Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Singkong yang Lembut, Nikmat dan Enak

Nurul Hidayah - Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Singkong Nikmat akan kami bahas tuntas secara bertahap step by step lengkap dengan video tutorialnya agar mudah dimengerti bagi yang membaca artikel ini dan lebih mudah untuk dipraktekkan di rumah.


Kue lapis singkong termasuk salah satu kue tradisional yang memiliki citarasa yang enak. Tentunya akan bisa membuat ketagihan bagi siapa saja yang memakanya. Bagaimana tidak? kue ini memiliki tekstur yang lembut serta rasanya enak dan nikmat.



Bukan hanya para orang tua saja yang menggemari jajanan tradisional ini, para orang dewasa dan bahkan anak kecil pun juga menggemarinya. Dengan perpaduan warna yang ciamik seperti halnya warna pelangi membuat kue jenis ini terlihat lebih menarik.


Nah, Anda juga bisa membuatnya di rumah sebagai sajian istimewa untuk tamu ataupun keluarga di rumah. Berikut Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Singkong yang Lembut, Nikmat dan Enak.


Bahan-bahan:

1. 1 kg singkong, kupas dan parut

2. 1 bungkus agar-agar bubuk bewarna putih

3. 100 ml air

4. 200 gram gula pasir

5. 200 ml santan, dari ¼ butir kelapa

6. ½ sendok the vanili bubuk

7. Pewarna makanan, saya memakai warna merah, kuning dan hijau


Bahan untuk taburan:

1. ½ butir kelapa parut

2. ¼ sendok teh garam


Cara Membuat Lapis Singkong:

1. Pertama parut singkong yang sudah dikupas dan dibersihkan. Kemudian siapkan wadah dan masukkan singkong parut, gula pasir, vanili bubuk, bubuk agar-agar, dan santan. Aduk hingga rata.

2. Kemudian tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

3. Siapkan 3 mangkok kecil. Lalu bagi adonan menjadi 3 bagian untuk warna yang berbeda. Beri warna merah untuk mangkok pertama, warna kuning untuk mengkok ke dua dan warna hijau untuk mangkok ke tiga. Aduk adonan pada masing-masing mangkok hingga warna merata.

4. Langkah selanjutnya yaitu siapkan loyang yang sudah dialasi kertas roti. Kemudian tuang adonan pertama yang bewarna merah. Lalu kukus selama 10 menit. Setelah 10 menit, angkat adonan dari dalam kukusan. Lalu tuang adonan kedua yang bewarna kuning, kukus lagi 10 menit dan angkat setelah 10 menit berlalu dan yang terakhir yaitu lanjutkan tuang adonan yang bewarna hijau dan kukus selama 20 menit atau hingga matang.

5. Setelah 20 menit, angkat loyang yang berisi adonan lapis singkong dari dalam kukusan. Biarkan dingin terlebih dahulu.

6. Sambil menunggu dingin kue lapis singkongnya, kini saya membuat taburan untuk lapis singkong. Yang pertama yaitu siapkan ½ butir kelapa, kemudian parut memanjang. Taruh di dalam wadah dan campur dengan sedikit garam. Aduk rata dan kukus selama 10 menit. Setelah 10 menit, angkat taburan kelapa dari dalam kukusan.

7. Nah, setelah kue lapis singkongnya dingin, keluarkan dari dalam loyang. Kemudian potong-potong. Taruh di atas piring saji dan taburi dengan taburan kelapa.

8. Kue lapis singkong yang lembut, nikmat dan enak siap untuk disajikan.

Cara membuat lapis singkong ini tidaklah sulit. Jika masih merasa kesulitan dalam hal pembuatanya, Anda bisa menonton video tutorial yakni berupa  Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Singkong yang Lembut, Nikmat dan Enak. Berikut video tutorialnya. 



Anda juga bisa menonton video tutorial aneka resep masakan lainya di halaman website www.nurulh1dayah.com dan juga di Channel Youtube “Nurul Hidayah”. Anda bisa Like, Share & Subscribe agar tidak ketinggalan video terbaru dari saya ya. ^_^

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Singkong yang Lembut, Nikmat dan Enak bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil! ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Singkong yang Lembut, Nikmat dan Enak"