Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Pastel Basah Renyah Dan Cara Membuatnya


Nurul Hidayah - Resep Pastel Basah Renyah Dan Cara Membuatnya bisa Anda buat dengan mudah dengan membaca serta menonton video tutorial yang sudah saya buatkan di dalam artikel ini karena dalam artikel ini saya tulis resep beserta video tahap-tahap pembuatan patel basah yang renyah

Cara membuat pastel basah memang gampang-gampang susah. Asalkan bisa memilin pastel dengan baik, tentunya jika digoreng isi pastel tidak keluar dan kulit pastel tidak membuka dan ketika digoreng pastel masih tetap mulus dna tidak pecah.


Seperti yang diketahui bersama yaitu pastel merupakan salah satu kue atau gorengan yang memiliki tekstur yang renyah dan enak. Pastel itu sendiri memiliki bentuk yang lucu karena dipinggiran pastel memiliki bentuk yang berbeda dengan kue jenis lainya.

Nah kali ini, saya memakai isian pastel dengan mie bihun jagung dengan campuran wortel dan kentang. Pastel yang saya buat ini merupakan jenis pastel basah karena berisikan mie didalamnya.

Berikut Resep Pastel Basah Renyah Dan Cara Membuatnya yang bisa Anda praktekkan di rumah sebagai cemilan tambahan keluarga tercinta.

Resep Pastel Basah Renyah Dan Cara Membuatnya by Nurul hidayah

Bahan untuk isi pastel:
1. 1 papan bihun jagung, rendam dengan air hangat atau rebus sebentar hingga lunak
2. 2 buah kentang, kupas dan potong dadu
3. 2 buah wortel, kupas dan potong dadu
4. 1 sendok teh garam
5. 1/2 sendok teh gula pasir
6. 1/2 sendok teh merica bubuk
7. Kaldu bubuk bila suka
8. 1 Batang daun seledri, iris cincang
9. 6 Butir bawang merah, haluskan
10. 2 Siung bawang putih, haluskan
11. 1 Butir telur rebus, potong-potong

Bahan untuk kulit pastel:
1. 250 gram tepung terigu yang sudah di ayak
2. 1 sendok makan tepung maizena
3. 50 gram butter
4. 1 sendok makan minyak goreng
5. 1/4 sendok teh merica bubuk
6. 1/2 sendok teh garam
7. 1/4 sendok teh gula pasir
8. 100 - 110 ml air putih

Cara membuat isian pastel:
1. Pertama tuang sedikit minyak ke dalam wajan, kemudian tumis bumbu yang dihaluskan yakni bawang merah dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan wortel dan kentang yang sudah dipotong dadu, aduk hingga merata.
3. Masukkan bihun jagung, garam, gula pasir, merica bubuk dan kaldu bubuk. Aduk semua bahan hingga tercampur semua dengan bumbu secara merata.
4. Terakhir tambahkan daun seledri, aduk hingga rata.
5. Angkat dari wajan, dan masukkan ke dalam wadah. Sisihkan terlebih dahulu.

Cara membuat kulit pastel:
1. Pertama siapkan wadah untuk membuat kulit pastel. Kemudian masukkan tepung terigu, tepung maizena, gula dan garam aduk hingga rata.
2. Tambahkan merica bubuk dan butter. Aduk hingga merata dan butter menjadi butiran halus dan tidak menggerindil.
3. Tuang minyak goreng, aduk lagi hingga rata.
4. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni.
5. Uleni adonan hingga tidak lengket di tangan.
6. Taburi alas dengan tepung terigu. Kemudian bentuk adonan bulat. Lalu pipihkan adonan dan isi dengan isian mie bihun jagung yang sudah dibuat tadi dan potongan telur rebus.
7. Setelah itu pilin pastel (jika tidak bisa cara memilin pastel, Anda bisa menonton video tutorial yang saya buatkan dibawah ini ya).
8. Setelah dipilin, goreng pastel hingga berubah warna dan matang.
9. Pastel siap dihidangkan dengan cabe rawit.

Bagaimana setelah membaca Resep Pastel Basah Renyah Dan Cara Membuatnya seperti yang sudah saya tuliskan di atas? Mudah kan ya? Ini juga, sudah saya buatkan video tutorial cara membuat pastel basah yang renyah. Jangan lupa ditonton juga ya:


Video serta Resep Pastel Basah Renyah Dan Cara Membuatnya sudah ada di dalam artikel yang saya tulis kali ini. Jika suka dengan video yang saya buat, jangan lupa Like, Share & Subscribe channel youtube saya juga ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih. ^_^







Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Pastel Basah Renyah Dan Cara Membuatnya"