Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Bikin Tahu Walik Lengkap Dengan Gambar Step by Step yang Kriuk, Renyah, Lezat, Crispy, Enak Dan Dijamin Ketagihan

Nurul Hidayah - Cara Mudah Bikin Tahu Walik Lengkap Dengan Gambar Step by Step yang Kriuk, Renyah, Lezat, Crispy, Enak Dan Dijamin Ketagihan  bisa Anda coba dirumah untuk menu takjil nanti sore guys.

Perlu Anda ketahui bahwa tahu walik ini merupakan salah satu jajanan khas Banyuwangi Jawa Timur. Nah, tahu walik ini mirip banget sama dengan tahu bakso. Namun ada sedikit perbedaanya yaitu tahu walik dengan cara digoreng dan dibalik, sedangkan tahu bakso tidak pakai dibalik.

Selain itu tahu walik juga memiliki tekstur yang lebih kriuk dan crispy. Sebelum diisi dengan adoann campuran isi tahu dan ayam giling, tahu mentah digoreng terlebih dahulu, kemudian dibuang isi tahunya dan dibalik tahunya.


Setelah itu, diisi dengan adonan yang menambah rasa kenikmatan tahu walik itu sendiri. Oleh sebab itu, tahu walik bagian luar memiliki rasa derta tekstur yang sangat renyah , crispy dan enak banget.


Tahu walik bisa menjadi salah satu alternatif menu takjil dibulan puasa nih. Nah , kenapa di Banyuwangi jajanan seperti ini diberi nama tahu walik? Itu karena cara membuatnya dengan cara diwalik atau dibalik tahunya.

Baca Juga:

Dalam bahasa Jawa, ‘walik’ itu ‘balik’. Oleh sebab itu namanya tahu walik atau bisa juga disebut dengan tahu balik. Saat ini, jajanan tahu walik tidak hanya terkenal di daerah Banyuwangi saja loh. Namun sudah popular juga di seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Tahuw alik juga cocok banget untuk ide jualan saat bulan Ramadhan seperti saat ini. Anda bisa menjual dengan harga Rp 5.00,- saja. Dengan harga segitu, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan banyak banget loh.

Hanya bermodalkan tahu yang murah meriah dan beberapa bahan yang mudah didapatkan, Anda bisa menjual tahu walik dengan harga yang murah tapi memiliki cita rasa yang luar biasa.

Nah tahu walik bisa disajikan dengan cabe rawit atau sambal sesuai selera. Bisa saos tomat, saos cabe, sambal matah, sambal kecap dan lain sebagainya sesuai daerah Anda masing-masing. Karena tahu walik cocok disandingkan dengan berbagai jenis sambal yang ada di Negara Indonesia.

Saat ini juga banyak yang menjual jajanan tradisional ini di warung-warung, pinggir jalan dan bahkan restoran. Nah , selain itu Anda juga bisa bikin sendiri loh dirumah karena cara bikinya gampang banget.

Selain cara membuatnya gampang banget, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan di minimarket dan bahkan diwarung-warung terdekat.

Jika Anda menginginkan tekstur tahu walik lebih renyah dan crispy, tipsnya adalah setelah tahu matang, potong tahu menjadi dua secara segitiga kemudian balik tahu dna buang isi tahu. Setelah itu baru diisi dengan isiannya.di jamin nanti hasilnya renyah banget.

Nah berikut resep serta Cara Mudah Bikin Tahu Walik Lengkap Dengan Gambar Step by Step yang Kriuk, Renyah, Lezat, Crispy, Enak Dan Dijamin Ketagihan  yang bisa Anda coba dirumah.

Resep Tahu Walik Krispy

Bahan-bahan:
1. 20 tahu coklat yang sudah matang
2. 200 gr daging ayam fillet, saya memakai daging bagian dada ayam
3. 100 gr tepung tapioka
4. 2 siung bawang putih, haluskan
5. 1 batang daun bawang, iris-iris
6. 1 sendok teh lada bubuk
7. 50 ml air panas
8. Garam secukupnya
9. Gula secukupnya


Nah berikut Cara Mudah Bikin Tahu Walik Lengkap Dengan Gambar Step by Step yang Kriuk, Renyah, Lezat, Crispy, Enak Dan Dijamin Ketagihan  yang bisa Anda praktekkan dirumah:

1. Pertama yang harus dilakukan ialah, potong tahu yang sudah matang menjadi dua bagian dan bentuk segitiga. 


2 Kemudian, buang isian tahu serta balik tahu yang mana bagian dalam tahu menjadi luar begitu pula sebaliknya.

3. Balik dan buang isi tahu hingga semua tahu habis. Sisihkan terlebih dahulu.


4. Selanjutnya, blender ayam fillet hingga daging ayam halus. Nah disini saya menggunakan chopper untuk menghaluskanya.


5. Kemudian campur daging ayam yang sudah halus dengan isian tahu yang disihkan tadi kedalam mangkok.


6. Campur juga dengan semua bahan seperti tepung tapioka, gula, garam, lada bubuk, daun bawang iris, dan bawang putih halus. Campur semua bahan hingga tercampur rata sambil tuangi air panas sedikit demi sedikit.

7. Setelah itu, beri isian tahu yang sudah dibalik tadi dengan adonan kurang lebih 1/2 hingga 1 sendok makan.

8. Isi semua tahu hingga adonan habis.


9. Setelah itu, goreng tahu walik hingga matang kecoklatan.


10. Jika sudah matang, angkat tahu walik dan siap untuk disajikan.


Nah setelah emmbaca resep serta Cara Mudah Bikin Tahu Walik Lengkap Dengan Gambar Step by Step yang Kriuk, Renyah, Lezat, Crispy, Enak Dan Dijamin Ketagihan . Tentunya sangat mudah kan? Anda bisa menyajikan tahu walik dengan cabe atau saos sambal atau bisa juga dengan jenis sambal lainya sesuai selera.

Berikut ini sudah saya bikinkan video tutorial cara membuat tahu walik yang enak dan crispy yang bisa Anda praktekkan di rumah. video tutorialnya ada di Youtube Channel Masakan ''Nurul Hidayah''.



Semoga resep serta video tutorialnya bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba. ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Bikin Tahu Walik Lengkap Dengan Gambar Step by Step yang Kriuk, Renyah, Lezat, Crispy, Enak Dan Dijamin Ketagihan"