Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Manfaat Jambu Biji Merah Serta Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Nurul Hidayah - 17  Manfaat Jambu Biji Merah  Serta Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan akan kami bahas di dalam artikel ini. Siapa sangka buah jambu biji ini ternyata memiliki banyak manfaat dan juga khasiat untuk tubuh, khususnya untuk kesehatan.

Jambu biji merah sudah dikenal banyak orang untuk mengobati demam berdarah dan juga untuk mengobati diare. Ternyata manfaatnya bukan hanya itu loh. Ada segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi jambu merah ini.

Perlu kamu ketahui bahwa jambu biji mempunyai banyak manfaat dan memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Nah berikut ini akan kami jelaskan beberapa kandungan jambu biji yang bisa kamu ketahui:

Apa Saja Sih Kandungan Jambu Biji Itu?

Jambu biji merupakan salah satu buah tropis yang hidup di Negara Indonesia. Buah jambu biji ini berasal dari negara Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan. Buah jambu biji ini bewarna merah dan putih pada bagian bijinya. Untuk kulitnya, ada yang bewarna hijau dan kuning.

Rasanya manis dan enak. Daging buah jambu biji ini ada yang bewarna merah dan ada juga yang bewarna putih. Selain dimakan langsung, jambu biji ini bisa diolah menjadi minuman yang enak dan segar loh.

Mulai dari jus jambu biji, minuman JSR, minuman sop buah dan lain sebagainya. Selain rasa yang enak, jambu biji ini ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan loh. Biji dalam buah jambu biji ini bisa dimakan dan ketika makan, tanpa perlu membuang bijinya.

Untuk jambu biji yang bewarna merah, lebih enak jika dibuat untuk minuman jus atau minuman yang lainya. Sedangkan jambu biji yang bewarna putih lebih cocok untuk dibuat rujak.

Meskipun begitu, kedua jenis jambu biji tersebut memiliki kandungan gizi yang sama yakni bermanfaat bagi tubuh. Nah berikut ini ialah beberapa kandungan gizi yang ada di dalam buah jambu biji setiap 100gram buah jambu biji. Data ini berdasarkan data komposisi pangan Indonesia.

Adapun kandungan buah jambu biji yang bisa kamu dapatkan ialah ada air sekitar 86 gram, energi sekitar 49 kal, lemak sekitar 0,3gram, protein sekitar 0,9 gram, serat sekitar 2,4 gram, fosfor sekitar 28 mg, karbohidrat sekitar 12,2 gram, zat besi sekitar 1,1 mg, kalsium sekitar 14 mg, natrium sekitar 10 mg, kalium sekitar 52,8 gram, abu sekitar 0,6 gram.

Selain itu, juga mengandung beta karoten sekitar 27 mcg, seng / zinc sekitar 0,3 mg, karoten total sekitar 25 mcg, tembaga sekitar 0,02 mg, niasin sekitar 0,8 mg, vitamin C sekitar 87 mg, Thiamin / vitamin B1 sekitar 0,02 mg dan riboflavin sekitar 0,03 mg.

Selain kandungan seperti yang kami tuliskan, ternyata ada kandungan lain juga loh yaitu seperti vitamin A, vitamin B9. Warna merah pada jambu bijimerah itu karena terdapat kandungan karoten yaitu likopen yang mana berupa senyawa pemberi warna merah pada buah.

Likopen ini memiliki manfaat untuk melawan radikal bebas. Oleh sebab itu, akndungan jambu merah biji ini sangat berkhasiat untuk kesehatan.

17 Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan gizi pada buah jambu. Kini saatnya mengetahui apa saja sih manfaat buah jambu merah dan jambu biji bewarna putih untuk kesehatan? Nah berikut ini ialah 17 manfaat jambu biji yang bisa kamu ketahui:

1.      Untuk Mengobati Diare

Manfaat yang pertama ialah untuk mengobati diare. Seperti yang kita tahu bahwa jambu biji memiliki kandungan serat yang terbilang tinggi. Olehs ebab itu, jambu biji mampu mencegah sembelit dan juga mampu membantu buang air besar secara teratur.

Selain itu, jambu biji juga dipercaya bisa menurunkan intensitas serta durasi diare karena mampu membunuh semua mikroba yang berbahaya yang ada di dalam usus.

Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa membuat minuman JSR yang berbahan jambu biji merah untuk emngobati diare loh. Nah berikut ini kami sertakan video tutorial cara membuat minuman JSR untuk mengobati diare:

2.      Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat yang kedua ialah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Jika dibandingkan kandungan vitamin C di dalam buah jeruk, ternyata buah jambu biji merah ini lebih unggul loh.

Vitamin C merupakan senyawa antioksidan yang nantinya mampu membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah senyawa inilah yang akan membantu untuk memperbaiki jaringan yang telah rusak yang ada di dalam tubuh. Selain itu, juga bisa melawan radikal bebas.

3.      Untuk Membantu Mencegah Kanker

Manfaat yang ketiga ialah untuk membantu mencegah kanker. Ada penelitian membuktikan bahwa bagian seluruh jambu biji memiliki manfaat mulai dari ekstrak jambu biji, buah jambu biji, dan juga daun jambu biji.

Dari keseluruhan jambu biji tersebut memiliki manfaat untuk melawan kanker seperti kanker usus besar, melanoma, leukemia dan kanker prostat. Kandungan jambu biji terdapat vitamin C, likopen dan juga quercetin yang memiliki sifat antikanker dan juga antioksidan.

4.      Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang keempat ialah untuk menurunkan berat badan. Jika kamu ingin badan kamu langsing, kamu bisa mengkonsumsi buah jambu biji setiap hari. Kamu bisa mengkonsumsi buah jambu biji secara langsung atau bisa juga kamu ajdikan jus jambu yang segar dan nikmat.

Jambu biji memiliki kadar kalori yang sangat rendah, namun kaya akan serat, vitamin dan juga mineral. Oleh sebab itu, buah jambu biji sangat cocok untuk diet. Selain itu, kandungan gula dalam buah jambu biji pun rendah, lebih rendah dari buah apel dan juga buah jeruk.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Batuk Kering Untuk Dewasa dengan Minuman JSR, Bahan Alami yang Aman untuk Tubuh

5.      Untuk Meredakan Flu dan Batuk

Manfaat yang kelima ialah untuk meredakan flu dan batuk. Perlu kamu ketahui bahwa kandungan vitamin C yang ada didalam buah jambu biji ini juga bermanfaat untuk meredakan flu dan batuk loh.

Kenapa bisa seperti itu? Karena kandungan tersebut memiliki sifat antioksidan dan juga antibakteri yang bisa membantu untuk memecahkan lender pada tenggorokan. Selain buah jambu biji, daun jambu biji juga bermanfaat seperti halnya buah jambu biji. Kamu bisa membuah teh dari daun jambu biji atau juga bisa membuat jus daun jambu biji dicampur dengan buah jambu biji.

6.      Untuk Meningkatkan Kesehatan Mulut

Manfaat yang keenam ialah untuk meningkatkan Kesehatan mulut. Buah jambu biji dan daun jambu biji memiliki kandungan senyawa antibakteri dan antioksidan yang mana dipercaya bisa membunuh kuman dan juga bisa melawan infeksi.

Oleh sebab itu, daun jambu biji dan buah jambu biji dapat membantu meredakan gusi serta gigi yang meradang disertai nyeri. Kamu bisa mengkonsumsi daun jambu biji sebagai the atau jus.

7.      Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat yang ketujuh ialah untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara mengkonsumsi buah jambu biji secara teratur. Buah jambu biji memiliki kandungan antioksidan yang mana bisa melindungi jantung yang tidak sehat yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Kandungan serat yang ada di dalam buah jambu mampu menurunkan kolesterol yang bisa membahayakan jantung. Dengan mengkonsumsi buah jambu biji bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan jantung.

8.      Untuk Meredakan Stress

Manfaat yang kedelapan ialah untuk meredakan stress. Jika kamu mau mengkonsumsi buah jambu biji ataupun jus jambu biji merah akan membantu kamu menjadi lebih rileks.

Buah jambu juga memiliki kandungan magnesium yang mana mampu mengendurkan saraf yang lelah. Selain itu, juga bisa mengendurkan otot yang tegang.

9.      Untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat yang kesembilan ialah untuk melancarkan sistem pencernaan. Seperti yang kita tahu bahwa jambu biji memiliki kandungans erat yang tinggi. Dengan begitu, jika mengkonsumsi jambu biji dipercaya mampu mencegah sembelit, menjaga Kesehatan usus dan juga bisa mengurangi intensitas diare.

10.  Untuk Mengobati Jerawat

Manfaat yang kesepuluh ialah untuk mengobati jerawat. Jambu biji juga memiliki manfaat untuk kulit loh, yaitu untuk mengobati jerawat. Perlu kamu ketahui bahwa jambu biji memiliki kandungan vitamin K, antiinflamasi dan juga antibakteri untuk mengatasi jerawat kamu.

Selain jerawat, jambu biji juga memiliki manfaat untuk memudarkan flek hitam dan juga bisa menghilangkan perubahan warna kulit karena jerawat. Adapun caranya ialah oleskan ekstrak daun jambu biji ke wajah kamu secara merata secara rutin.

11.  Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat yang kesebelas ialah untuk menurunkan kadar gula darah. Kamu bisa mengkonsumsi buah jambu merah ataupun buah jambu biji putih. Buah jambu biji ini juga bisa loh dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes.

Perlu kamu tahu bahwa buah jambu biji mempunyai indeks gilkemik yang bisa dikatakan rendah dan juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Oleh sebab itu, buah jambu biji mampu mencegah naiknya gula dara.

Selain dikonsumsi, kamu juga bisa mengkonsumsi teh daun jambu biji yang mana bisa juga untuk menurunkan kadar gula darah.

12.  Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat yang keduabelas ialah untuk menjaga Kesehatan mata. Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin A. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin A merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan vitamin A dalam buah jambu biji dipercaya mampu meningkatkan penglihatan dan juga mampu mencegah degenerasi macula dan juga katarak.

13.  Untuk Mengobati Demam Berdarah

Manfaat yang ketiga belas ialah untuk mengobati demam berdarah. Banyak penelitian mengatakan bahwa jambu biji ataupun ekstrak jambu biji mampu menghambat pertumbuhan virus dengue yang mana bisa mengobati demam berdarah.

Selain itu, jambu biji juga bermanfaat untuk menghindari pendarahan pada orang yang menderita demam berdarah dan juga bisa meningkatkan trombosit. Buah jambu biji dan daun jambu biji sama-sama memiliki manfaat untuk emngobati demam berdarah.

14.  Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat yang keempat belas ialah untuk meningkatkan daya ingat. Seperti yang kita tahu bahwa jambu biji memiliki kandungan yang luar biasa seperti vitamin dan juga mineral.

Kandungan tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan otak. Nah kandungan vitamin B dan juga kalium yang ada di dalam buah jambu biji ini, mampu meningkatkan sirkulasi ke otak.

15.  Untuk Mencegah Penyakit Tiroid

Manfaat yang kelima belas ialah untuk mencegah penyakit tiroid. Seperti yang kita tahu bahwa gangguan kelenjar tiroid ini bisa mengakibatkan pembengkakan pada bagian leher atau biasa disebut dengan penyakit gondok.

Buah jambu mengandung mineral tembaga dan juga serat yang tinggi yang mana memiliki manfaat untuk mencegah penyakit tiroid. Kamu bisa mengkonsumsi buah jambu secara rutin.

16.  Untuk Memperlambat Penuaan Pada Kulit

Manfaat yang keenam belas ialah untuk memperlambat penuaan pada kulit. Jambu biji memiliki kandungan antioksidan yaitu likopen dan juga betakaroten yang mana kandungan tersebutlah yang mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Dengan begitu, mengkonsumsi jambu biji secara rutin mampu memperlambat penuaan pada kulit. Bukan hanya itu saja, karena jambu biji juga memiliki manfaat untuk mencegah kulit menjadi keriput, dan juga bisa mengencangkan kulit.

Kamu bisa mengkonsumsi buah jambu secara langsung, dibikin jus atau bisa juga kamu buat masker untuk wajah kamu.

17.  Untuk Meredakan Nyeri Haid

Manfaat yang ketujuh belas ialah untuk meredakan nyeri haid. Seperti yang kita tahu bahwa daun jambu biji ataupun ekstrak daun jambu biji dipercaya mampu menghilangkan kram ketika menstruasi.

Jika kamu mengalami nyeri saat haid, kamu bisa mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji sekitar 6 mg. Kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin. Dengan begitu, bisa mengurangi rasa nyeri pada saat haid.

Itulah 17  Manfaat Jambu Biji Merah  Serta Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan yang bisa kamu ketahui. Kamu bisa mendapatkan segudang manfaat dari buah jambu biji dan juga daun jambu biji. Melakukan pengobatan secara alami tentunya tidak menimbulkan efek yang berbahaya bagi tubuh.

Oleh sebab itu, kami menyarankan jika mengalami sakit , sebaiknya segeralah epriksa ke dokter atau bisa juga kamu mengkonsumsi bahan-bahan alami yang mampu meredakan rasa sakit tersebut. Semoga bermanfaat.

 

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "17 Manfaat Jambu Biji Merah Serta Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan"