Resep Serundeng Kelapa Daging Sapi Enak Dan Sederhana

Nurul Hidayah - Resep Serundeng Kelapa Daging Sapi Enak Dan Sederhana bisa Anda bikin sendiri dirumah bunda. Mumpung ada daging kurban dilemari es, jd hari ini, saya mau bikin serundeng untuk teman makan malam dan buat simpanan bekal besok pagi yang disandingkan dengan nasi hangat. Hehehehehe

Seperti yang kita ketahui bahwa serundeng merupakan salah satu makanan tradisional dari Indonesia yang memakai bahan dasar kelapa parut yang disangrai diatas wajan hingga matang sempurna. Cita rasanya yang khas, membuat banyak orang yang menyukai serundeng, termasuk saya pribadi.

Nah, Anda membuat serundeng yang tipe kering tentunya akan lebih awet untuk disimpan. Begitu pula sebaliknya, jika serundengnya masih basah, akan mudah basi dan tidak bisa disimpan lama-lama. Namun kedua serundeng tersebut, memiliki rasa yang sama-sama enak dan lezat.



Kali ini, saya bikin serundeng yang tipe kering agar bisa disimpan lebih lama. Cocok juga dibawa untuk bekal anak dan suami. Jadi Gak tergesa-gesa memasak untuk bekal di pagi hari dengan kerempongan sebagai ibu. hihihihihi

Selain itu, di desa saya, serundeng biasanya disajikan dengan nasi sebagai pelengkap lauk, bisa nasi putih ataupun nasi kuning. Serundeng sendiri memiliki rasa yang gurih dan nikmat bangeet loh.

Baca Juga: Cara Membuat Es Sop Buah Segar Cara Membuat Brownies Panggang Lembut Dan Enak Cara Membuat Royal Icing Untuk Topping Kue Kekinian Yang Cantik

Serundeng Makanan Khas indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali aneka ragam budaya, adat dan bahkan makanan daerah masing-masing. Salah satunya yaitu serundeng. Di Tanah Air, serundeng menjadi salah satu lauk pelengkap dengan nasi. Rasanya yang menggugah selera, membuat banyak orang menyukai serundeng.

Nah, serundeng ini menggunakan bahan dasar kelapa parut yang disangrai dan dicampur dengan beberapa bumbu rempah lainya yang mampu membuat rasa serundeng itu sendiri menjadi istimewa.

Kali ini saya bikin serundeng dengan campuran irisan daging kecil-kecil. Mumpung ada sisa daging kurban dikulkas nih. Hehehehehehehehehehehehe..

Tambahan daging sapi, tentunya bisa membuat rasa serundeng lebih enak dan nikmat ketika disantap. Selain itu, serundeng cocok banget loh untuk digunakan lauk pelengkap dan dimakan dengan nasi panas.

Jaman seperti saat ini, hampir jarang ada yang menjual serundeng. Oleh sebab itu, Kali ini saya akan share resep serundeng enak, sederhana dan nikmat dengan mudah.

Cara membuatnya sangatlah mudah, Tinggal menghaluskan bumbu dan dicampur dengan kelapa parut lalu disangrai hingga kering. Jika tidak ada daging sapi, Anda juga bisa menggunakan daging ayam . Kalo tidak ada keduanya, gak pakai campuran daging  juga gak papa kok, masih tetap enak rasanya.

Serundeng disajikan sebagai lauk pelengkap dengan nasi. Sebenarnya tekstur serundeng ada dua yaitu serundeng basah dan serundeng kering.

Nah kebetulan, didesa saya, serundeng biasanya disajikan saat pada acara-acara tertentu seperti di hajatan, selametan, tasyakuran, nikahan dan sunatan. Serundeng kering maupun basah sama-sama cocok disandingkan dengan nasi hangat, nasi kuning ataupun nasi uduk.

Namun kali ini, saya bikin serundeng kering. Perlu Anda ketahui bahwa serundeng kering ini lebih tahan lama, renyah dan bisa untuk stok besok. Seperti saya, serundeng kering, saya simpan di dalam wadah kedap udara dan bisa digunakan untuk temanmakan besok.

Serundeng ekring bisa bertahan hingga 2 minggu. Perlu diketahui bahwa jika Anda membuat serundeng kering, kelapa parut harus benar-benar disangrai hingga benar-benar kering. Jadi gunakanlah api kecil ketika mengaduk serundengnya agar bisa matang sempurna dan tidak gosong.

Jika menggunakan api besar, biasanya warna serundeng lebih coklat dan cepat gosong. Begitu pula sebaliknya, jika serundeng disangrai hingga kering dan menggunakan api kecil, warna serundeng menjadi warna kuning keemasan dan tentunya rasanya tidak pahit.

Proses bikin serundeng kering ini harus sabar dan harus diaduk-aduk terus agar tidak gosong dan bisa matang sempurna. Butuh waktu kurang lebih 2 jam lebih untuk ukuran 1 butir kelapa. Biar tidak penasaran lagi, nah berikut Resep Serundeng Kelapa Daging Sapi Enak Dan Sederhana yang bisa Anda praktekkan dirumah.

Bahan-bahan:
1. 600gram daging sapi
2. 1 butir kelapa, kupas hingga bersih kemudian parut memanjang. seperti yang ada digambar berikut ini:

3. Kemudian, siapkan dua ruas lengkuas yang sudah dikupas dan geprek, delapan lembar daun jeruk dan satu batang sereh, geprek.

Bumbu yang dihaluskan:
1. 12 butir bawang merah
2.  6 siung bawang putih
3. 9 buah cabe merah
4. 10 buah cabe rawit atau sesuai selera
5. 1 sendok teh ketumbar

6. Garam secukupnya
7. Gula secukupnya
8. Penyedap rasa secukupnya, jika tidak suka bisa diskip kok.

Cara Membuat Serundeng Kelapa Daging Sapi Enak Dan Sederhana:
1. Pertama, rebus daging sapi hingga empuk


2. Setelah itu, iris-iris kecil daging sapi yang sudah direbus seperti ini.
3. Lalu, buang semua biji cabe merah besar
4. Langkah selanjutnya, haluskan semua bumbu dengan blender hingga benar-benar lembut.
5. Lalu, tuang bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wajan.
6. Kemudian, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan tambahkan batang sereh, lengkuas dan daun jeruk. Tumis dan aduk-aduk hingga mengeluarkan aroma yang sedap.
7. Setelah harus, tambahkan kelapa parut dan juga irisan daging yang sudah direbus.
8. Aduk-aduk hingga semua bumbu tercampur rata dan hingga kelapa menjadi kering. Mengaduk serundeng ini butuh waktu kurang lebih 2 jaman.
9. Setelah 2 jam dan serundeng sudah kering. Serundeng siap dihidangkan dengan nasi hangat.

Membuat serundeng kering memang memerlukan kesabaran khusus untuk mengaduk kelapa hingga benar-benar kering. Hal tersebut dilakukan agar kelapa yang dibuat menjadi serundeng kering bisa matang dengan sempurna.

Selain itu, serundeng kering juga bisa disimpan dan tahan lebih lama. Saya pribadi, serundeng akan saya simpan untuk stok buat besok bekal ayah bekerja dan sang buah hati tercinta untuk bekal di sekolah.

Rasanya yang enak dan nikmat ini membuat suami serta anak saya menyukainya. Oleh sebab itu, saya bnikin serundeng kering dua rasa yaitu serundeng kering pedas dan serundeng kering yang tidak pedas.

Jadi untuk bekal ayah, serundengnya saya kasih cabe rawit dan cabe merah besar dibumbunya. Sedangkan serundeng untuk bekal anak saya sekolah, bumbunya tidak memakai cabe rawit dan hanya memakai cabe merah besar saja dan semua biji cabe merah, saya buang agar tidak ada rasa pedasnya.

Jadi serundeng bukan hanya cocok disajikan untuk orang dewasa, serundeng juga cocok banget untuk dikonsumsi anak-anak dan untuk bekal anak sekolah. ^_^

Nah, cukup mudah bukan cara membuat serundengnya setelah melihat dan membaca Resep serundeng Kelapa Daging Sapi Enak Dan Sederhana yang sudah saya jelaskan di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Resep Serundeng Kelapa Daging Sapi Enak Dan Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel