Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Bika Ambon Mini

Nurul Hidayah - Resep Bika Ambon Mini sudah saya praktekkan sendiri di rumah. Rasanya yang enak dan nikmat serta berhasil nyerat ketika dipotong membuat saya puas dengan hasil karya saya. ^_^

Meskipun memang baru pertama kali mencoba resep bika Ambon, alhamdulillah ya langsung berhasil loh. Menurut saya resepnya tidak begitu sulit dan ribet, apalagi saya hanya menggunakan cetakan apem lama yang terus nangkring di dalam lemari tanpa oven.


Namun sebenarnya Anda bisa menggunakan cetakan khusus untuk bika Ambon yang di taruh di dalam oven. Semua itu terserah pada Anda yang mencoba resepnya karena bisa memakai cetakan bika Ambon, cetakan apem, dan juga cetakan kue lumpur.

Saya mencoba membuat bika Ambon karena mengikuti uji resep bersama Le Bonita Surabaya bersama teman-teman. Apa salahnya mencoba, kalau gak pernah mencoba tentunya gak bisa-bisa ya. ^_^

Berikut Resep Bika Ambon Mini yang telah saya coba di rumah. Anda juga bisa mempraktekkan juga di rumah ya bu ibu.

Resep Bika Ambon Mini by Nurul Hidayah
Source : Emmarumawas

Bahan-bahan:
1. Tepung terigu 100 gram
2. Gula pasir 200 gram, saya hanya pakai 150 gram
3. Margarin 75 gram, cairkan. Saya taruh di dalam magic com sebentar
4. Santan 250 ml
5. Telur 3 butir, saya memakai ukuran sedang
6. Tepung maizena 25 gram, saya ganti 50 gram tepung tapioka/tepung kanji agar teksturnya lebih kenyal
7. Ragi instant 1/2 sachset, bisa pakai fermipan atau mauripan
8. Susu kental manis 1 sachset
9. Daun jeruk 10 lembar, saya hanya 7 lembar
10. Daun pandan 2 lembar, ikat simpul
11. 1 batang sereh, memarkan
12. Sejumput garam

Cara membuat:
1. Pertama siapkan panci , kemudian masukkan santan, garam, sereh, daun pandan, dan daun jeruk. Masak hingga mendidih sambil di aduk-aduk agar santanya tidak pecah. Sisihkan terlebih dahulu, tunggu hingga hangat.

2. Di wadah lain, campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, tepung tapioka, ragi instant, aduk hingga rata. Lalu tuang santan yang sudah hangat tadi ke dalam wadah sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga merata. Diamkan kurang leih 20 - 30 menit atau sampai berbuih.

3. Setelah itu masukkan gula pasir, susu kental manis dan gula pasir. Aduk hingga rata.

4. Terakhir, masukkan margarin cair, aduk-aduk lagi sampai rata. Diamkan lagi kurang lebih 1 jam.

5. Setelah didiamkan 1 jam, panaskan cetakan, saya menggunakan cetakan apem lawas.

6. Olesi cetakan dengan margarin tips-tipis.

7. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga hampir penuh. Tunggu hingga berbuih banyak, baru tutup cetakanya.

8. Panggang sampai matang.

9. Bika Ambon mini siap dihidangkan.

Baca juga: Tips dan Trik Membuat Bika Ambon

Kunci sukses bikin bika Ambon mini adalah jika berhasil keluar serat cantiknya dan tidak bantat. Nah kunci utamanya adalah ada diproses pemangganganya. Ketika memanggang jangan terburu-buru ditutup sebelum adonanya berbuih banyak ya.

Resep Bika Ambon Mini yang pernah saya coba ternyata berhasil meskipun baru pertama kali mencobanya. Bagaimana, tertarik untuk mencoba resep di atas? Selamat mencoba & happy cooking !



Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Bika Ambon Mini"