Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cumi Hitam Enak

Nurul Hidayah - Cumi Hitam Enak merupakan salah satu menu favorit suami. Awal-awal menikah belum bisa menaklukkan si cumi hitam ini, dari rasa alot dan bahkan amis ketika sudah matang pernah terjadi pada masakan saya loh. Hehehehe

Dan akhirnya saya mencoba resep bu Fah umi yasmin, ternyata rasanya enak dan menurut suami saya ketika saya kasih si cumi hitam yang sudah matang ini bilang enak, gak amis dan empuk. Duuuh betapa senengnya dipuji suami. Maaf sedikit lebay ya saya. Hahahaha


Ternyata ada sedikit tips mengolah cumi ala-ala saya agar Cumi Hitam Enak yang dimasak tidak alot dan tetap enak. Tips yang pertama yaitu sebaiknya masak cumi hanya 3 menit saja ya, jangan lama-lama karena jika terlalu lama memasak cumi, daging cumi bisa alot.

Namun jika terlanjur lama, lanjutkan memasak hingga 30 menit. Tapi lebih enak yang hanya 3 menit saja ya karena rasa cuminya tidak over cook. Tips yang kedua yaitu sebaiknya lumuri cumi sebelum diolah dengan perasan jeruk nipis agar bau amis bisa hilang.

Baca Juga: Resep Minuman Cafe Coffee Orange Strawberry Mocktail
                 Resep Summer Sunset Mocktail Segar

Tips yang ketiga yaitu menurut saya loh ya, jangan buang tinta hitam nya karena akan lebih enak jika tinta hitamnya tidak dibuang. Jadi ketika membersihkan, yang dibuang hanya isi perutnya saja dan cuci bersih tanpa menghilangkan tintanya.

Nah menurut saya pribadi, lebih suka memasak cumi dengan tintanya karena hitam-hitam itu yang bikin sedap. Tentunya akan beda rasa antara cumi hitam dengan cumi yang putih bersih.

Tips yang terakhir yaitu pilihlah cumi yang masih segar dan fresh. Jelas kelihatan beda ya cumi yang segar dan tidak segar. Tekstur serta warna cumi juga bisa dibedakan ketika Anda memilihnya.

Berikut resep Cumi Hitam Enak. Setelah membaca beberapa tips mengolah cumi, kini saatnya Anda mencoba resep dibawah ini.

Cumi Hitam Enak

Bahan :
1. Cumi sebanyak 10 ekor, buang isi perut dan lemak. Biarkan tintanya.
2. Cabe hijau 3 buah, jika tidak suka pedas bisa diganti dengan merica bubuk
3. Bawang putih 3 siung
4. Bawang bombay 1 buah atau bisa diganti dengan 6 butir bawang merah
5. Tomat uuran kecil 1 buah saja
6. Jahe seruas jari, memarkan
7. Lengkuas seruas jari, memarkan
8. Pete (saya skip karena tidak terlalu suka )
9. Daun salam 1 lembar
10. Daun kemangi 5 lembar
11. Garam 1/3 sendok teh
12. 1/3 sendok teh gula pasir
13. 1 sendok teh saos tiram
14. Monyak goreng dan minyak wijen untuk menumis
15. 1 buah jeruk nipis, ambil air perasan jeruk nipis untuk kecrutan cumi sebelum diolah

Cara membuat:
1. Cuci bersih cumi dan jangan dibuang tintanya, kemudian beri perasan air jeruk nipis. Damkan 5 menit.
2. Haluskan kasar bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabai hijau atau bisa juga diiris-iris saja tanpa dihaluskan.
3. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak, lalu masukkan daun salam, lengkuas, dan jahe. Aduk-aduk hingga rata.
4. Lalu masukkan cumi tanpa air ya, karena cumi itu sendiri berair.
5. Setelah itu masukkan gula, garam, saos tiram, dan yang paling terakhir adalah daun kemangi.
6. Memasak cuminya jangan lama-lama ya, cukup 3 menit saja agar tekstur cumi tidak alot.
7. Tes rasa.
8. Cumi hitam yang enak siap dihidangkan.

Dengan mencoba beberapa tips di atas, kemungkinan besar memasak Cumi Hitam Enak akan berhasil. Semoga berhasil dan selamat mencoba!

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cumi Hitam Enak"