Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Ikan Tongkol Segar

Nurul Hidayah - Cara Membersihkan Ikan Tongkol Segar perlu diketahui sebelum memasak agar daging ikan tongkol akan terasa lebih bersih serta enak. Memasak ikan memang gampang-gampang susah, jika tidak diperhatikan cara membersihkanya, bisa saja ikan yang akan diolah akan terasa amis atau tidak enak.

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan tongkol segar masih memiliki beberapa kotoran yang ada di perut, oleh sebab itu isi kotoran yang ada di perut perlu dibuang dan dibersihkan.


Ikan tongkol hanya memiliki sedikit sisik, oleh karena itu cara membuang sisiknya sangatlah muda. Setelah membuang isi perut dan sisik yang menempel, buang juga ekor serta insang ikan tersebut.

Berikut beberapa Cara Membersihkan Ikan Tongkol Segar yang perlu Anda ketahui agar kualitas ikan masih tetap bagus sebelum diolah ataupun dimasak.
1. Cara yang pertama sebaiknya gunakanlah talenan kayu ketika membersihkan ikan tersebut. Fungsi dari talenan kayu adalah untuk menahan ikan supaya tidak mudah berubah posisi pada saat dibersihkan.

2. Cara yang kedua yaitu sebaiknya gunakanlah pisau yang tajam dan memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran ikan. Jangan gunakan pisau dengan ukuran yang kecil karena nanti akan susah untuk membuang sisik-sisik ikan.
Sebaiknya gunakanlah pisau yang berukuran besar ataupun sedang sesuai dengan ukuran ikan atau seperti yang tertera pada gambar di atas. Hal tersebut akan mempermudah Anda untuk membersihkanya.

Adapun Cara Membersihkan Ikan Tongkol Segar adalah dengan cara memegang pisau dengan tangan kanan dan posisi ikan ada di tangan kiri dengan memegang bagian perut ikan. Setelah itu bersihkan sedikit sisik dan buang kotoran dibagian perut dan buang insang. Lalu potong-potong sesuai selera.

3. Cara yang ketiga yaitu kucuri ikan yang sudah dipotong dengan menggunakan perasan air jeruk nipis agar bau amis hilang. Lalu rendam kurang lebih 5 hingga 10 menit.

Nah seteah melakukan beberapa tahap Cara Membersihkan Ikan Tongkol Segar seperti di atas. Kini saatnya mengolah ikan menjadi sajian istimewa sesuai selera masing-masing. Semoga bermanfaat!
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Ikan Tongkol Segar"