Tips Membuat Donat Empuk Dan Mengembang

Nurul Hidayah - Tips Membuat Donat Empuk Dan Mengembang pastinya selalu diinginkan banyak orang, khususnya bagi Anda yang membuat donat agar donat yang dihasilkan enak, empuk dan mengembang dengan sempurna.

Untuk adonan donat biasanya menggunakan ragi didalamnya. Nah oleh sebab itu ragi yang digunakan haruslah aktif agar donat yang dibuat nanti bisa mengembang dan tidak bantat. Salah satu cara untuk mengetahui ragi yang masih aktif adalah dengan cara mencampurnya dengan air hangat dan diamkan kurang lebih 5 menit hingga berbusa. Jika berbusa, itu tandanya raginya masih aktif.


Berikut beberapa Tips Membuat Donat Empuk Dan Mengembang yang bisa Anda ketahui terlebih dahulu sebelum membuat donat agar donat yang dihasilkan bisa mengembang dengan bagus dan sempurna.

1. Tips yang pertama yaitu cara mencampur adonan dengan cara yang baik dan benar. Nah untuk tips yang pertama yaitu sebaiknya campurkan air hangat dengan tambahan ragi terlebih dahulu untuk memastikan ragi yang digunakan masih aktif atau tidak.

Setelah itu campurkan adonan cair lainya, lalu masukkan semua bahan kering ke dalamnya. Aduk adonan hingga kalis elastis. Nah cara mengaduknya ini agak unik ya karena Anda harus mengaduk adonan sambil ditekan-tekan dan tekniknya hampir sama ketika mencuci baju.

Kunci donat sukses yang pertama yaitu adonan yang dibuat harus sampai kalis ya, ciri-cirinya adalaha donan sudah tidak lengket di tangan lagi . selain itu, adonan juga mudah dibentuk dan ditarik serta tidak menempel di tangan lagi.

2. Tips yang kedua yaitu atur suhu adonan donat yang dibuat. Nah untuk suhu donat jangan menggunakan air panas dalam adonanya ya, sebaiknya gunakan air hangat-hangat kuku atau sama dengan suhu kurang lebih 26 hingga 28 derajat celcius.

Jika air yang digunakan terlalu panas, nanti ragi nya bisa mati dan menyebabkan adonan donat tidak bisa mengembang dengan sempurna karena proses fermentasi bisa menjadi terlalu cepat dan hal tersebut menjadikan tektur donat tidak bisa lembut.

Selain itu ketika digoreng, donatnya juga mudah gosong. Jika menggunakan air panas juga bisa menyebabkan donat akan terasa alot dan keras karena proses fermentasi raginya tidak berjalan dengan baik.

Nah jika ingin rasa donat lebih lembut lagi, Anda bisa mengganti air hangat dengan susu hangat. Susu hangat bertujuan untuk menajdikan donat lebih enak, gurih serta lembut ketika digigit.

3. Tips yang ketiga yaitu perhatikanlah proses fermentasi adonan. Sebaiknya feremntasi dilakukan pada suhu serta tingkat kelembaban ruangan saja. Caranya yaitu siapkanlah kain sebagai penutup wadah.

Nah kain terebut berfungsi untuk menjaga kelembaban adonan ketika didiamkan kurang lebih 1 sampai 1,5 jam. Nah jika proses didiamkan ini benar, adonan akan bisa mengembang 2 dan bahkan 3 kali lipat dari sebelum adonan didiamkan.

4. Tips yang keempat yaitu proses dalam pembuatan donat ketika menjadi bulatan kecil-kecil. Tips kali ini juga perlu diperhatikan karena jika adonan donat yang dentuk ketika ditekan akan kembali seperti bentuk awal, itu tandanya adonan donat belum siap untuk digoreng.

Oleh sebab itu, sebaiknya ketika adonan sudah dibentuk seperti itu, sebaiknya diamkan lagi kurang lebih 15 hmenit ingga 20 menit agar donat yang dihasilkan bisa menajdi empuk dan enak.

5. Tips yang terakhir yaitu proses penggorengan donat ,sebaiknya ketika menggoreng dalam suhu 190 derajat celcius. Namun jika Anda tidak memiliki pengatur suhu, Anda bisa memastikan bahwa donat sudah berubah warna menjadi kuning keemasan ketika digoreng.

Jika menggunakan suhu yang bagus, tentunya bisa menghasilkan donat yang bagus dan bewarna kuning keemasan. Jangan sering dibalik ya, cukup satu balik saja dnegan waktu 1 menit untuk satu sisinya.

Jadi total menggoreng donatnya sekitar 2 menit untuk 2 sisi donat dengan api sedang ya. Jika menggunakan api besar nanti akan cepat gosong dan jika menggunakan api kecil tentunya minyak akan semakin banyak terserap karena terlalu lama digoreng.

Setelah mengetahui beberapa Tips Membuat Donat Empuk Dan Mengembang, kini saatnya Anda mencoba membat donat yang enak sebagai sajian pelengkap keluarga Anda. Selamat mencoba . ^_^

0 Response to "Tips Membuat Donat Empuk Dan Mengembang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel