Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bika Ambon NCC

Nurul Hidayah - Bika Ambon NCC merupakan salah satu resep makanan tradisional favorit saya. Rasanya yang nikmat, kenyal, gurih, enak serta memiliki aroma yang khas ini tentunya banyak yang menyukai jajanan tradisional ini.

Bahanya yang simple serta cara membuatnya juga tidak sulit kok. Kunci utama dalam pembuatan bika Ambon adalah pastikan ragi instant yang digunakan masih aktif. Selain itu gunakan bahan-bahan yang masih fresh atau baru ya agar bika Ambon yang Anda buat berhasil dan enak maksimal.


Bika Ambon NCC by Nurul Hidayah
Source : Fatma Bahalwan

Bahan A:
1. Tepung terigu 100 gram, pakai tepung terigu yang berprotein sedang. Saya pakai segitiga biru
2. Air kelapa yang masih fresh atau segar sebanyak 200ml
3. 1 bungkus ragi instant atau setara dengan 11 gram

Bahan B:
1. Kuning telur 16 butir, saya pakai ukuran sedang
2. Gula pasir 400 gram
3. Tepung sagu tani 300 gram
4. Santan kental matang 600 ml
5. Sejumput garam
6. 1 cepuk kecil vanili bubuk

Cara membuat:
1. Pertama tuang semua bahan A dalam satu wadah, kemudian aduk hingga rata. Lalu diamkan kurang lebih 15 menit. Nah ini merupakan adonan biangnya ya.

2. Setelah itu kocok telur, gula pasir, vanili dan garam. Lalu masukkan bahan A serta tepung sagu sedikit demi sedikit, aduk hingga merata sambil dituangi santan kental sedikit demi sedikit. Tuang hingga santan habis.

3. Kemudian tutup adonan dan diamkan lagi kurang lebih 2 jam.

4. Tuang adonan ke dalam cetakan lalu panggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius atau hingga matang. Nah kali ini saya tidak menggunakan cetakan bika Ambon dan tidak menggunakan oven, melainkan menggunakan cetakan kue apem saja.

5. Bika Ambon siap dihidangkan.

Cukup mudah kan cara membuat Bika Ambon NCC? Jangan khawatir jika Anda belum mempunyai oven atau cetakan bika Ambon karena Anda juga bisa menggunakan cetakan kue apem atau cetakan martabak mini kok. ^_^

Selamat mencoba dan jangan lupa baca juga ya artikel mengenai : Tips dan trik membuat bika Ambon . Happy cooking! ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Bika Ambon NCC"