala-bala, bakwan, gorengan? Ada lagi kah selain nama itu?
Ternyata ada loh karena di tempat saya selain ote-ote, nama lainya adalah “Srini”. Eeh namanya kok mirip kayak nama penjualnya ya. Hehehehe. Belum tahu persis asal usul nama srini telah dinobatkan sebagai salah satu nama jajanan gorengan yang lagi hits di Tanah Air tercinta ini.
Ote-ote sayur bisa menjadi alternatif bagi Anda sebagai cemilan yang menyehatkan untuk buah hati jika memiliki anak kecil yang tidak begitu menyukai sayuran. Karena baan dasar ote-ote adalah dari sayuran.
Banyak pedagang kaki lima menjual jajanan ini di pinggiran jalan. Biasanya untuk satu buah ote-ote seharga seribu rupiah. Rasanya yang enak dan gurih memang sangat cocok disajikan sebagai cemilan sore ini. Apalagi dimakan dengan cabe rawit, eemm rasanya semakin nikmat.
Jika bisa membuat sendiri tentunya akan mengurangi pengeluaran ya bu-ibu. Selain menghemat, membuat sendiri akan lebih higienis dan tentunya akan jadi lebih banyak. Jadi lebih puas ya bisa menjadi teman ngeteh sore ini.
Berikut resep serta cara membuat Ote-Ote Sayur yang simple dan mudah. Bahan-bahanya pun mudah didapatkan di sekitar.

Ote-Ote Sayur by Nurul Hidayah
 Bahan-bahan:
1. 250 gram tepung terigu
2. 2 sendok makan tepung beras
3. 200 gram gubis, iris memanjang
4. 1 buah wortel, iris memanjang
5. 2 genggam taoge
6. 1 batang seledri, iris-iris
7. 1 batang daun bawang, iris-iris
8. Sejumput gula pasir
9. Sejumput garam
10. Penyedap rasa secukupnya
11. Air secukupnya, janan terlalu banyak karena jika encer adonan akan susah digoreng
12. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
1. 1 siung bawang putih, haluskan
2. 3 butir bawang merah, haluskan
3. 1/4 sendok teh merica
 Cara membuat:
1. Pertama campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, tepung beras, gula, garam, penyedap rasa dan bumbu halus sambil diberi sedikit demi sedikit air. Aduk hingga merata dan tidak ada tepung yang menggerindil lagi.
2. Kemudian tambahkan semua sayuran seperti taoge, gubis, wortel, seledri, dan daun bawang. Aduk lagi hingga merata.
3. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan.
4. Tuang adonan ke dalam wajan.
5. Goreng hingga matang.
6. Angkat dan sajikan.

Ote-Ote Sayur bisa Anda sajikan sebagai cemilan sore ini dengan gigitan cabe rawit yang enak dan nikmat. Selain itu Anda juga bisa menyajikanya untuk buah hati tercinta. Selamat mencoba dan happy cooking!
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Ote-Ote Sayur"