Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESEP BUMBU DASAR KUNING untuk Masak Apa Aja?

 Nurul Hidayah - Resep bumbu dasar kuning untuk masakan apa aja sih? Bumbu dasar kuning bisa digunakan untuk memasak aneka masakan yang berwarna kuning. 

Lalu masakan seperti apa sih yang bisa menggunakan bumbu dasar kuning ini? Resep 
bumbu kuning ini bisa digunakan untuk memasak pesmol, kari ayam, ayam goreng ungkep, soto lamongan, ayam bakar, acar, kare, aneka pepes dan lain-lain. 

Namun perlu diingat bahwa nanti ketika memasak tinggal menambahi beberapa bumbu tambahan yaitu seperti daun jeruk, sereh, daun salam ataupun santan. Tergantung mau masak apa dulu. 


Dengan memakai bumbu dasar kuning ini bisa menghemat waktu untuk memasak karena memang bumbu dasar ini bisa digunakan untuk memasak aneka jenis masakan yang berwarna kuning. 

Oleh sebab itu, bumbu dasar kuning ini cocok banget kamu simpan untuk stok di saat bulan puasa. 

Resep Bumbu Dasar Kuning:

- 10 butir bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 7 kemiri
- 1 sdt merica bubuk
- 1 sdt garam
- 2 cm kunyit

Cara Membuat Bumbu Dasar Kuning:

1. Pertama siapkan semua bahan-bahan yang sudah saya sebutkan di atas. Kemudian haluskan semua  bahan bumbu kuning dan tambahkan sedikit air, blender hingga lembut. Boleh juga pakai ulekan. 


2. Selanjutnya, tuang  minyak goreng ,lalu tumis hingga harum. 


3. Jika sudah harum, dinginkan dulu. 


4. Nah jika sudah dingin, masukkan ke dalam wadah kedap udara. 


5. Jangan lupa tutup rapat ya. 


Bumbu dasar kuning ini bisa juga di taruh di dalam lemari es dan enaknya lagi bisa tahan hingga 1 bulan loh. Jadi gak perlu ribet bikin bumbu setiap hari saat bulan puasa. 

Saya juga sudah buatkan video tutorialnya di channel youtube ▶️ "Resep Nurul Hidayah" yang bisa kamu tonton:


Terima kasih semuanya sudah mampir untuk membaca artikel ini. ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "RESEP BUMBU DASAR KUNING untuk Masak Apa Aja? "