Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Bisa Kamu Lakukan Dirumah Dengan Mudah

Nurul Hidayah11 cara menjaga kesehatan jantung yang bisa kamu lakukan dirumah dengan sangat mudah. Seperti yang kita tahu bahwa penyakit jantung merupakan penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian nomor dua setelah penyakit stroke.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini sebaiknya kamu lakukan agar jantung dan tubuh bisa lebih sehat. Banyak yang beranggapan bahwa penyakit jantung merupakan penyakit orang yang sudah berumur, namun perlu kamu perhatikan bahwa penyakit jantung juga bisa menyerang orang pada usia muda loh.

Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh yang mana jika jantung bermasalah atau memiliki sakit jantung tentunya fungsi untuk memompa darah tersebut akan terhambat yang bisa menyebabkan tubuh menjadi sakit.




Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung ialah dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan juga melakukan hidup sehat setiap hari. Jadi penting sekali untuk menjaga kesehatan jantung agar fungsi jantung bisa terlaksana dengan baik.

Nah berikut ini ialah 11 cara menjaga kesehatan jantung yang bisa kamu lakukans endiri di rumah agar jantung bisa bekerja dengan baik:

1.       Menjaga Kesehatan Jantung dengan Minuman JSR

Cara yang pertama ialah dengan cara menjaga kesehatan jantung dengan minuman JSR. Resep minuman JSR ini merupakan resep dari dr.Zaidul Akbar.

Bahan - bahan:

- 10 gr akar alang-alang

- 1 batang sereh

- 1 ruas jahe

- 1 sdm madu

- 300 ml air

 Cara membuat minuman JSR untuk menjaga kesehatan jantung:

-          Pertama, cuci bersih, potong-potong  jahe,  geprek sereh,

-          Kemudian, rebus jahe, akar alang-alang dan sereh selama 2 menit.

-          Lalu, tuang ke dalam gelas.

-          Tunggu hingga hangat.

-          jika sudah hangat, tambahkan madu dan aduk rata.

Kami menyarankan untuk emngkonsumsi minuman JSR ini pada saat hangat dan minumlah 1X sehari. Ramuan ini untuk menguatkan jantung agar jantung bisa lebih sehat.

Selain resep minuman JSR ini, kamu juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan. Untuk video tutorialnya ada dibawah ini ya:



 1.      Menjaga Kesehatan Jantung dengan Tidur yang Cukup

Cara yang kedua ialah dengan cara menjaga kesehatan jantung dengan tidur yang cukup. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam, kami sarankan jangan sering-sering tidur larut malam dan bangun pada siang hari karena bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh kamu.

Seperti yang kita tahu bahwa waktu malam merupakan waktu untuk istirahat, jadi gunakanlah waktu istirahat kamu dengan sebaik-baiknya. Jika terlalu sering tidur larut malam, bisa menyebabkan tekanan dara menjadi naik, peradangan dan juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

Jadi sebaiknya, tidurlah yang cukup tanpa begadang dan bangun setiap hari pada pagi hari. Paling tidak usahakan tidur sekitar 7 atau 8 jam perharinya.

Baca Juga:

17  Manfaat Jambu Biji Merah Serta Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

2.      Menjaga Kesehatan Jantung dengan Membatasi Makanan Berlemak

Cara yang ketiga ialah dengan cara menjaga kesehatan jantung dengan cara membatasi makanan berlemak. Seperti yang kita tahu bahwa lemak memang dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi untuk memberi sumber energi cadangan dan juga untuk membantu menyerap nutrisi pada makanan yang kamu konsumsi.

Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua lemak yang kamu konsumsi merupakan lemak yang baik untuk kesehatan tubuh kamu loh. Salah satu lemak yang harus kamu atur ialah lemak jenuh.

Lemak jenuh merupakan lemak yang bisa menyebabkan kadar kolesterol menjadi tinggi loh. Karena itulah yang bisa membentuk plak pada pembuluh darah pada jantung yang menyebabkan berakibat tidak baik pada kesehatan jantung.

Oleh sebab itu, cara menjaga kesehatan jantung ialah bisa dnegan cara melakukan tidur yang cukup setiap harinya dan juga batasi mekanan yang mengandung lemak jenuh seperti contoh ayam, gorengan dan juga jeroan sapi.

3.      Menjaga Kesehatan Jantung dengan Cara Menjaga Kesehatan Mulut

Cara yang keempat ialah dengan cara menjaga kesehatan mulut. Perlu kamu ketahui bahwa kesehatan jantung ternyata saling berkaitan loh dnegan kesehatan mulut. Ada beberapa masalah jantung yang yang terjadi karena beberapa penyakit yang ada dimulut.

Seperti contoh gejala penyakit pada gusi, mulut dan juga gigi. Jika sakit yang ada dii bagian mulut bertambah parah, jamur beserta bakteri yang ada di mulut bisa berpindah ke aliran darah yang mana bisa meningkatkan protein C-reaktif.

Dengan begitu, bisa menimbulkan peradangan pada pembuluh darah yang ada di sekitar jantung. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan jantung, jagalah juga Kesehatan mulut, paling tidak dengan menyikat gigi 2 kali setiap hari.

