Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cireng Salju yang Enak, Lembut dan Kriuk di Cocol Dengan Bumbu Rujak yang Nikmat

Nurul Hidayah - Cara Membuat Cireng Salju yang Enak, Lembut dan Kriuk di Cocol Dengan Bumbu Rujak yang Nikmat tidaklah sulit. Mungkin sebagian orang ketika membuatnya, ada yang gagal. Namun jika Anda mengikuti langkah-langkah yang akan kami tuliskan, dijamin berhasil 100%.

Cireng salju ini tentunya anti meledak, jadi Anda tidak perlu khawatir karena takut meledak ketika menggorengnya.Cireng salju ini memiliki ciri adonan hampir mirip dengan empek-empek yang mana memakai bahan dasar tepung aci atau tapioka.

Untuk tekstur cireng salju di resep yang kami pakai adalah, lembut didalam dan kriuk diluar. Cireng salju ini gak alot sama sekali. Jadi ketika memakanya, tentunya bisa membuat lidah Anda bergoyang.

Cireng salju ini merupakan salah satu jajanan yang terbuat dari tepung aci atau tapioka yang memiliki rasa gurih, kriuk, lembut dan enak banget. Apalagi cirengs alju disajikan dengan bumbu rujak yang pedas. Tentunya akan menambah kenikmatan yang luar biasa.

Baca Juga:

Resep Cara Membuat Stick Roll Tape, Ide Jualan Makanan Kekinian

Resep Cara Membuat Cireng dari Nasi Sisa yang Simple dan Mudah

Kenapa Dinamakan Cireng Salju?

Usut punya usut kenapa sih dinamakan cireng salju? Nah sebelum cireng salju ini digoreng, masih nampak terdapat tepung yang bewarna putih yang mirip dengan salju. Nah karena inilah cireng ini dinamakan cireng salju.

Cireng salju ini hampir sama dengan cireng biasa. Namun juga memiliki perbedaan yaitu untuk adonanya memakai biang yang mana nantinya akan dicampurkan ke dalam bahan-bahan kering dan akan membentuk adonan cireng.

Adonan tersebut dibaluri dengan bahan-bahan kering, termasuk tepung aci atau tepung tapioka. Bahan biang ini memiliki tekstur mirip dengan lem. Cara bikinya juga gampang banget.

Cirengs alju ini juga cocok banget di sajikan untuk cemilan keluarga tercinta. Selain itu, cocok juga untuk ide jualan loh karena bisa disimpan didalam freezer untuk stok sebelum digoreng.

Nah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cireng salju yang enak, lembut didalam dan kriuk diluar:

Bahan-bahan Cireng Salju:

1.      17 sdm Tepung tapioka  ( 1 sdm untuk rebusan & 16 sdm untuk baluran)

2.      200 ml air

3.      4 siung bawang putih , haluskan

4.      1/2 sendok teh garam

5.      1/2 sendok teh merica bubuk

6.      1/2 sendok teh kaldu bubuk

7.      2 batang daun bawang, iris-iris

Cara Membuat Cireng Salju:

1.      Pertama, bikin biangnya terlebih dahulu ya. Rebus beberapa bahan seperti air, 1 sdm tepung tapioka, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk hingga teksturnya mirip dengan lem.

2.      Jika sudah mirip dengan lem, campurkan ke dalam mangkok yang sudah ada 16 sdm tepung tapioka dan tambahkan irisan daun bawang yang sudah diiris-iris.

3.      Setelah itu, uleni campurkan bahan biang ke dalam mangkok yang terdapat 16 sdm tepung tapioka. Campur semua bahan hingga bisa dibentuk. Bentuk adonan menjadi pipih.

4.      Cireng salju siap untuk digoreng atau bisa juga disimpan didalam lemari es.

Nah, jika cireng saljunya sudah jadi. Kini saatnya membuat sambal bumbu rujak yang pedas dan nikmat. Sambal bumbu rujak ini cocok banget jika dicocol dengan cireng salju ketika memakanya.

Bahan-bahan Bumbu Rujak untuk Cocolan Cireng Salju:

1.      10 buah cabe rawit

2.      1 buah cabe merah

3.      2 sdm gula merah yang sudah disisir

4.      ¼ sdt garam

5.      ¼ sdm gula pasir

6.      1 sdt asam jawa

7.      Air secukupnya

Cara Membuat Bumbu Rujak yang Nikmat:

1.      Ulek semua bahan dan tambahkan air secukupnya. Kemudian rebus hingga mendidih. Jika sudah mendidih, sambal bumbu rujak siap untuk digunakan untuk cocolan cireng salju.

Cireng salju ini cocok banget dicocol dnegan sambal bumbu rujak yang bisa menambah kenikmatan ketika memakanya. Cireng salju ini memiliki rasa yang enak dan bertekstur lemut dan juga kriuk banget.

Resep ini dijamin anti gagal dan anti meledak. Buktikan sendiri dengan mencoba resep ini ya. Cara Membuat Cireng Salju yang Enak, Lembut dan Kriuk di Cocol Dengan Bumbu Rujak yang Nikmat juga bisa Anda tonton di channel Yotuube “Nurul Hidayah:


Terima kasih ya sudah menonton, semoga bermanfaat bagi semuanya dan menambah semangat kami untuk membuat video-video baru dan juga menulis resep di website ini. ^_^

 

 

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cireng Salju yang Enak, Lembut dan Kriuk di Cocol Dengan Bumbu Rujak yang Nikmat"