Tips Sukses Bikin Bolu Gulung

Nurul Hidayah - Tips Sukses Bikin Bolu Gulung sangat perlu diperhatikan agar hasil membuat bolu gulungnya bisa sukses dan mulus. Lalu bagaimana sih caranya? Simak terus ya beberapa tips penting dalam pembuatan bolu gulung agar hasilnya bisa mulus dan tidak retak dalam artikel ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa membuat bolu gulung itu memang susah-susah gampang. Terutama dalam teknik menggulungnya. Saya mendapatkan beberapa tips ini dari tabloid koki edisi 00149 Mei 2009.


Perlu juga diperhatikan beberapa kunci sukses yang utama dalam pembuatan bolu gulung karena jika bolu gulung yag dibuat gagal tentunya akan merasa kecewa ya. Gagalnya bolu gulung seperti bantat, saat digulung pecah, tekstur tidak mulus serta kasar.

Nah oleh sebab itu, yuk simak beberapa tips berikut ini agar bolu gulung yang Anda buat, mulus, tidak retak dan berhasil.

Tips Sukses Bikin Bolu Gulung

1. Pemilihan Tepung Terigu
Yang pertama yakni pemilihan tepung terigu untuk pembuatan bolu gulung ini sebaiknya gunakanlah tepung terigu yang berprotein sedang. Tepung berprotein sedang seperti contoh segitiga biru, gunung bromo, dan beruang biru.

2. Penggunaan Kuning Telur
Yang kedua yakni dalam penggunaan telur, sebaiknya gunakanlah kuning telur yang banyak karena bolu gulung itu sendiri memliki tekstur yang lembut. Namun jika menggunakan kuning telur tidak terlalu banyak, Anda bisa menambahi sedikit tepung maizena dalam adonan tersebut.

Anda bisa memilih untuk menggunakan kuning telur yang banyak atau dengan kuning telur yang sedikit namun ditambahi dengan sedikit tepung maizena. Hal tersebut agar tekstur bolu gulung yang Anda buat tetap lembut.

3. Dalam Hal Pengocokan Adonan
Yang ketiga yakni dalam hal pengocokan adonan sebaiknya jangan terlalu lama atau kaku. Jika hal tersebut Anda lakukan, bolu yang Anda buat akan berpori besar dan juga tekstur bolu menjadi kasar ketika sudah matang.

4. Penggunaan Bahan Cair  Dalam Pembuatan Bolu Gulung Kukus
Yang keempat yakni jika Anda membuat bolu gulung kukus sebaiknya gunakanlah bahan tambahan yakni bahan cair seperti santan atau susu cair. Hal tersebut dilakukan agar hasil bolu gulu gulung kukus yang dibuat memiliki rasa gurih.

5. Proses Pemanggangan Dalam Pembuatan Bolu Glung Panggang
Yang kelima yakni juka Anda membuat bolu gulung panggang sebaiknya panggang bolu tersebut dalam suhu yang tinggi kurang lebih 200 derajat celcius. Selain itu panggang dengan waktu yang cepat kurang lebih 10 hingga 15 menit agar bolu tidak cepat kering.

Serta gunakan pengaturan api atas bawah dalam oven agar bolu bisa matang dengan sempurna. Nah jika Anda membuat dengan otang atau oven tangkring, letakkan bolu di rak bagian tengah pada awal pemanggangan, kemudian pindahkan pada ras atas jika sudah mau matang.

6. Proses Pengadukan Margarin Atau Mentega Cair
Yang keenam yakni dalam proses pengadukan margarin atau mentega cair sebaiknya agak etrlalu cepat, Anda bia menggunakan spatula dalam pengadukanya. Jika tidak, hasil bolu yang dibuat bisa bantat.

7. Penggunaan Api Dalam Pembuatan Bolu Gulung Kukus
Yang ketujuh yakni penggunaan api dalam pembuatan bolu gulung kukus sebaiknya gunakanlah api sedang agar bolu yang Anda buat tidak pecah atau mekar pada bagian atasnya. Selain itu, tutup kukusan dengan kain agar tetesan uap air tidak mengenai bolu.

8. Dilapisi Dengan Kertas Roti
Yang terakhir yakni jangan lupa untuk melapisi loyang dengan kertas roti pada bagian dasar loyang yangs ebelumnya diolesi dengan margarin atau mentega. Hal tersebut dilakukan agar bolu tidak lengket pada loyang dan mempermudah mengeluarkan bolu dari loyang.

Bagaimana setelah membaca mengenai seputar Tips Sukses Bikin Bolu Gulung? Ingin mencoba sendiri di rumah? Jika ada pertanyaan silahkan tanya dengan cara komen pada artikel berikut ini. Selamat mencoba & terima kasih.

0 Response to "Tips Sukses Bikin Bolu Gulung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel