Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep dan Cara Membuat Ongol-Ongol yang Lembut, Kenyal, Enak Lengkap dengan Foto Langkah Pembuatanya

Nurul Hidayah - Resep dan Cara Membuat Ongol-Ongol yang Lembut, Kenyal, Enak Lengkap dengan Foto Langkah Pembuatanya akan kami bahas didalam artikel ini. Seperti yang kita tahu bahwa ongol-ongol merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat.

Kue tradisional ini sering dikenal dengan sebutan jajanan pasar. Jajanan pasar ini snagat coock dihidangkan dengan teh hangat atau kopi. Kue ongol-ongol biasanya memakai bahan dasar tepung sagu. Nah kali ini saya akan mencoba membuat ongol-ongol dari tepung hunkwe yang tak mengurangi rasa enaknya sedikitpun.

Nah berikut ini ialah resep dan juga cara membuat kue tradisional Indonesia yaitu kue ongol-ongol yang menggunakan tepung hunkwe yang enak banget. Kami juga menyetarkan foto Langkah pembuatanya secara lengkap:

Bahan ongol-ongol Hunkwe:

1.      1 bungkus tepung hunkwe

2.      500 ml air

3.      60 gr Gula pasir

4.      1 lembar daun pandan

5.      ¼ butir kelapa parut yang sudah dikukus terlebih dahulu dan dikasih sedikit garam  

      Cara Membuat ongol-ongol Hunkwe:

      1. Rebus beberapa bahans eperti air, gula pasir dan juga daun pandan. Ikat daun pandan terlebih dahulu seperti yang ada di foto berikut. Aduk hingga rata dan hingga gulanya larut.


2. Jika gulanya sudah larut, selanjutnya tambahkan tepung hunkwe ke dalam air gula.

3. Aduk-aduk hingga rata dengan api kecil saja.


4. Aduk-aduk terus hingga berubah warna seperti ini. Ini saya memakai tepung hunkwe yang bewarna merah.

5. Jika sudah rata dan berubah warna, aduk-aduk lagi hingga mengental seperti yang ada di foto dibawah ini:


6. Jika sudha mengental, tuang kedalam wadah yang sudah diolesi dengan sedikit minyak goreng agar tidak lengket. Kemudian, diamkan hingga adonan mengeras.


7. Jika adonan sudah mengeras, potong-potong sesuai selera.


8. Setelah dipotong-potong, taburi dengan parutan kelapa. Rasanya akan lebih enak jika dihidangkan dengan parutan kelapa.

Kue ongol-ongol ini sudah melegenda. Meskipun termasuk kue jadul, namun rasanya tetap di hati karena memang enak, manis dan kenyalnya juga pas banget loh. Selain ada foto langkah pembuatan kue ongol-ongol secara lengkap. Kami juga membuatkan video tutorial yang ada di bawah ini:


Kamu juga bisa mampir di channel youtube "Resep Nurul Hidayah" ya. Terima kasih semuanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep dan Cara Membuat Ongol-Ongol yang Lembut, Kenyal, Enak Lengkap dengan Foto Langkah Pembuatanya"