Bolu Gulung Batik

Nurul Hidayah - Bolu Gulung Batik merupakan salah satu jenis bolu yang cara membuatnya dengan cara digulung. Nah ketika menggulung inilah perlu kehati-hatian serta cara khusus karena jika tidak dengan hati-hati bolu tersebut akan bisa menjadi patah.

Oleh sebab itu,sebaiknya ketika menggulung kue jenis ini pada saat masih baru keluar dari oven agar tidak mudah patah karena tekstur kue masih lentur. Nah proses penggulungan bisa menggunakan bantuan kertas roti sebagai alas untuk menggulung.
Beberapa waktu lalu saya sudah membuat bolu gulung motif polkadot dengan cara dikukus. Kali ini saya mencoba membuat bolu gulung dengan motif batik dengan cara dipanggang.
Namun motif batik yang saya buat hanya dengan eret-eret di atas kue bolunya saja. Hehehe.. ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan. ^_^ . Berikut bahan serta cara membuat Bolu Gulung Batik.

Bolu Gulung Batik

Bahan A:
1. 7 butir kuning telur
2. 4 butir putih telur
3. 1 sendok teh SP
4. 100 gram gula halus

Bahan B:
1. 100gram tepung terigu, ayak dulu sebelum digunakan
2. 1 sendok makan tepung maizena
3. 1 sendok makan susu bubuk

Bahan C:
1. 120 gram butter, cairkan

Bahan D untuk motif batik bagian atas bolu:
1. Ambil adonan sebagian kurang lebih 4 sendok makan(2 sendok makan untuk warna hijau, 2 sendok makan untuk warna coklat)
2. Pewarna hijau secukupnya
3. Pewarna coklat secukupnya

Bahan E untuk filling:
1. Buttercream instant atau selai secukupnya

Cara membuat:

1. Kocok semua bahan A dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental berjejak.

2. Lalu tambahkan bahan B sedikit demi sedikit, kocok dengan kecepatan paling rendah. Mengocoknya asal tercampur rata saja, jangan terlalu over karena bisa menyebabkan bantat.

3. Langkah selanjutnya yaitu tambahkan butter cair, aduk dengan spatula dengan sistem aduk balik hingga benar-benar rata.

4. Alasi loyang dengan kertas roti dan diolesi loyang dengan butter.

5. Tuang adonan ke dalam 2 loyang berukuran 24X24. Jangan lupa untuk mengehentakkan loyang ya agar hasil kue bolu nya nanti tidak bolong.

6. Setelah itu buat motif batiknya dengan cara ambil bahan D campur dan jadikan 2 adonan dengan warna yang berbeda yaitu warna coklat dan hijau. Lalu ambil plastik segitiga, tuang adonan warna secara diagonal. Tarik secara garis lurus bolak-balik dengan bantuan tusuk sate.

7. Panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius selama 15 menit atau hingga matang.

8. Setelah 15 menit, keluarkan dari oven.

9. Olesi dengan buttercream atau selai, lalu gulung dengan perlahan. Setelah digulung masukkan ke dalam lemari es 10 menit. Lalu dipotong-potong.

10. Kue bolu gulung batik siap dihidangkan.

Bolu Gulung Batik siap disantap dengan ditemeni teh hangat. ^_^ selamat mencoba & happy baking bu-ibu!

0 Response to "Bolu Gulung Batik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel