Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Manisan Rambutan Kekinian

Nurul Hidayah - Cara Membuat Manisan Rambutan Kekinian sangatlah simple dan sederhana loh. Meskipun cara pembuatanya terbilang sederhana dan mudah, namun rasanya bisa dibilang sangat istimewa.

Mengobati rasa penasaran saya, ketika melihat di IG begitu banyak foto bertebaran di beranda saya tentang buah ramburan ini. Manisan buah yang berbahan dasar buah rambutan. Lucu dan unik sih ya kalau menurut saya.

Biasanya bahan dasar untuk manisan yang sering saya jumpai adalah buah mangga muda alias pencit kalau dari daerah saya, Jawa Timur. Usut punya usut manisan rambutan sudah populer di Kalimantan sudah lama dan saya baru mencobanya. hihihihi


Ternyata buah rambutan dibikin manisan enak juga loh, gak kalah enak dengan manisan mangga muda. Apalagi seperti saat ini lagi musimnya buah rambutan. Banyak banget orang yang jualan buah rambutan dan bahkan ada yang pakai pick up di pinggir-pinggir jalan untuk jualanya.

Harganya masih tergolong murah karena lagi musimnya rambutan di daerah saya. Harga per kilo sekitar Rp 4.000 hingga 10.000 tergantung jenis serta kualitas rambutan yang dibeli. Kalau gak lagi musim sekitar Rp 10.000 ke atas harga jualnya.

Cara Membuat Manisan Rambutan Kekinian hanya memakai bahan yang tidak terlalu banyak. Perpaduan rasa asam, manis, asin dan pedas ini ternyata bisa bikin lidah bergoyang loh. Hehehe

Untuk rasa asamnya, saya memakai buah jeruk lemon. Saya memilih buah jeruk lemon karena saat dipotong dan dicampukan dengan semua bahan tidak terasa pahit sama sekali. Lain halnya jika memakai jeruk nipis, biasanya rasanya bisa sedikit pahit karena kulitnya.

Jika Anda salah satu orang yang suka rasa asam, Anda bisa menambahi buah jeruk lemonya dengan cara diperas. Namun jika saya hanya saya potong-potong saja jeruk lemonya tapi saya tambahi beberapa potong buah strawberry yang rasanya asam. ^_^

Berikut bahan serta Cara Membuat Manisan Rambutan Kekinian ala-ala saya yang bisa Anda coba di rumah. Jangan khawatir gatot alias gagal total ya karena cara membuatnya sangat mudah dan sederhana.

Manisan Rambutan Kekinian yang Segar

Bahan-bahan:

1. 15 biji buah rambutan, kupas dan cuci hingga bersih
2. 4 buah strawberry, potong-potong
3. 1/2 buah jeruk lemon,potong-potong
4. 4 buah cabe rawit, iris serong (kalau suka rpedas, bisa ditambahi sesuai selera ya)
5. 1 sendok kaman gula pasir
6. 1/2 sendok te garam halus

Cara Membuat Manisan Rambutan Kekinian:

1. Untuk langkah awal yaitu kupas buah rambutan, kemudian cuci hingga bersih. Sisihkan terlebih dahulu.

2. Lalu potong-potong buah strawberry, jeruk lemon, dan cabe rawit. Sisihkan terlebih dahulu.

3. Selanjutnya siapkan wadah, masukkan buah rambutan, potongan buah strawberry, potongan jeruk lemon dan irisan cabe rawit. Tambahkan gula pasir dan garam. Aduk hingga merata.

4. Kemudian masukkan ke dalam lemari es kurang lebih 1 hingga 5 jam atau bisa juga semalaman. Manisan buah rambutan akan terasa lebih segar dan nikmat jika dimakan dalam keadaan dingin.

5. Setelah didiamkan di dalam lemari es, ambil dan sajikan ke dalam mangkok kecil.

6. Manisan rambutan siap disantap selagi dingin.

Berikut video tutorial cara membuat manisan rambutan keknian ala saya, check it ot:

Bagaimana setelah membaca serta melihat video tutorial Cara Membuat Manisan Rambutan Kekinian seperti di atas? Mudah kan? Yuuk aah dicoba di rumah. Manisan rambutan bisa dijadikan hidangan pelengkap ataupun cemilan di saat santai. Selamat mencoba!


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Manisan Rambutan Kekinian"