Cara Membuat Risoles Isi Sayur

Nurul Hidayah - Cara Membuat Risoles Isi Sayur tidaklah sesulit yang dibayangkan kok karena pembuatan risoles sebenarnya hanya terdiri dari 3 tahap saja, tahap yang pertama yakni membuat kulit risolesnya, tahap yang kedua yakni membuat isian risolesnya dan tahap yang ketiga yakni menggoreng dengan baluran tepung panir.

Ada yang belum tahu apa itu tepung panir? Tepung panir itu sama dengan tepung roti ya. Di semua toko bahan kue tersedia kok. Nah tepung panir itu sendiri ada 2 macam warna yakni tepung panir bewarna kuning atau orange dan tepung panir bewarna putih. Nah kali saya menggunakan tepung panir yang bewarna orange.


Isi sayuran menjadi pilihan utama saya agar tetap menjadi cemilan yang sehat. Nah karena saya takutnya isian masih mentah setelah digoreng, kali saya menumis isianya terlebih dahulu agar matang dengan sempurna dan kulit risolesnya tidak akan gosong karena menunggu isianya matang.

Berikut Cara Membuat Risoles Isi Sayur sederhana dan simple. Tentunya rasanya juga enak dan nikmat. ^_^

Risoles Isi Sayur 

Bahan-bahan:
1. Tepung terigu 250 gram
2. Tepung tapioka 2 sendok makan
3. Telur ayam 1 butir, kocok lepas
4. Garam sejumput
5. Mentega 1 endok makan, lelehkan
6. Air secukupnya
7. Minyak goreng secukupnya

Bahan isi:
1. Kentang 2 buah, kupas dan potong dadu
2. Wortel 1 buah, kupas dan potong dadu
3. Bawang merah 3 butir
4. Bawang putih 2 siung
5. Merica bubuk 1 sendok teh
6. Sejumput garam
7. Air kurang lebih 1/2 gelas belimbing
8. 1 sendok makan tepung maizena

Bahan baluran:
1. Tepung panir
2. 1 butir telur, kocok lepas

Bahan lalapan:
1. Saos cabe instant
2. Daun bawang secukupnya
3. Cabe rawit secukupnya

 Cara Membuat Risoles Isi Sayur :
1. Pertama buat adonan untuk kulit risolesnya terlebih dahulu, caranya yaitu campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, tepung tapioka, mentega cair, garam, air dan 1 butir telur yang sudah dikocok lepas. Aduk hingga merata dan sudah tidak ada yang menggumpal lagi.

Nah pada tahap ini kekentalan adonan harus diperhatikan agar nanti kulit risolenya tidak mudah robek. Intinya jika membuat adonan kulit risolesnya jangan terlalu encer ataupun terlalu cair ya.

2. Selanjutnya buat isian risolesnya. Kupas wortel dan kentang lalu potong dadu, cuci hingga bersih. Kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, merica dan garam hingga halus.

Panaskan minyak sekitar 2 sendok makan, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan beserta wortel dan kentang. Tumis sebentar hingga mengeluarkan aroma yang harum. Nah ketika menumisnya jangan lama-lama ya agar tekstur kentang dan wortelnya tidak terlalu lembek.

Setelah mengeluarkan aroma yang sedap, tambahkan tepung maizena yang sudah dicampur dengan air 1/2 gelas belimbing. Aduk hingga rata dan agak mengental. Lalu angkat dan tirikan terlebih dahulu. Kalau tidak terlalu suka dengan isian yang kental, boleh gak pakai tepung maizena ya.

3. Setelah adonan kulit serta isian sayur untuk risolesnya sudah jadi. Kini saatnya membuat kulit risolesnya. Caranya yaitu panaskan teflon anti lengket, kemudian ambil adonan dengan sendok sayur, tuang adonan ke atas teflon yang sudah dipanaskan.

Lalu datarkan adonan secara merata dengan bantuan sendok sayur, ratakan seperti membuat kulit lumpia. Setelah matang dan kering, angkat.

4. Masukkan isian sayur ke dalam adonan yang sudah matang dengan cara letakkan isian sayur dibagian tepi, kemudian lipat pada bagian tepi kiri serta kanan ke arah dalam gulungan risoles. Lalu celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok dan gulingkan ke tepung panir.

5. Setelah itu, panakan minyak lalu goreng risoles hingga matang dan kecoklatan. O,ya gunakan api kecil ya ketika menggoreng agar tidak gosong.

6. Risoles Isi Sayur siap dihidangkan.


Bagaimana? Mudah kan setelah membaca Cara Membuat Risoles Isi Sayur yang sudah saya tulis di atas? Ketika menyajikanya, Anda bia menambahkan sedikit saos cabe instant, daun bawang dan juga cabe rawit sesuai selera. Selamat mencoba! ^_^

0 Response to "Cara Membuat Risoles Isi Sayur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel