Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dan Trik Membuat Bika Ambon

Nurul Hidayah - Tips Dan Trik Membuat Bika Ambon tentunya perlu Anda ketahui agar bika Ambon yang Anda buat tidak bantat dan bisa bersarang sempurna. Oleh sebab itu, simak terus ya pembahasan dalam artikel yang akan saya tulis.

Sebenarnya dari rasa penasaran salah satu makanan tradisional yang terkenal dari Medan ini membuat saya ingin terus mencoba beberapa resep bika Ambon. Untuk resep bika Ambon sudah pernah saya praktekkan dan saya tulis ada di artikel sebelumnya.


                  Resep Bika Ambon Mini

Membuat bika Ambon bisa menggunakan cetakan dan dipanggang di dalam oven. Jika tidak punya, jangan khawatir karena Anda juga bisa menggunakan cetakan kue apem, kue lumpur atau bahkan kue martabak mini.

Nah, sebelum membuat bika Ambon sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini agar hasil bika Ambon yang Anda buat bersarang dan berhasil dengan maksimal.

Tips Dan Trik Membuat Bika Ambon

1. Menggunakan oven


Jika Anda membuat bika Ambon menggunakan cetakan khusus bika Ambon yang di panggang di dalam oven, sebaiknya olesi dulu cetakan yang akan dibuat dengan sedikit minyak.

Selain itu, sebelum menggunakan oven sebaiknya panasi terlebih dahulu oven yang akan digunakan untuk memanggang bika Ambon. Setelah panas, baru masukkan cetakan atau loyang yang sudah diisi adonan ke dalam oven.

Gunakan api bawah saja agar bagian atas bika Ambon bisa berlubang serta berhasil dan jangan lupa untuk membuka sedikit pintu oven ketika memanggang bika Ambon.

2. Menggunakan cetakan kue apem/kue lumpur/kue martabak mini


Jika Anda membuat bika Ambon menggunakan cetakan kue apem, kue lumpur atau kue martabak mini, sebaiknya jangan terburu-buru untuk menutup cetakan sebelum timbul lubang-lubang kecil di bagian atas adonan. Foto saya di atas, saya menggunakan cetakan kue apem yang jadul.

3. Penggunaan ragi instant
Sebenarnya memakai ragi instant dengan merk apapun bisa kok, asalkan ragi instant yang Anda gunakan masih aktif ya. Nah cara mengetahui ragi instant yang digunakan aktif atau tidaknya sebaiknya check terlebih dahulu.

Cara mengechecknya dengan cara rendam ragi instant dengan sedikit air hangat-hangat kuku, diamkan selama 5 menit. Nah jika timbul busa maka ragi instant masih aktif , ssbegitu sebaliknya.

Itulah tadi Tips Dan Trik Membuat Bika Ambon yang perlu diketahui sebelum membuatnya. Semoga berhasil! ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Membuat Bika Ambon"