Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah

Nurul Hidayah - Resep Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam untuk mengolahnya. Sebenarnya cara membuatnya tidaklah rumit seperti yang saya bayangkan sebelumnya.

Hanya butuh kesabaran dan ketelatenan untuk mengolah kue tradisional ini. Tentunya akan terbayar dengan rasa yang khas, enak, nikmat dan istimewa ini. Siapa sangka, saya sendiri juga bisa bikin kue lupis ini. hehehehe Ini hasil kue lupis bikinan saya untuk pertama kalinya. ^_^



Ibu saya kaget karena setelah kue lupisnya matang, saya bawah ke rumah ibu yang ada di Cerme-Gresik. Kaget bukan karena saya jatuh atau apa, tapi kaget karena anaknya bisa bikin kue lupis. Karena saya paling sering bikin kue-kue kekinian bukan kue tradisional. ^_^

Kue lupis yeng enak memiliki tekstur yang kenyal dan tidak benyek apalgi ambyar ya jadi kunci suksenya yaitu ketika melipat daun pasang, sebaiknya sambil ditekan-tekan dan dikunci dengan cara disematkan dengan bantuan tusuk gigi agar ketika direbus tidak ambyar beras ketanya.

Jika membungkusnya sudah tepat, tentunya nanti kue lupisnya akan sukses dan kenyal. Berikut Resep Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Resep Kue Lupis Kelapa Gula Merah by Nurul Hidayah

Bahan-bahan:

1. 800 gram beras ketan, rendam 1 hingga 2 jam kemudian cuci hingga bersih
2. Kelapa parut dari 1/2 butir kelapa
3. 1/2 atau 1 sendok teh garam
4. Daun pisang secukupnya
5. Tusuk gigi atau tusuk sate dipotong-potong secukupnya

Bahan Kinca:

1. 250 gram gula merah, serut
2. 1 sendok makan tepung maizena campur dengan sedikit air, aduk-aduk hingga rata
3. 1 gelas air
4. Sejumput garam

Cara Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah:

1. Pertama buat kinca gula merahnya terlebih dahulu. Caranya yaitu masukkan gula merah yang sudah disisir ke dalam panci kecil , kemudian tambahkan air dan sejumput garam Aduk terus hingga gula mencair.

2. Setelah itu masukan tepung maizena yang sudah dicampur sedikit air. Tuang ke dalam gula merah, aduk hingga rata dan kental. Setelah kental, sisihkan terlebih dahulu.

3. Nah sekarang waktunya bikin lupisnya ya. Caranya lipat daun pisang dengan bentuk segitiga. Kemudian isi dengan beras ketan yang sudah direndam terlebih dahulu. Lalu sematkan tusuk gigi untuk mengunci agar tidak lepas saat direbus. Lakukan hingga semua beras ketan habis.

4. Setelah selesai semuanya, masukkan beras ketan yang sudah dibungkus ke dalam panci yang berisi air yang sudah mendidih dan masukkan juga daun pandan yang sudah disimpul. Rebus selama 1 jam atau hingga matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan dulu.

5. Langkah selanjutnya yaitu beri parutan kelapa dengan garan, campur hingga merata kemudian kukus selama 10 menit.

6. Untuk penyajianya, kupas lupis ketan, kemudian taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus. Lalu siram dengan kinca gula merah.

7. Kue lupis enak siap dihidangkan.

Jangan khawatir ya bu-ibu jika belum bisa membungkus lupis bentuk segitiga dengan daun pisang. Berikut video tutorial Resep Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah dengan bentuk segitiga, dari cara memasukkan beras ketan ke dalam daun pisang, membentuk daun pisang segitiga, hingga selesai.


B
agaimana berkeinginan untuk mencoba Resep Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah? yuuk dicoba di rumah sebagai sajian istimewa keluarga. Semoga resep beserta video saya bermanfaat! Happy cooking!
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah"