Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Roti Isi Coklat Meises

Nurul Hidayah - Roti Isi Coklat Meises tentunya banyak yang menyukainya. Tidak bisa dipungkiri, saya sendiri juga sangat menggemari roti yang ada isinya coklat, terlebih lagi coklat meises. Rasa yang enak, nikmat dan manis ini bisa membuat lidah bergoyang loh.

Ternyata bukan hanya saya saja yang menyukai roti jenis ini, anak saya juga sangat menyukainya. Nah karena alasan inilah saya mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah sebagai cemilan untuk keluarga kecil saya.


Cara membuat Roti Isi Coklat Meises tidaklah sesulit yang saya bayangkan sebelumnya. Ya, karena sebelum mencoba tentunya perasaan takut gak jadi atau bantat selalu membayangi. Hehehe

Tidak usah khawatir ada rasa gatot alias gagal total bagi Anda yang masih pemula seperti saya dalam dunia perbakingan. Resep yang saya coba ini gampang banget kok. Yang penting ketika mengaduk atau ngulenin adonanya hingga benar-benar kalis ya.

Anda bisa menggunakan oven tangkring, oven listrik ataupun oven gas. Jadi intinya, sebelum menggunakan oven untuk membuat roti, sebaiknya kenali terlebih dahulu oven Anda masing-masing.

Nah kali ini saya membuat Roti Isi Coklat Meises dengan menggunakan oven listrik. Tentunya jika menggunakan oven listrik akan lebih mudah karena ada pengaturan suhu, timer serta penggunaan api atas bawah tinggal pencet tombol saja.

Namun jangan khawatir , menggunakan oven jenis lain seperti oven tangkring dan oven gas juga bisa kok. Berikut resep serta cara membuat Roti Isi Coklat Meises.

Roti Isi Coklat Meises 

Bahan A:
1. Tepung terigu 250 gram, gunakan tepung terigu berprotein tinggi
2. 1 sachset kecil susu bubuk
3. Gula pasir 25 gram
4. Susu cair 120 ml
5. Telur utuh 1 butir
6. Ragi instant 4 gram

Bahan B:
1. Sejumput garam
2. Butter 40 gram

Bahan C untuk isi:
1. Coklat meises secukupnya

Bahan D untuk taburan:
1. Biji wijen secukupnya

Bahan E untuk bahan olesan:
1. Susu cair secukupnya
2. Kuning telur secukupnya
3. Butter secukupnya, bisa juga menggunakan margarin

Cara membuat:
1. Langkah pertama yakni campurkan semua bahan A di satu wadah. Kemudian aduk-aduk dan uleni hingga kalis.

2. Setelah itu masukkan bahan B, aduk dan uleni lagi hingga benar-benar kalis.

3. Setelah adonan sudah kalis, diamkan di wadah yang sudah diolesi sedikit minyak, diamkan kurang lebih 40 hingga 50 menit atau hingga mengembang 2X lipat.

4. Setelah didiamkan kurang lebih 40 hingga 50 menit, kempeskan adonan, uleni lagi sebentar saja. Kemudian bentuk dan isi dengan coklat meises sesuai selera. Diamkan lagi hingga mengembang 2X lipat.

5. Panaskan oven dengan suhu 180 - 190 atau menurut oven masing-masing.

6. Olesi adonan yang sudah dibentuk dengan bahan E yakni susu cair dan kuning telur dan taburi dengan D yakni biji wijen.

7. Kemudian oven selama 20 menit atau menurut oven masing-masing ya.

8. Keluarkan dari oven dan langsung olesi dengan bahan E yakni butter atau bisa juga dengan margarin.

9. Roti Isi Coklat Meises siap dihidangkan.

Roti Isi Coklat Meises bia dihidangkan untuk keluarga atau buah hati tercinta loh. Selamat mencoba & happy baking! ^_^



Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Roti Isi Coklat Meises"