Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tempe Homemade yang Enak dan Simple

Nurul Hidayah - Cara membuat tempe homemade ini ternyata tidaklah sulit. Bahan - bahan yang dibutuhkan juga simple dan sederhana banget loh. Kacang kedelai yang diolah sedemikian rupa bisa menjadi lauk tempe yang nikmat banget. 

Tempe merupakan salah satu lauk yang berasal dari Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai yang direbus terlebih dahulu dan dikasih ragi, kemudian di goreng atau bisa juga diolah menjadi berbagai macam olahan makanan tradisional Indonesia. Rasanya enak banget loh. 

Tempe bisa diolah menjadi aneka macam olahan makanan seperti tempe cookies, orak arik tempe, tempe bacem, gimbal tempe, tempe mendoan, tempe kering, dan lain sebagainya. 

Baca Juga:

Resep Cookies Tempe Coklat yang Enak Banget

Resep Tahu Gejrot Mudah, Enak dan Lezat Banget

Cara bikin tempe homemade ini gampang banget loh. Nah berikut ini beberapa bahan yang diperlukan untuk pembuatan  tempe homemade:

Bahan-bahan Tempe Homemade:

1. 250 gr kacang kedelai yang sudah di kupas, boleh juga pakai kedelai biasa

2. 0.25 gr ragi tempea tau sekitar setengah sendok teh

3. 1,5 liter air

Cara Membuat Tempe Homemade:

1. Pertama, cuci bersih kacang kedelai yang sudah di kupas. 

2. Kemudian rebus air hingga mendidih. 

3. Setelah itu, taruh kacang kedelai yang sudah di cuci bersih ke dalam mangkokl, alu tuang air panasr dan rendam dan tutup hingga 8 jam. disini bertujuan agar uap panas bisa bertahan lebih lama

4. Setelah 8 jam buka tutupnya dan tetap rendam hingga 2 hari. Jika keluar busa jangan panik ya karena ini pertanda banyak bakteri baik di dalam kedelai. 

5. Jika sudah direndam selama 2 hari, ambil busa dan kulit kedelai yang mengapung. Remas - remas dan pastikan tidak ada kulit yang tersisa. 

6. Kemudian cuci kedelai hingga benar-bernar bersih dan tidak berlendir, sebaiknya cuci di air yang mengalir. 

7. Lalu, Rebus kacang kedelai sekitar 20 hingga 25 menit atau hingga kacang kedelai empuk. 

8. Siapkan nampan dan kain bersiht. Taruh kacang kedelai yang sudah direbus dan ditiriskan di atas kain nampannampan. 

9. Ratakan kacang kedelai dan angin-anginkan hinga keringb, isa juga menggunakan kipas angin agar lebih cepat dan lap sisa-sia air dengan kain. 

10. Kemudian, ambil kainya dan ratakan di atas nampan dan beri ragi tempe. Ratakan ragi tempe dengan kedelai. Ratakan dan remas-remas ragi tempe dan kacang kedelai. 

11. Jika sudah rata siapkan plastik klip atau daun pisang. Disini saya memakai plastik klipi, sikan kacang kedelainya. 

12. Lakukan hingga kacang kedelai habis.

13. Tusuk-tusuk menggunakan jarum pentul agar terdapat sirkulasi udara. Diamkan sekitar 2 hari.

14. Hasil setelah 2 hari didiamkan akan muncul lebih banyak jamurnya. 

Resep tempe homemade ini memiliki rasa yang sama persis dengan tempe yang dijual orang-orang. Kamu juga bisa tonton video pembuatan tempe homemade berikut ini ya:


Kamu juga bisa tonton video ini dan juga video lainya di channel Youtube "Resep Nurul Hidayah" ya. Terima kasih semuanya.

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tempe Homemade yang Enak dan Simple"