Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Nastar Klasik Kinclong yang Lembut Lumer Di Mulut

Nurul Hidayah - Resep Cara Membuat Nastar Klasik Kinclong yang Lembut Lumer Di Mulut tidaklah sulit. Meskipun nastar klasik merupakan nastar kuno dan original, namun masih banyak yang menggemari kue kering yang satu ini loh walaupun sudah terdapat banyak sekali variasi nastar modern.

Kue kering nastar ini sudah menjadi primadona sebagai suguhan di meja makan, terlebih lagi pada saat lebaran tiba. Bagaimana tidak? Salah satu kue kering yang berisikan selai nanas di bagian tengahnya membuat bagi siapa saja yang memakanya merasakan sensasi gigitan yang luar biasa.


Kue kering nastar ini merupakan buatan saya untuk pertama kalinya dan memakai resepnya mbak Dona yang sedikit saya modifikasi dengan bahan seadanya di rumah dan memakai bahan-bahan olesan ala Nurul Hidayah.

Siapa sangka untuk pertama kali bikin nastar dan bisa menghasilkan kue nastar klasik yang kinclong hanya dengan sekali olesan saja. Penasaran bagaimana cara membuat nastar klasik yang kinclong? Nah kali ini saya akan menulis beberapa langkah cara membuatnya secara lengkap.

Berikut Resep Cara Membuat Nastar Klasik Kinclong yang Lembut Lumer Di Mulut yang bisa Anda coba di rumah sebagai sajian istimewa ketika Lebaran nanti.

Resep Nastar Klasik Kinclong

Bahan-bahan untuk membuat nastar klasik:
  1. 150 gram butter
  2. 100 gram margarin
  3. 300 gram tepung terigu, pakai tepung terigu yang berprotein rendah ya
  4. 50 gram gula halus
  5. ½ sendok teh garam
  6. 1 sendok makan tepung maizena
  7. 25 gram susu bubuk
  8. 3 kuning telur
Bahan-bahan untuk olesan nastar klasik agar kinclong:
  1. 2 kuning telur
  2. 1 sendok makan madu
  3. 1 sendok makan susu UHT
Cara membuat olesan kue nastar klasik agar kinclong:
Campur semua bahan seperti kuning telur, madu dan susu UHT. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Cara membuat nastar klasik kinclong yang lembut lumer di mulut:
  1. Pertama siapkan wadah, masukkan butter, margarin dan gula halus. Kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.
  2. Pindah ke kecepatan paling rendah, lalu masukkan telur satu persatu sambil di kocok. Kocok hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan garam, aduk menggnakan spatula.
  4. Kemudian masukkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk. Ayak terlebih dahulu. Aduk semua bahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  5. Lalu lanjutkan uleni dengan tangan hingga adonan tidak lengket di tangan.
  6. Siapkan selai nanas homade dan olesi loyang dengan margarin tipis-tipis Bentuk bulat selai nanasnya.
  7. Kemudian ambil sedikit adonan, pulung menjadi bulat dan isi bagian tengahnya dengan selai nanas, bentuk bulat dan taruh di loyang. Lakukan hingga semua adonan habis.
  8. Oven kue nastar klasik selama 40 menit dengan suhu 120 derajat celcius dengan api bawah saja. Jika menggunakan otang, pakai api sedang dan oven selama 30 menit atau tergantung oven masing-masing ya.
  1. Setelah 20 menit, keluarkan nastar dari oven. Olesi nastar dengan bahan olesan yang sudah dicampur menjadi satu. Dengan bantuan kuas, olesi bagian atas nastar hingga merata. Setelah semuanya selesai dioles, masukkan ke dalam oven lagi dan panggang lagi selama 20 menit dengan memakai api atas bawah. Jadi totalnya 40 menit ya (sebelum dioles dan sesudah dioles).
  2. Setelah 40 menit, kue nastar sudah matang dan siap di ambil dari dalam oven.
  3. alasi kue nastar klasik dengan alas agar terlihat cantik, saya memakai alas warna merah. Kemudian tata di dalam toples dan siap dihidangkan.
Bagaimana setelah membaca Resep Cara Membuat Nastar Klasik Kinclong yang Lembut Lumer Di Mulut seperti di atas? Tidak sesulit seperti yang dibayangkan kan? Seperti biasanya ya, berikut saya sertakan video tutorialnya juga ya. Berikut video tutorial cara membuat nastar klasik agar tetap kinclong dan tidak retak.


Semoga Resep Cara Membuat Nastar Klasik Kinclong yang Lembut Lumer Di Mulut bermanfaat bagi Anda yang membaca dan menonton videonya. Jangan lupa Subscribe, Like & Share ya jika bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Nastar Klasik Kinclong yang Lembut Lumer Di Mulut"