Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Kue Lupis Segitiga Yang Enak, Nikmat Dan Kenyal


Nurul Hidayah - Resep Cara Membuat Kue Lupis Segitiga Yang Enak, Nikmat Dan Kenyal akan saya tuliskan pada artikel kali ini. Rasa yang enak, kenyal, gurih dan legit dari saos gula merah membuat Anda keragihan untuk memakanya lagi.

Kue lupis merupakan salah satu makanan tradisional dari Indonesia. Saya sendiri berasal dari Gresik, Jawa Timur suka sekali mekan kue lupis ini. Kalau bahasa Jawa, saya menyebutnya Lopis.

Jadi teringat waktu kecil, hampir setiap hari makan jajanan tradisional ini dibelikan ibu tercinta. Namun saat ini sudah jarang jual di sekitar rumah. Mengobati rasa kangen saya, akhirnya saya mencoba bikin kue lupis ini.


Nah kali ini saya bikin kue lupisnya, saya bentuk segitiga dengan menggunakan daun pisang. Caranya juga tidak sulit kok. Di artikel saya kali ini juga saya sertakan video tutorial dari Resep, Cara Membuat Kue Lupis Segitiga Yang Enak, Nikmat Dan Kenyal dan juga cara membentuk kue lupis segitiga.

Cara membentuk kue lupis segitiga cukup ambil daun pisang, kemudian ambil memanjang dan kemudian lipat-lipat berbentuk segitiga. Setelah itu tinggal isi dengan beras ketan yang sudah direndam selama 1 hingga 2 jam.

Berikut Resep Cara Membuat Kue Lupis Segitiga Yang Enak, Nikmat Dan Kenyal yang bsia Anda coba di rumah sebagai sajian istimewa untuk keluarga.

Resep Kue Lupis Segitiga by Nurul Hidayah

Bahan-bahan:

1. 800 gram beras ketan, rendam 1 hingga 2 jam kemudian cuci hingga bersih
2. Kelapa parut dari 1/2 butir kelapa
3. 1/2 sendok teh garam
4. 1 lembar daun pandan
5. Daun pisang secukupnya
6. Tusuk gigi secukupnya

Saos gula merah:

1. 250 gram gula merah, serut
2. 1 sendok makan tepung maizena
3. 1 gelas air
4. Sejumput garam

Cara Membuat Kue Lupis Segitiga Yang Enak Dan Kenyal:

1. Pertama bikin saos gula merah terlebih dahulu. Caranya yaitu masukkan gula merah yang sudah disisir ke dalam panci kecil , kemudian tambahkan air dan sejumput garam Aduk terus hingga gula mencair.

2. Setelah itu masukan tepung maizena yang sudah dicampur sedikit air. Tuang ke dalam gula merah, aduk hingga rata dan kental. Setelah kental, sisihkan terlebih dahulu.

3. Nah sekarang waktunya bikin lupisnya ya. Caranya lipat daun pisang dengan bentuk segitiga. Kemudian isi dengan beras ketan yang sudah direndam terlebih dahulu. Lalu sematkan tusuk gigi untuk mengunci agar tidak lepas saat direbus. Lakukan hingga semua beras ketan habis.

4. Setelah selesai semuanya, masukkan beras ketan yang sudah dibungkus ke dalam panci yang berisi air yang sudah mendidih. masukkan  daun pandan yang sudah disimpul. Rebus selama 1 jam atau hingga matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan dulu.

5. Langkah selanjutnya yaitu beri parutan kelapa dengan 1.2 sendok teh garam, campur hingga merata kemudian kukus selama 10 menit.

6. Untuk penyajianya, kupas lupis ketan, kemudian taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus. Lalu siram dengan saos gula merah.

7. Kue lupis segitiga siap disantap.

Nah, 1 resep yang saya bikin ini membutuhkan 800 gram beras ketan dan jadi 50 biji kue lupis segitiga yang enak dan kenyal. Jika merasa kesulitan membentuk daun pisang segitiga, Anda bisa menonton video yang sudah saya bikinkan dibawah ini ya.  ^_^


Resep Cara Membuat Kue Lupis Segitiga Yang Enak Dan Kenyal sudah jelas kan ya karena sudah saya jelaskan di artikal yang saya tulis ini dan juga saya sertakan video tutorial cara membuat kue lupis segitiga. Happy cooking dan Semoga bermanfaat. ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Kue Lupis Segitiga Yang Enak, Nikmat Dan Kenyal"