Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Dan Cara Mudah Membuat Resep Wingko Babat Enak, Empuk Dan Tahan Lama

Nurul Hidayah - Resep Dan Cara Mudah Membuat Resep Wingko Babat Enak, Empuk Dan Tahan Lama, kali ini saya mencoba membuat jajanan tradisional dari Lamongan, Jawa Timur karena saya sendiri juga berasal dari Jawa Timur yang gemar sekali makan jajanan ini. ^_^

Wingko babat merupakan salah satu jajanan tradisional dari Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Salah satunya saya yang gemar sekali dengan wingko babat karena memang rasanya yang enak dan empuk dan yang selalu saya beli di tempat wisata di daerah babat, Lamongan dan sekitarnya. 



Seperti yang kita tahu bahwa kata “babat” sebenarnya berasal dari desa Babat di kabupaten Lamongan provinsi Jawa Timur. Beberapa tempat wisata di Lamongan dan di sekitarnya banyak yang menjual wingko babat dengan ukuran mini.

Selain ukurananya yang mini, setiap biji wingko babat dibungkus dengan kertas dan kemudian ditata secara apik di tas tenteng kecil. Banyak pedagang kaki lima yang menjajakan di tempat wisata.

Rasanya enak, empuk dan tahan lama. Nah kali ini saya mencoba mencetaknya dengan cetakan martabak mini. Tentunya ukuranya lebih besar dari wingko babat asli yang dijual itu ya. ^_^

Meskipun demikian, hal tersebut tidak mengurangi rasa serta tekstur dari wingko babat itu sendiri. Berikut Resep Dan Cara Mudah Membuat Resep Wingko Babat Enak, Empuk Dan Tahan Lama.

Bahan-bahan:

1. 350 gram kelapa parut
2. 200 gram tepung ketan
3.. 1/2 sendok teh garam
4. 100 gram gula pasir
5. 150 ml santan
6. 1/2 sendok teh vanili cair
7. Margarin secukupnya untuk olesan

Cara membuat:
1. Pertama siapkan waah, kemudian masukkan kelapa yang sudah diparut dan  gula pasir, aduk hingga merata.
2. Lalu masukkan tepung ketan, garam, dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata.
3. Masukkan vanili cair, aduk sampai adonan tercampur rata.
4. Diamkan kurang lebih 10 menit agar gulanya larut.
5. Setelah 10 menit, adonan siap untuk dicetak.
6. Panaskan cetakan, saya menggunakan cetakan martabak manis.
7. Kemudian olesi dengan margarin.
8. Tuang adonan ke dalam cetakan , tutup cetakan.
9. Balik adonan wingko babat agar maang dengan sempurna. Tutup cetakanya lagi dan tunggu hingga berubah warna dan matang.
10. Wingko babat sudah siap diangkat dan disantap.

Selain tulisan Resep Dan Cara Mudah Membuat Resep Wingko Babat Enak, Empuk Dan Tahan Lama seperti di atas, saya juga membuatkan video tutorial singkat cara pembuatanya. Berikut videonya!

Jangan lupa subscribe, like & share ya video tentang cara membuat wingko babat yang enak, empuk dan tahan lama. ^_^ Terima kasih dan selamat mencoba ya!  ^_^ 
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Dan Cara Mudah Membuat Resep Wingko Babat Enak, Empuk Dan Tahan Lama"