Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengolah Ikan Tongkol Agar Tidak Amis

Nurul Hidayah - Cara Mengolah Ikan Tongkol Agar Tidak Amis perlu diketahui agar hasil olahan ikan tongkol yang Anda masak tidak amis dan enak. Jika ikan terasa amis saat digigit tentunya akan mengurangi nafsu makan serta jadi eneg kan.

Oleh sebab itu jika cara pengolahanya benar dan tepat, pastinya masakan yang Anda buat akan terasa enak. Seperti yang kita ketahui bahwa ikan merupakan salah satu lauk yang memiliki kandungan protein yang tinggi loh.

Selain itu, ikan juga mengandung omega 3 yang sangat baik bagi tubuh. Nah karena alasan inilah banyak yang menggemari ikan sebagai salah satu lauk andalan karena baik untuk kesehatan dan juga kecerdasan otak. Terlebih lagi jika anak-anak yang mengonsumsinya.


 Seperti yang kita ketahui bahwa ikan bisa diolah menjadi beraneka ragam jenis masakan yang enak serta nikmat. Namun yang sangat disayangkan adalah kadang sebagian orang meremehkan cara mengolah ikan yang baik dan benar dan bisa menyebabkan bau amis pada ikan yang sudah diolah.

Ikan memang memiliki bau amis, namun Anda bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan bau amis tersebut. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar Anda kok. Berikut Cara Mengolah Ikan Tongkol Agar Tidak Amis dengan bahan alami yang perlu Anda ketahui.

Cara Mengolah Ikan Tongkol Agar Tidak Amis

1. Dengan menggunakan air jeruk nipis

Yang pertama Anda bisa menggunakan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada ikan tongkol yang akan Anda olah. Caranya cukup mudah kok, setelah ikan dibersihkan dari kotoranya dan dicuci hingga bersih.

Yang perlu Anda alakukan adalah memberi perasan air jeruk nipis pada sekujur badan ikan. Setelah diberi perasan air jeruk nipis, diamkan beberapa menit dan kemudian olah atau masak menjadi hidangan istimewa.

Nah cara yang pertama ini mampu menghilangkan bau amis pada ikan. Nah sebelum digoreng atau diolah menjadi menu masakan yang enak tanpa merubah rasa pada ikan terebut, sebaiknya cuci terlebih dahulu setelah didiamkan beberapa menit dengan campuran air jeruk nipis tadi.

Selain menggunakan perasan air jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan air perasan jeruk lemon ya. Kedua jenis jeruk ini dipercaya mampu menghilangkan bau seta rasa amis pada ikan.

2. Menggunakan daun dan kulit jeruk

Cara yang kedua yaitu dengan cara menggunakan daun dan kulit jeruk. Caranya cukup mudah kok, Anda hanya merebus daun dan kulit jeruk hingga mendidih. Lalu gunakan air rebusan tadi untuk mencuci ikan yang akan Anda masak.

Ternyata selain air peraaan buah jeruk nipis, daun dan kulitnya pun juga bermanfaat untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

3. Menggunakan jahe

Cara yang ketiga yaitu menggunakan bahan alami jahe. Seperti yang diketahui bahwa jahe merupakan salah satu bumbu masak atau rempah yang memiliki bau yang sangat khas. Selain bisa digunakan untuk minuman hangat, ternyata jahe juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Caranya sangat gampang kok. Anda hanya perlu emmasukkan jahe pada salah satu bumbu masakan yang akan Anda olah seperti ikan bakar, ikan goreng dan bahkan ikan yang berkuah. Anda bisa memberi bumbu jahe yang dihaluskan atau digeprek saja.

Itulah tadi pembahasan mengenai Cara Mengolah Ikan Tongkol Agar Tidak Amis dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar Anda. Semoga bermanfaat!

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengolah Ikan Tongkol Agar Tidak Amis"