Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Tradisional Kue Lupis Ketan Putih yang Enak, Kenyal dan Nikmat Lengkap dengan Foto Langkah Pembuatan

 Nurul Hidayah - Resep kue lupis pandan ketan putih yang enak, kenyal dan nikmat akan kami bagikan lengkap dengan foto langkah pembuatanya. Kue lupis merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa yang enak. Kue lupis ini memakai bahan dasar beras ketan putih yang dipadukan dengan pandan yang membuat aroma kue lupis ini menjadi lebih istimewa. 

Cara membuat kue lupis tidaklah sulit. Kali ini akan kami bagikan step by step pembuatan kue lupis secara detail beserta gambar dengan lengkap. Jadi kamu akan lebih mudah untuk mempraktekkan sendiri dirumah. 


Kue Lupis adalah kue yang memakai bahan dasar beras ketan putih. Kue lupis merupakan kue tradisional dari Negara Indonesia. Banyak penjual yang menjual kue tradisional di pasar tradisional, salah satunya ialah kue lupis ini. 

Nah resep kali ini yang kami bagikan ialah resep kue lupis pandan yang mana kue lupis tersebut nantinya akan bewarna hijau alami. Aroma daun pandan indah itu yang membuat rasa dan aroma kue lupis menjadi lebih istimewa. 

Nah berikut ini ialah resep serta cara membuat beserta foto step by step proses pembuatan kue lupis pandan yang enak, kenyal dan nikmat:

Bahan - bahan Kue Lupis:

1. 350 beras ketan putih

2. 1/2 sdt garam

3. Air untuk merebus secukupnya

4. Daun pisang untuk membungkus secukupnya


Bahan Saus Gula Aren / Gula Merah:

1. 200 gr gula aren

2. 1 sdm gula pasir

3. 150 ml air

4. 1 lembar daun pandan

5. 1 sdm tepung tapioka / tepung maizena dengan 5 sdm air. 


Bahan untuk Baluran:

1. 1/2 butir kelapa parut muda &  1/4 sdt garam, kukus sebentar. 


Cara membuat Kue Lupis Pandan lengkap dengan fotonya:

1. Pertama, cuci bersih beras ketan. Kemudian rendam beras ketan selama 2 jam atau bisa juga semalaman. 


2. Jika sudah direndam, cuci kembali beras ketan hingga bersih. Lalu masukan beras ketan kedalam daun pisang seperti yang ada difoto. Masukan sekitar 1 sdm beras ketan. 


2. Selanjutnya, lipat daun pisang bentuk segitiga seperti ini. 


3. Lipat daun pisang hingga tidak ada yang tersisa. 


4. Lalu, sematkan dan tusuk dengan tusuk gigi atau tusuk sate. 

5. Kemudian, rebus air, daun pandan, garam dan pasta pandan hingga mendidih. Lalu masukan kue lupis ke dalam panci. Rebus hingga matang sekitar 90 menit. 


6. Jika sudah matang, buang air dan tiriskan seperti ini. 

7. Selanjutnya, rebus gula merah atau gula aren dengan daun pandan dan air. Rebus hingga mendidih. 

8. Jika sudah mendidih, saring lalu rebus kembali dan tambahkan campuran tepung tapioka dan air. 

9 Aduk rata hingga mengental. Jika sudah mengental, berarti sudah siap untuk digunakan. 


10. Terakhir, ambil kue lupis yang sudah matang lalu buang daun pisangnya. Tata di atas piring dan taburi dengan kelapa parut dan siram dengan gula aren yang sudah dimasak tadi. Kue lupis pandan ketan putih siap untuk disajikan. 


Resep Kue Tradisional Kue Lupis Ketan Putih yang Enak, Kenyal dan Nikmat Lengkap dengan Foto Langkah Pembuatanya. i Kamu juga bisa tonton video lainya di channel youtube "Resep Nurul Hidayah".



Kue tradisional Indonesia yang melegenda dan memiliki cita rasa yang istimewa. Semoga bermanfaat. 


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Kue Tradisional Kue Lupis Ketan Putih yang Enak, Kenyal dan Nikmat Lengkap dengan Foto Langkah Pembuatan"