Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasak Beras Ketan Agar Pulen

Nurul Hidayah - Cara Memasak Beras Ketan Agar Pulen perlu dimengerti terlebih dahulu sebelum memasaknya agar tekstur beras ketan yang dimasak tidak keras. Jika beras ketan masih keras pada saat matang, tentunya tidak enak kan jika dimakan.

Oleh sebab itu, kali ini saya ingin membagikan cara memasak beras ketan agar pulen dan enak. Perlu diketahui bahwa beras berbeda dengan beras ketan ya. Beras ketan lebih keras jika dibandingkan dengan beras biasa.


Meskipun bentuknya sama, namun masaknyapun sedikit berbeda loh. Selain itu, warnanya sama-sama putih, namun beras ketan bewarna putih susu, sedangkan beras biasa warna putihnya sedikit transparan.

Bentuknya hampir sama namun bulir keras ketan lebih panjang, utuh serta memiliki bau yang khas. Sebelum memasak beras ketan, sebaiknya rendam beras ketan terlebih dahulu sebelum dimasak agar bisa menjadi pulen.

Jika ingin aroma beras ketan lebih harum, Anda bisa menambahkan beberapa lembar daun pandan ketika memasaknya. Berikut Cara Memasak Beras Ketan Agar Pulen dan nikmat.

Cara Memasak Beras Ketan Agar Pulen 

Bahan Utama :
1. Beras ketan 500 gram, cuci hingga bersih kemudian rendam kurang lebih 3-5 jam
2. Santan 500ml
3. Garam sesuai selera
4. Daun pandan 5 lembar, simpul

Bahan Taburan:
1. Kelapa parut secukupnya

Cara Memasak Beras Ketan Agar Pulen :

1. Pertama bersihkan lagi beras ketan yang sudah direndam selama 3-5 jam. Setelah itu, kukus beras ketan kurang lebih 15 menit. Angkat dan tiriskan sebentar.

2. Lalu masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih dan mengeluarkan aroma harum dari daun pandan. Setelah itu angkat.

3. Masukkan beras ketan ke dalam wadah, kemudian tuang santan yang sudah dimasak ke dalam wadah yang berisi beras ketan sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan centong nasi hingga merata dan santan terserap.

4. Kemudian kukus lagi sampai matang kurang lebih 15 - 20 menit.

5. Setelah itu angkat dan sajikan dipiring dan beri taburan kelapa parut di atasnya.

6. Ketan siap disantap.

Sangat mudah kan Cara Memasak Beras Ketan Agar Pulen? Seoga bermanfaat dan selamat mencoba. ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Memasak Beras Ketan Agar Pulen"