Apem Selong Istimewa


Nurul Hidayah - Apem Selong Istimewa merupakan salah satu jajanan tradisional yang sangat terkenal di daerah Jawa Timur. Selain enak untuk dimakan, apem selong biasanya disuguhkan oleh warga untuk acara nikahan, slametan dan acara-acara penting lainya.

Banyak yang menyukai jajanan tradisional ini seperti anak-anak, orang dewasa dan bahkan para kakek dan nenek sekalipun. Sebenarnya apem sudah ada dari zaman dulu semenjak agama Islam mulai masuk ke Indonesia.


 Nah pada zaman itu, apem selalu disajikan untuk acara hajatan yang disajikan kepada para tamu yang datang pada acara tersebut. Ternyata adat pada zaman dulu masih ada dan amsih dilestarikan oleh orang pada zaman now.

Pada zaman now, selain enak dimakan dan untuk dihidangkan pada acara hajatan. Banyak yang menjual apem selong di pinggiran jalan. Sebenarnya ada berbagai macam jenis apem dan salah satunya yaitu apem selong.

Bahan dasar yang digunakan sama yaitu tepung beras. Yang membedakan Apem selong istimewa dengan apem yang lainya adalah dengan adanya dipinggiran apem selong terdapat warna yang berbeda dengan yang dibagian tengah.

Jika dibagian tengah bewarna putih, maka yang dipinggiran bewarna coklat seperti renda. Nah pinggiran apem selong ini bertekstur renyah, sedangkan yang bagian tengah bertekstur empuk dan lembut.

Apem selong memiliki rasa yang gurih serta nikmat. Dengan tambahan daun pandan pada adonanya bisa membuat jajanan tradisional ini memiliki aroma yang lebih wangi. Berikut Apem selong istimewa yang bisa Anda coba juga di rumah.

Apem selong

Bahan- bahan:
1. Tepung beras 1 kg
2. Gula pasir 450 gram
3. 1/2 sachset ragi instant, pakai 1 sachset juga gak papa
4. Telur ayam 2 butir
5. Santan hangat 1500 cc, di ambil dari 2 butir kelapa
6. Garam sejumput
7. 1 bungkus vanili bubuk ukuran kecil
8. 3 lembar daun pandan

Cara membuat:
1. Pertama campurkan beberapa bahan seperti tepung beras, gula pasir, vanili bubuk, telur, dan ragi instant. Aduk hingga merata.

2. Setelah itu tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk dan diuleni hinga kalis. Nah ketika menuangkan santanya, janga ditunag sekaligus ya, cara nuangnya sedikit demi sedikit agar tahu keenceran apa tidak adonan yang dibuat.

3. Lalu tambahkan sedikit garam dan kemudian diamkan kurang lebih 60 menit.

4. Setelah 1 jam, panaskan cetakan terlebih dahulu. Tuang adonan ke dalam cetakan lalu beri daun pandan dibagian atasnya. Tutup cetakan dan tunggu hingga matang dan steelah itu angkat.

5. Apem selong istimewa siap dihidangkan.

Cukup mudah kan cara membuat jajanan tradisional Apem Selong Istimewa ini? Yuuk silahkan mencoba resep ini di rumah ya bu-ibu. ^_^ Happy cooking ^_^.

0 Response to "Apem Selong Istimewa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel