Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Bolu Kukus Semangka 2 Telur Lembut Banget

NurulHidayah Resep Bolu Kukus Semangka 2 Telur Lembut Banget ternyata cara buatnya gampang banget loh. Di Indonesia ada banyak jenis kue bolu yaitu seperti bolu jadul, bolu semangka, bolu coklat, bolu pandan, bolu pelangi , bolu caramel, bolu kojong, bolu mini, dan lain sebagainya.

Aneka kreasi kue bolu ini memiliki cita rasa yang enak, tekstur yang lembut dan tentunya nikmat banget . Kali ini saya mau membuat bolu kukus semangka kukus yang hanya pakai 2 telur saja.

Meskipun hanya 2 telur, namun tekstur bolu semangka ini lembut banget loh. Untuk isi nya, saya menggunakan biji jinten hitam. Selain biji jinten hitam, kamu juga bisa menggunakan biji selasih.


Sangat tidak saya sarankan untuk memakai meises ceres karena warna hitamnya nanti bisa meleber ketika dikukus. Jadi lebih baik menggunakan biji jinten hitam atau biji selasih. Nah berikut resep bolu semangka kukus yang enak dan lembut banget:

Bahan A :

-  250 gr Tepung terigu

- 1 sdt baking powder

- 1 cepuk vanili bubuk

- 1/4 sdt garam

Bahan B:

- 200 gr Gula pasir

- 2 Butir Telur

- 1 sdt SP

Bahan C:

- 250 ml Santan

- Biji wijen hitam secukupnya

 - Pewarna merah & hijau secukupnya

- Minyak untuk olesan

Cara membuat:

1.      Pertama, campur semua bahan A seperti tepung terigu, garam, vanili bubuk dan baking powder. Aduk rata. Bahan A ini emrupakan bahan kering. Setelah di aduk , sisihkan terlebih dahulu.

2.      Di wadah lain, kocok  bahan B seperti 2 butir telur, gula pasir dan SP. Kocok hingga bewarna putih dan kental berjejak. Jika menggunakan mixer, pakai kecepatan tinggi

3.      Jika adonanya sudah berubah warna dan kental berjejak, tambahkan tepung terigu dan santan secara bergantian. Sambil di aduk-aduk. Ketika mengaduk adonan, pastikan sampai rata dan lanjutkan ratakan menggunakan spatula.

4.      Setelah itu, bagi adonan menjadi 3 bagian. Beri pewarna merah & hijau. Aduk hingga pewarna tercampur rata. Untuk 1 adonanya warna tetap putih.

5.      Selanjutnya olesi cetakan menggunakan minyak. Kemudian, taburi dengan biji wijen hitam.

6.      Lalu, tuang adonan yang bewarna merah. Kemudian, kukus sekitar 15 menit.

7.      Jika sudah 15 menit, tuang adonan yang bewarna putih dan kukus lagi selama 15 menit.

8.      Jika sudah 15 menit,  tuang adonan yang bewarna hijau. Kemudian, kukus lagi sekitar 25 - 30 menit atau hingga matang.

9.      Jika sudah matang, keluarkan dari dalam cetakan dengan cara ditekan – tekan bagian samping kue bolu semangkanya.

10.  Kue Bolu Semangkanya sudah matang deh.

Bolu semangka ini memiliki warna mirip dengan semangka. Bolunya sudah mirip semangka karena memiliki warna merah merona. Untuk warna merah bisa diganti dengan warna kuning ya.

Bagian samping terlihat warna merah, putih dan hijau dan biji wijen yang menyerupai biji semangka. Meskipun hanya menggunakan 2 telur, bolu semangka ini memiliki tekstur yang lembut banget.

Baca Juga:

Resep Cookies Tempe Coklat yang Enak Banget

Cara Membuat Cireng Salju yang Enak, Lembut dan Kriuk

Selain menggunakan cetakan seperti ini, kamu juga bisa menggunakan cetakan Loyang segitiga, nanti bisa dipotong-potong segitiga menyerupai buah semangka. Namun menggunakan cetakan seperti yang pakai yang ada seperti didalam foto dan video ini lebih simple karena tanpa memotong kue bolu tersebut.

Kue bolu semangka ini cocok juga loh untuk ide jualan snack box. Nah berikut saya sertakan video tutorial cara membuat bolu semangka kukus hanya 2 telur saja:

Kamu juga bisa menonton video lainya ya di channel yotuube “Resep Nurul Hidayah”. Terima kasih semuanya. Selamat mencoba.

 

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk " Resep Bolu Kukus Semangka 2 Telur Lembut Banget"