Tips Memasak Cumi Basah

Nurul Hidayah - Tips memasak cumi basah tentu dicari oleh para pecinta seafood. Siapa pula sih yang tidak suka dengan olahan hewan laut yang memiliki tentakel dan sering menyemprotkan tinta untuk melindungi diri ini?

Sepertinya olahan yang menggunakan cumi – cumi, rasanya tidak pernah kehilangan para penggemarnya dan tidak jarang pula menjadi bahan dasar pada menu – menu seafood yang ada pada setiap restoran.


Cumi – cumi juga selalu berhasil meningkatkan nafsu makan karena rasa yang nikmat bila Anda tahu cara mengolahnya. Lalu, bagaimana tepatnya mengolah cumi – cumi, khususnya cumi basah agar tidak amis dan terasa empuk hingga menjadi sajian yang lezat? Simak pembahasan tips memasak cumi basah berikut ini.

Tips Memasak Cumi Basah Agar Empuk dan Nikmat

1. Tips yang pertama sebaiknya pilihlah cumi segar dan berkualitas baik. Salah satu cara untuk mengetahui apakah cumi tersebut masih segar atau tidak adalah dengan memperhatikan matanya. Apabila mata cumi terlihat masih bersih dan tidak keruh, maka Anda boleh membelinya.

Kemudian, perhatikan pula daging atau badan cumi. Jangan memilih cumi – cumi yang kulit arinya sudah rusak. Sebaliknya, pilihlah yang dagingnya terasa kenyal dan masih padat sehingga menunjukkan bahwa cumi tidak busuk.

2. Tips yang kedua yaitu bersihkan cumi – cumi dengan cara yang benar, yaitu dengan membersihkan tinta pada cumi – cumi tanpa harus berceceran ke dagingnya. Lalu, Anda juga harus memisahkan tulang rawan yang bentuknya seperti plastik yang ada di dalam perut cumi-cumi.

Selain itu sebaiknya bersihkan juga beberapa kotoran yang ada di dalam tubuh cumi-cumi dan kulit ari baru kemudian dicuci hingga bersih.

3. Tips yang ketiga yaitu dengan melumuri atau merendam cumi yang telah dicuci bersih dengan perasan ai jeruk lemon, jeruk nipis, jahe atau bahan – bahan yang sekiranya dapat menghilangkan bau amis.

4. Tips yang keempat sebaiknya jangan masak cumi – cumi dalam waktu yang lama, cukup dalam waktu kurang lebih 3 menit saja karena jika memasak cumi-cumi dengan waktu yang lama dapat menyebabkan daging cumi tersebut menjadi alot dan tidak empuk.

5. Tips yang kelima yakni jika Anda mengolah dengan melakukan perebusan, setelahnya Anda bisa memasukkan cumi – cumi ke dalam air dingin agar daging cumi tidak terasa alot.

6. Tips yang terakhir yaitu bila Anda ingin membuat sup cumi, lebih baik bila cumi dimasak terpisah dengan bahan – bahan lain.

Demikian tips memasak cumi basah yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Tips Memasak Cumi Basah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel