Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Nugget Ayam Wortel Sederhana

Nurul Hidayah - Resep Cara Membuat Nugget Ayam Wortel Sederhana tidaklah sulit. Biasanya anak kecil paling susah loh kalau disuruh makan sayuran atau wortel. Nah kali ini saya mencoba resep ayam nugget yang ada wortelnya. Jadi paling tidak bisa mensiasati agar anak saya mau makan wortel tanpa paksaan. Hehehehe

Karena anak saya “Aurah” ini suka banget sama nugget ayam. Jadi ya kali ini nugget ayamnya saya selipin wortel yang sudah diparut dan saya beri keju parut secukupnya agar rasanya ada gurih-gurihnya gitu dan yang pasti enak loh.


Daripada beli nugget ayam kemasan, harganyapun jatuhnya lebih mahal dan belum tentu higeinis dan sehat pula. Bahan-bahan untuk pembuatan nugget ayam wortel sangat mudah didapatkan di sekitar kok dan juga ramah dikantong.

Nah, berikut Resep Cara Membuat Nugget Ayam Wortel Sederhana yang bisa Anda coba di rumah untuk sajian istimewa si kecil yang susah makan loh. ^_^

Resep Nugget Ayam Wortel Sederhana

Bahan-bahan:

1. 500 gram daging ayam tanpa tulang
2. 1 buah wortel, di parut
3. Keju parut secukupnya
4. 3 sendok makan tepung maizena
5. 2 butir telur ayam
6. 1/2 sendok teh garam
7. 1/2 sendok teh gula pasir
8. 1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam
9. 1 bonggol bawang putih dihaluskan
10. 3 batang daun seledri, iris-iris
11. 1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan untuk baluran nugget ayam:

1. 8 sendok makan tepung terigu
2. Air secukupnya
3. 250 gram tepung panir

Cara membuat baluran nugget ayam:
1. pertama campurkan tepung terigu dengan air, aduk hingga merata dan tidak ada yang menggumpal. Sisihkan terlebih dahulu.

Cara membuat Nugget Ayaam Wortel:

1. Pertama blender ayam dengan telur hingga halus. Kemudian siapkan wadah. Tuang daging ayam yang sudah halus ke dalam wadah.

2. Masukkan tepung maizena, aduk rata.

3. Masukkan gula pasir, kaldu bubuk dan garam.

4. Masukkan keju, wortel parut, bawang putih halus dan merica bubuk. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

5. Siapkan loyang dan beri alas kertas roti. Kemudian masukkan adonan nugget ayam ke dalam loyang, tekan-tekan dan ratakan.

6. Kukus selama 30 menit atau hingga matang dan padat.

7. Setelah 30 menit, angkat dari dalam kukusan. Lepaskan kertas rotinya dan kemudian potong-potong sesuai selera, nah kali ini saya pakai cetakan bentuk “love” untuk membentuk nugget ayamnya karena permintaan dari sei kecil. Kalau gak ada cetakan, dipotong-potong saja gak papa. Ini sesuai selera saja ya. ^_^

8. Setelah semua nya dicetak, baluri nugget ayam dengan cara celupkan adonan yang sudah dicetak ke dalam tepung terigu yang sudah dicampur air lalu gulingkan ke dalam tepung panir. Lakukan hingga semuanya habis.

9.Setelah semua habis, masukkan nuggte ayam ke dalam lemari es kurang lebih 1 jam agar tepung panirnya menempel.

10.Setelah 1 jam, goreng nugget ayam wortel hingga matang.

11.Nugget ayam wortel siap disajikan.

Bagaimana setelah membaca Resep Cara Membuat Nugget Ayam Wortel Sederhana seperti diatas? Mudah bukan? Menyajikan hidangan yang sehat belum tentu repot. Dengan resep ini Anda bisa menyajikan nugget ayam wortel sehat untuk si kecil

Berikut video tutorial Resep Cara Membuat Nugget Ayam Wortel Sederhana : Jangan lupa like, share & subscribe juga ya videonya. ^_^ semoga bermanfaat!


Selamat mencoba dan semoga berhasil !! ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Nugget Ayam Wortel Sederhana"