Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Membuat Kue Sengkulun Ketan Sederhana, Enak dan Nikmat


Nurul Hidayah - Resep Membuat Kue Sengkulun Ketan Sederhana, Enak dan Nikmat akan saya kupas tuntas dalam artikel ini. Nah kali ini saya ingin membuat salah satu kue tradisional yang memakai bahan dasar tepung ketan putih.

Seperti yang kita ketahui bahwa kue sengkulun yaitu salah satu kue tradisional dari Jawa Tengah yang memiliki rasa khas dan enak. Meskipun dari bahan-bahan yang  simple serta cara membuatnya sangat sederhana dan mudah, ternyata kue sengkulun ini memiliki cita rasa yang luar biasa.

Kue sengkulun ini memiliki tekstur yang empuk dan kenyal seperti halnya wingko, namun perbedaanya adalah jika wingko dicetak dengan cetakan atau bisa juga di oven, namun kue sengkulun dikukus menggunakan panci atau dandang.


Selain itu juga rasa dan teksturnya juga hampir sama seperti awug awug, namun memiliki perbedaan dari bahan dasar yang mana awug awug dari tepung beras, sedangkan sengkulun terbuat dari tepung ketan.

Kue sengkulun ini juga memiliki nama yang berbeda di setiap daerah seperti di daerah Jepara menyebutnya dengan Sengkolon, daerah Palembang menyebutnya dengan Kue Jando Berias, daerah Bangka menyebutnya dengan Sangkolun dan lain sebagainya.

Resep Membuat Kue Sengkulun Ketan Sederhana, Enak dan Nikmat ini saya bikin dengan varian warna seperti warna putih dengan merah dan putih dengan hijau. Namun sebenarnya warna asli dari kue ini yakni putih dan merah.

Meskipun demikian, tidak mengurangi rasanya yang khas dan enak kok.  Kue sengkulun merupakan kue tradisional yang tak kalah enak dengan kue-kue modern saat ini di jaman now yang mana sudah jarang yang menjualnya.

Resep dan cara membuatnya sangatlah sederhana dan juga simple. Anda juga bisa membuatnya sendiri sebagai sajian di rumah atau untuk suguhan acara-acara tertentu. Berikut Resep Membuat Kue Sengkulun Ketan Sederhana, Enak dan Nikmat.

Bahan:
1. Kelapa parut dari 1 butir kelapa, saya pilih kelapa yang sedang gak terlalu tua dan gak terlalu muda
2. 100 gram gula pasir
3. 1 sendok teh garam
4. Pewarna makanan hijau dan merah
5. 1 cepuk vanili bubuk
6. daun pisang untuk alas loyang
7. 250 gram tepung ketan

Cara Membuat:
1. Pertama siapkan mangkok terlebih dahulu, kemudian masukkan kelapa parut, tepung ketan, gula dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
2. Langkah selanjutnya yaitu bagi adonan menjadi 3 bagian, beri pewarna hijau dan merah. Setelah diberi pewarna, aduk adonan hingga rata yang mana nanti akan ada 3 warna yaiu warna putih, hijau dan merah.
3. Lalu, siapkan 2 loyang persegi panjang yang mana sudah dialasi dengan daun pisang sebelumnya. Dan jangan lupa olesi tipis-tipis juga daun pisangnya dengan minyak. Nah disini saya memakai loyang yang biasanya saya pakai untuk bikin kue. Kemudian masukkan adonan putih sebagai dasar di 2 loyang. Kukus selama 15 hingga 20 menit.
4. Setelah 20 menit, angkat dari kukusan, kemudian timpa adonan putih dengan adonan warna merah dan hijau di loyang yang berbeda. Lalu kukus lagi selama 30 menit atau hingga matang dan tanak.
5. Setelah 30 menit, angkat dari dalam kukusan. Balik loyang dan keluarkan kue sengkulun dari dalam loyang. Potong-potong sesuai selera.
6. Kue sengkulun siap dihidangkan dan dinikmati.

Resep Membuat Kue Sengkulun Ketan Sederhana, Enak dan Nikmat sangatlah mudah bukan? Anda bisa mempraktekkan semua langkah-langkahs eperti di atas. Namun jika masih bingung, Anda juga bisa menonton video tutorialnya di bawah ini:


Selain itu, Anda juga bisa menonton video lainya di Channel  Youtube saya “Nurul Hidayah” yang mana juga menyajikan berbagai video tutorial resep masakan dan minuman. Jangan lupa juga untuk Subscribe, Coment,Like & Share video tutorialnya ya. ^_^

Terima kasih juga sudah berkunjung di website ini ya. ^_^ Semoga Resep Membuat Kue Sengkulun Ketan Sederhana, Enak dan Nikmat bermanfaat bagi yang membaca artikel ini.


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Membuat Kue Sengkulun Ketan Sederhana, Enak dan Nikmat"