4.      Menjaga Kesehatan Jantung dengan Cara Membatasi untuk Mengkonsumsi Makanan Asin

Cara yang kelima ialah dengan cara membatasi untuk mengkonsumsi makanan asin. Jika kamu sering mengkonsumsi makanan asin tentunya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi atau biasa disebut dengan hipertensi.

Nah penyakit hipertensi ini ialah salah satu faktor yang menyebabkan penyakit jantung. Kenapa bisa seperti itu? Karena pada saat tekanan darah naik atau mengalami hipertensi, secara otomatis kerja jantung akan semakin berat,

Karena itulah hal tersebut bisa menyebabkan penyakit jantung dan juga bisa mengganggu kesehatan jantung. Oleh sebab itu, batasi asupan garam / natrium untuk perharinya. Untuk usia 19 th hingga 29 th ialah 1500 mg.

Kamu bisa membatasi asupan garam atau mengurangi penggunaan garam pada saat memasak.Selain itu, sebaiknya batasi juga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tingginya garam dalam kemasans eperti junk food, snack dan juga sapi asap.

5.      Menjaga Kesehatan Jantung dengan Cara Menghindari Duduk Terlalu Lama

Cara yang keenam ialah dengan cara menghindari terlalu lama. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan penggumpalan darah. Karena hal itulah bisa memperburuk sirkulasi darah pada tubuh yang menyebabkan jantung tidak sehat.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindarilah duduk terlalu lama dnegan cara meregangkan otot tangan dan kaki dengan cara digerakan perlahan-lahan atau bisa juga dnegan berkaktifitas atau berolahraga secara rutin.

6.      Menjaga Kesehatan Jantung dengan Cara Berhenti Merokok

Cara yang ketujuh ialah dengan cara berhenti emroko dan juga menghirup asap rokok. Seperti yang kita tahu bahwa meroko bisa merusak Kesehatan, salah satunya ialah jantung.

Siapa sangka ternyata emrokok bisa menyebabkan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan didalam roko mengandung bahan kimia yang mana bahan tersebut dapat emndorong pembentukan plak pada pambuluh ateri di jantung.

Hal ini bisa menyebabkan penyakit jantung loh. Oleh sebab itu, sebaiknya berhentilah merokok jika kamu perkok aktif dan juga berhentilah juga untuk menghirup asap roko di sekitar kamu agar jantung kamu bisa lebih sehat.

7.      Menjaga Kesehatan Jantung dengan Cara Janganlah Strss

Cara yang kedelapan ialah dengan cara janganlah stress. Perlu kamu ketahui bahwa stress merupakan salah satu penyebab penyakit jantung loh. Ketika seseorang mengalami stress yang berat, secara otomatis tekanan darah akan meningkat.

Selain itu, stress juga bisa mengganggu kualitas tidur seseorang. Karena inilah yang bisa menyebabkan penyakit jantung itu muncul pada tubuh.

Oleh karena itu, jangalah stress. Jika memiliki masalah, sebaiknya selesaikan masalah dengan sebaik-baiknya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa aktifitas seperti rutin berolahraga, selalu melakukan aktifitas yang kamu sukai dan juga melakukan teknik pernapasan serta meditasi dan jangan lupa untuk melakukan konsultasi pada dokter ahli.

8.      Menjaga Kesehatan Jantung dengan Cara Memperbanyak Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Cara yang kesembilan ialah dengan cara memperbanyak mengkonsumsi buah dan juga sayur. Seperti yang kita tahu bahwa buah dan sayur memiliki gizi yang banyak karena mengandung senyawa antioksidan dan juga sebagai sumber vitamin serta mineral.

Karena kandungan tersebutlah yang bisa menjaga Kesehatan jantung dan juga bisa membantu untuk mencegah peradangan. Kmau bisa mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dnegan pola hidup sehat.

9.      Menjaga Kesehatan Jantung dengan Cara Berolahraga Secara Rutin

Cara yang kesepuluh ialah dengan cara berolahraga secara rutin. Seperti yang kita tahu bahwa dengan berolahraga bisa membuat badan lebih sehat dan juga bugar. Selain itu, juga bisa menyehatkan jantung loh.

Berolahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang perlu untuk dilakukan karena mampu mengendalikan berat badan, meningkatkan kadar kolesterol baik dan juga mempu menurunkan tekanan darah.

Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas olahraga seperti lari pagi, bersepeda, senam jantung, jogging dan juga berenang. Kamu bisa memilih salah satu olahraga yang kamu sukai dan paliung tidak kamu bisa melakukanya minimal 30 menit setiap harinya.

10.  Menjaga Kesehatan Jantung dengan Cara Mengkonsumsi Air Putih

Cara yang kesepuluh ialah dengan cara mengkonsumsi air putih yang cukup. Perlu kamu tahu bahwa mengkonsumsi air putihs etiap hari mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Paling tidak konsumsilah air putih sebanyak 8 gelas perharinya.

Jika warna urin terlalu gelap dan keruh, itu tandanya kamu diharuskan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak. Oleh sebab itu, segeralah minum air putih.

Itulah tadi pembahasan mengenai 11 cara menjaga kesehatan jantung yang bisa kamu lakukan dirumah . Seperti yang kita tahu bahwa hidup sehat merupakan hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, jagalah jantung kamu sedini mungkin agar hidup bsia lebih sehat. Semoga bermanfaat. 

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "11 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Bisa Kamu Lakukan Dirumah Dengan Mudah"