Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Manisan Kedondong Segar Dan Nikmat

Nurul Hidayah - Resep Cara Membuat Manisan Kedondong Segar Dan Nikmat bisa Anda coba di rumah untuk sajian kelarga yang menggugah selera. Tentunya rasanya yang segar dan nikmat ini, banyak yang menyukainya.

Manisan kedondong memiliki rasa yang khas yang segar, apalagi jika ditambah cocolan cabe dan garam. Bagi pecinta makanan pedas, wajib mencoba manisan ini dengan cocolan cabe dan garam. ^_^


Buah yang memiliki rasa asam, identik dengan ibu hamil yang lagi ngidam. Seperti yang kita ketahui bahwa buah yang memiliki rasa asam mampu mentralisir rasa mual pada seseorang terutama pada wanita hamil.

Buah yang memiliki rasa asam yaitu seperti, buah mangga, kedondong, jeruk muda, markisa, apel malang, asam, leci, strawberi, dan lain sebagainya. Namun tidak semua buah yang memiliki rasa asam bisa enak dibikin manisan.

Buah kecut yang cocok dibikin manisan yaitu seperti buah kedondong, buah apel dan buah mangga. Untuk teksturnya bisa dibikin kriuk-kriuk nikmat gitu. Cocok sekali dimakan saat hamil ataupun saat cuaca lagi terik.

Disandingkan dengan es teh atau es degan yang segar, menambah kenikmatan tersendiri bagi pecinta kuliner yang satu ini.

Saat ini sudah banyak penjual kaki lima yang menjajakan manisan kedondong. Namun lebih sehat jika Anda bisa bikin sendiri di rumah sebagai sajian keluarga.

Dengan bahan yang simple dan sederhana, Anda bisa menjadikan buah kedondong menjadi cemilan nikmat yang menggugah selera. Cara membuatnya pun sangatlah mudah.



Berikut Resep Cara Membuat Manisan Kedondong Segar Dan Nikmat yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah, jika masih bingung emmbuatnya, Anda juga bisa menonton video tutorial cara membuatnya bunda. ^_^

Bahan – Bahan Manisan Kedondong Segar Dan Nikmat:
1. 7 Buah kedondong  yang masih mentah
2. Garam sebanyak ½  sendok teh
3. Kapur sirih sebanyak ½  sendok teh
4.  Pewarna makanan kuning sebanyak 2 tetes
5. Gula pasir sebanyak 5 sendok makan
6. 1 liter air
7. Pisau tajam untuk mengupas buah kedondong

Bahan Cocolan Untuk Manisan Kedondong Segar Dan Nikmat:
1. 2 sendok makan garam
2. 2 genggam cabe rawit

Cara Membuat Cocolan Manisan Kedondong Segar Dan Nikmat:
1. Ambil cobek dan uleg kemudian uleg kasar garam dan cabe rawitnya. Siap untuk cocolan manisan kedondong. Sisihkan terlebih dahulu.

Kini saatnya bikin manisan kedondongnya ya guys: ^_^

Cara Membuat Manisan Kedondong Segar Dan Nikmat:
1.Untuk langkah pertama yaitu kupas semua buah kedondong, lalu cuci buah kedondong hingga bersih. Kemudian belah buah kedondong, Lalu cuci lagi hingga benar-benar bersih.

2. Lalu siapkan mangkok lagi, campurkan kapur sirih dan air. Aduk rata dan setelah rata, masukkan buah kedondong yang sudah dicuci , lalu diamkan selama 5 jam. Setelah 5 jam, cuci buah kedondong lagi hingga benar-benar bersih.

3.  Ambil panci dan masukkan air, garam, gula dan pewarna kuning. Masak di atas kompor sampai mendidih. Setelah mendidih, tuang kedalam buah keodndong yang sudah direndam dan dicuci tadi.

4. Diamkan lagi semalaman atau selama 9 hingga 10 jam. Setelah 10 jam, manisan buah kedondong siap dinikmati dengan cocolan cabe dan garam yang dibuat tadi.

Resep Cara Membuat Manisan Kedondong Segar Dan Nikmat bisa Anda praktekkan di rumah sebagai sajian istimewa di rumah untuk keluarga. Anda juga bisa nonton video tutorialnya dibawah ini ya:

Atau Anda  juga bisa nonton video tutorialnya di Channel Yotube Aku, Masakan “Nurul Hidayah”:. Di channel youtube saya, banyak video tutorial yang bisa Anda coba di rumah. Video tutorial aneka resep masakan yang mempermudah Anda untuk memasak.

Terima kasih untuk semuanya, untuk yang sudah membaca artikel ini dan juga untuk yang sudah menonton video tutorialnya disini ataupun di channel Youtube aku. Semoga semua tulisan diblog & video aku bermanfaat bagi Anda semua.

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Manisan Kedondong Segar Dan Nikmat"