Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Klepon Labu Kuning Empuk, Lembut dan Lebih Nikmat Serta Gambar Step by Step

Nurul Hidayah Resep Klepon Labu Kuning Empuk, Lembut dan Lebih Nikmat Serta Gambar Step by Step akan saya bahas dalam artikel ini. Perlu diketahui bahwa klepon merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur.

Klepon biasanya terbuat dari tepung ketan dan berisi gula merah cair. Nah kali ini saya mencoba membuat klepon dengan labu kuning. Labu kuning itu sendiri memiliki warna kuning, jadi nanti kleponya tidak usah pewarna lagi.


Labu kuning memiliki tekstur keras jika belum diolah, namun jika sudah diolah atau dikukus terlebih dahulu , labu kuning memiliki tekstur yang empuk dan bisa banget dikombinasikan menjadi bahan campuran klepon.

Nah, kebetulan banget nih ada labu kuning dirumah pas lagi musimnya juga. Untuk rasa klepon labu kuning ini gak kalah enaknya loh dnegan klepon tepung ketan yang original.

Klepon labu kuning ini memiliki tekstur yang empuk, kenyal dan enak. Pada bagian tengahnya terdapat gula merah cair yang membuat satu gigitan aja dijamin kurang.

Baca Juga:

Seperti yang kita tahu bahwa labu kuning bisa diolah menjadi beraneka ragam jajanan tradisional Indonesia. Salah satunya yakni klepon labu kuning. Cocok banget nih untuk cemilan dirumah.

Nah berikut Resep Klepon Labu Kuning Empuk, Lembut dan Lebih Nikmat Serta Gambar Step by Step secara lengkap dan detail yang bisa Anda coba dirumah bersama keluarga ataupun teman.

Bahan Klepon Labu Kuning:
1. 200 gram labu kuning
2. 200 gr tepung ketan
3. ½ sendok teh garam
4. Air secukupnya

Bahan Taburan Klepon Labu Kuning:
1. ½ butir kelapa parut
2.  Garam secukupnya

Bahan isian Klepon Labu Kuning:
130 gram gula merah sisir


Cara Membuat Klepon Labu Kuning:

1. Pertama siapkan semua bahannya terlebih dahulu agar tidak ada bahan yang tertinggal.


2. Kedua, kukus labu kuning hingga empuk, kemudian haluskan hingga helustidak ada yang menggerindil.



3. Ketiga, campur beberapa bahan seperti labu kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan,  tepung ketan , garam dan air secukupnya. Uleni hingga adonan bisa dibentuk. Nah untuk, cara ini, ketika mencampur airnya sebaiknya sedikit demi sedikit agar adonan tidak terlalu lembek atau terlalu encer. Kemudian ambil sedikit adonan dan bentuk bulat dan lubangi bagian tengahnya.


4. Keempat, Setelah adonan dilubangi, isi dengan gula merah seperti yang ada di foto bawah ini:


5. Kelima, bentuk adonan menjadi bulat lagi hingga isianya tidak terlihat.


6. Keenam, Lakukan hingga semua adonan berbentuk bulat.


7. Ketujuh, rebus air hingga mendidih. Jika sudah mendidih masukkan adonan klepon yang sudah dibentuk bulat tadi ke dalam air mendidih.


8. Masukkan semua klepon hingga mengapung atau matang.


9. Jika klepon sudah mengapung diatas permukaan air, itu tandanya klepon labu kuningnya sudah matang. Segera angkat dan gulingkan diatas kelapa parut. Klepon labu kuning siap untuk dihidangkan.

Itulah tadi Resep Klepon Labu Kuning Empuk, Lembut dan Lebih Nikmat Serta Gambar Step by Step secara lengkap. Jika ada pertanyaan seputar masak memasak, Anda bisa komen di bawah artikel ini ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Klepon Labu Kuning Empuk, Lembut dan Lebih Nikmat Serta Gambar Step by Step"