Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Es Air Mata Pengantin , Minuman Kekinian Khas Daerah Riau

Nurul Hidayah - Resep Cara Membuat Es Air Mata Pengantin , Minuman Kekinian Khas Daerah Riau ini ternyata rasanya sangat segar dan enak. Apalagi dinikmati saat cuaca panas seperti siang ini. Gleekkk.. nyeeesss.. terasa adem dan segar di tenggorokan.

Tahu kah Anda? Es air mata pengantin merupakan salah satu minuman khas dari daerah Riau yang lagi kekinian saat ini. Lalu kenapa sih, minuman ini kok diberi nama air mata pengantin? Jika Anda orang Riau , mungkin di atara kalian semua tahu akan asal usul cerita es ini.


Namun bagaimana jika Anda bukan orang Riau seperti saya? Tentunya rasa penasaran akan selalu terngiang di kepala. Apalagi jika belum mencobanya? Khas dari es air mata pengantin ini adalah memiliki warna yang cerah.

Nah, ternyata warna cerah dari es ini juga ada arti khusu loh. Es air mata pengantin ini memiliki warna yang cerah, oleh sebab itu banyak orang yang menyebut minuman khas ini sebagai simbol kabahagiaan seperti halnya pengantin yang sedang berbahagia.

Selain itu, es air mata pengantin ini juga sering disajikan pada saat acara pernikahan atau acara-acara lainya yang tentunya mengandung unsur kebahagiaan. Nah, sebenarnya ada irisan blewah ya, namun saya ganti dengan nata de coco. Meskipun demikian tidak merubah rasa segar dan nikmat dari es ini kok. ^_^

Berikut Resep Cara Membuat Es Air Mata Pengantin , Minuman Kekinian Khas Daerah Riau yang bisa Anda coba di rumah untuk disajikan untuk acara atau bisa juga untuk keluarga tercinta.

Bahan-bahan Es Air Mata Pengantin:
1. 3 bungkus agar-agar warna merah, kuning dan hijau
2. 300 gram gula pasir
3. 2400 ml air
4. Nata de coco secukupnya
5. Biji selasih, rendam dengan air hangat terlebih dahulu
6. Sirup cocopandan
7. Es Batu yang sudah diserut secukupnya

Cara Membuat Es Air Mata Pengantin:
1. Pertama masak agar-agar bewarna merah terlebih dahulu. Masak 100 gram gula pasir, 1 bungkus agar-agar bewarna merah dan 800 ml air ke dalam panci. Masak hingga rata dan mendidih. Setelah mendidih , angkat dan dinginkan.
2. Kedua masak agar-agar bewarna hijau terlebih dahulu. Masak 100 gram gula pasir, 1 bungkus agar-agar bewarna hijau dan 800 ml air ke dalam panci. Masak hingga rata dan mendidih. Setelah mendidih , angkat dan dinginkan.
3. Ketiga masak agar-agar bewarna kuning terlebih dahulu. Masak 100 gram gula pasir, 1 bungkus agar-agar bewarna kuning dan 800 ml air ke dalam panci. Masak hingga rata dan mendidih. Setelah mendidih , angkat dan dinginkan.
4. Jika semua agar-agar sudah dingin. Serut dengan menggunakan parutan keju.

Cara Penyajian Es Air Mata Pengantin:
1. Cara penyajian yang pertama yaitu ambil gelas saji, kemudian taruh agar-agar serut bewarna merah pada dasar gelas. Kemudian timpa dengan nata de coco, lalu beri agar-agar serut bewarna hijau. Timpa lagi dengan nata de coco. Lanjutkan dengan agar-agar bewarna  kuning.
2. Kemudian, masukkan biji selasih yang sudah direndam dengan air hangat terlebih dahulu. Lanjutkan dengan memasukkan es batu. Lalu tuang sirup cocopandan di atasnya.
3. Hiasai daun mint diatasnya sebagai pemanis.
4. Tarraaa.. Es Air Mata Pengantin siap dihidangkan.

Cukup mudah bukan Resep Cara Membuat Es Air Mata Pengantin , Minuman Kekinian Khas Daerah Riau? Nah sudah saya bikinkan video tutorialnya juga ya. Berikut video tutorial cara membuat Es Air Mata Pengantin:

Resep Cara Membuat Es Air Mata Pengantin , Minuman Kekinian Khas Daerah Riau bisa Anda buats endiri di rumah untuk acara pernikahan atau juga bisa Anda hidangkan acara keluarga. Mampir juga ya di channel Youtube “Nurul Hidayah” yang menyajikan aneka resep masakan juga. ^_^

O,ya jangan lupa like, share & subscribe ya agar tidak ketinggalan video terbaru dari channel yoiutube saya. Terimakasih sudah berkunjung di website www.nurulh1dayah.com. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil! ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Es Air Mata Pengantin , Minuman Kekinian Khas Daerah Riau"