Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kue Tradisional Ongol-ongol Hunkwe yang Enak dan Lembut Banget

Nurul Hidayah – Kue Tradisional Ongol-ongol hunkwe yang Enak dan Lembut Banget ini ternyata tidaklah sulit. Ongol-ongol adalah salah satu kue tradiisonal yang ada di Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Kue tradisional yang memiliki cita rasa manis, gurih, enak dan lembut banget loh. Kali ini kue ongol-ongolnya terbuat dari bahan dasar tepung hunkwe. Tepung hunkwe sendiri mudah didapatkan di skeitar kita.


Kue ongol-ongol ini bisa kamu temui di pasar tradidional dan bahkan kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan sangat mudah karena cara bikinya tidaklah sulit. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan.

Baca Juga: Resep Kue Manan Sahmin, Kue Tradisional Khas Palembang

Nah berikut ini ialah resep dan cara membuat kue tradisional ongol-ongol hunkwe yang enak dan lembut banget:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1.      1 bungkus tepung hunkwe

2.      3.      60 gr Gula pasir

3.      500 ml air

4.      5.      ¼ butir kelapa parut yang sudah dikukus terlebih dahulu dan dikasih sedikit garam 

5.      1 lembar daun pandan

      Cara Membuat ongol-ongol Hunkwe:

1.      Pertama yang harus kamu lakukan ialah rebus air, gula pasir dan juga daun pandan. Jangan lupa untuk mengikat daun pandan terlebih dahulu. Aduk-aduk semua bahan hingga gula pasirnya larut.

2.      Kemudian, tambahkan tepung hunkwe dan aduk hingga merata. Aduk-aduk sampai berubah warna dan mengental.

3.      Nah jika sudah mengental, tuang ke dalam kotak atau wadah yang sudah diberi sedikit minyak goreng. Tunggu hingga mengeras.

4.      Lalu, potong-potong sesuai selera masing-masing. Kalau saya, saya potong kotak-kotak seperti yang ada di video tutorial.

5.      Jika sudah dipotong kotak-kotak, beri taburan kelapa yang sudah diparut.

Resep dan cara membuat kue tradisional ongol-ongol hunkwe yang enak dan lembut banget sangatlah mudah. Apalagi kamu juga bisa menonton video tutorial berikut ini:

Kamu juga bisa menonton video lainya di dalam website ini atau bisa juga di channel youtube "Resep Nurul Hidayah" yang menyajikan banyak kue dan makanan tradisional dari Indonesia secara lengkap. 

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk " Kue Tradisional Ongol-ongol Hunkwe yang Enak dan Lembut Banget"