7 Tips Membuat Kue Lumpur Lembut, Enak, Legit Dan Tidak Gosong

Nurul Hidayah7 Tips Membuat Kue Lumpur Lembut, Enak, Legit Dan Tidak Gosong perlu diketahui sebelum membuat kue lumpur agar ke lumpur yang dihasilkan bisa berhasil dan matang dengan sempurna.

Ada berbagai macam jenis kue lumpur dengan variasi topping yang berbeda-beda seperti kue lumpur kentang, kue lumpur pandan, kue lumpur lapindo, kue lumpur ubi, kue lumpur ubi ungu,dan kue lumpur tape, kue lumpur labu kuning.


Seperti yang kita ketahui bahwa kue lumpur merupakan salah satu kue basah yang populer di Indonesia. Banyak orang yang mengkreasikan kue lumpur dengan bahan dasar yang serupa tapi tak sama.

Meskipun banyak jenis kue lumpur, tentunya untuk rasa tetap sama-samaenak. Cara membuatnya juga tergolong susah-susah gampang. Jika kue lumpur yang dibuat tidak berhasil, kue tersebut akan jadi bantat dan tidak enak jika  dimakan.

Begitu sebailknya, jika kue lumpur yang dibuat berhasil, tentunya rasa kue tersebut akan menjadi enak, lembut, legit dan tidak gosong. Lalu adakah teknik atau tips cara membuat kue lumpur yang enak?

Tentu ada dong ya, kali ini saya akan membahas beberapa Tips Membuat Kue Lumpur Lembut, Enak, Legit Dan Tidak Gosong. Berikut tipsnya:

7 Tips Membuat Kue Lumpur Lembut, Enak, Legit Dan Tidak Gosong

1. Kukus Bahan Dasar, Jangan Direbus
Tips yang pertama yaitu sebaiknya kukus bahan dasar yang digunakan, jangan direbus. Contoh bahan dasar kue lumpur seperti kentang, ubi, tape ataupun ubi ungu. Jika bahan dasar yang digunakan dikukus, bahan tersebut akan menjadi lebih padat.

Begitu pula sebaliknya, jika direbus, bahan dasar tersebut akan lebih banyak mengandung air dari sebelumnya. Oleh sebab itu, jika bahan dasar direbus sebaiknya kurangi takaran air dalam resep.

2. Haluskan Bahan Dasar Ketika Masih Panas
Tips yang kedua yaitu sebaiknya haluskan bahan dasar seperti kentang ataupun ubi dalam keadan panas agar mempermudah proses penghalusan. Jika nunggu dalam keadaan dingin, bahan tersebut akan lebih keras dan lebih susah untuk dihaluskan.

3. Pakai Santan Asli
Tips yang ketiga yaitu sebaiknya gunakanlah santan asli. Santan asli disini adalah menggunakan santan dari parutan kelapa yang diperas ya, bukan santan yang kemasan instant seperti saat ini. Selain mempengaruhi rasa, pemakaian santan asli akan menjadi lebih gurih jika kue lumpur tersebut sudah matang.

4. Perhatikan proses Perebusan Santan
Tips yang keempat yaitu perhatikanlah proses perebusan santan. Nah pada saat merebus santan, sebaiknya aduk-aduk secara terus menerus hingga mendidih. Jika tidak diaduk, santan akan pecah dan bisa mempengaruhi rasa kue lumpur tersebut.

5. Ayak Tepung
Tips yang kelima yaitu sebaiknya ayak tepung yang digunakan untuk membuat kue lumpur. Fungsi pengayakan tepung yaitu agar tidak ada kutu-kutu kecil yang ikut nimbrung di dalam kue. Hehehehe
Selain itu agar adonan akan menjadi lebih ringan dan mudah diaduk serta tercampur dengan bahan-bahan lainya.

6. Panaskan Cetakan
Tips yang keenam yaitu sebaiknya panaskan cetakan kue lumpur terlebih dahulu sebelum digunakan. Fungsi memanaskan cetakan yaitu agar kue lumpur bisa matang dengan sempurna.

7. Penggunaan Api Kecil Saat Memanggang
Tips yang ketujuh yaitu sebaiknya gunakanlah api kecil saat memanggang. Jika Anda menggunakan api sedang ataupun api besar, kue lumpur yang Anda buat akan lebih mudah osong dan tidak matang sampai dalam.

Oleh sebab itu, pengunaan api kecil pada saat memanggang kue lumpur sangat dianjurkan agar hasil kue lumpur akan bisa matang dengan sempurna serta tidak gosong di bagian bawah kue lumpur.

Berikut video tutorial pembuatan kue lumpur kentang versi saya. Tektur kue lumpurnya lembut, bagian bawah kue lumpur juga tidak gosong, rasanya juga enak dan legit. Cara membuatnya tidak sulit kok. Check it out:



Itulah 7 Tips Membuat Kue Lumpur Lembut, Enak, Legit Dan Tidak Gosong. Semoga video dan artikel yang saya tulis bermanfaat bagi semua. Selamat mencoba & happy baking!

0 Response to "7 Tips Membuat Kue Lumpur Lembut, Enak, Legit Dan Tidak Gosong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel