Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Cake Agar Tidak Bantat

Nurul Hidayah - Tips membuat cake agar tidak bantat memang perlu diperhatikan agar hasil cake atau kue yang dibuat bisa sempurna. Selain tampilan cake nya cantik, tentunya rasanya juga akan lebih nikmat dan enak.

Nah, jika Anda salah satu orang yang pernah mengalami kegagalan dalam membuat cake, jangan mudah untuk berputus asa begitu saja karena memang perlu tips khusus agar cake yang dibuat bisa lembut dan tidak bantat.


Gambar yang saya sertakan di atas merupakan salah satu jenis olahan cake atau roti  dengan cara di panggang di dalam oven. Untuk memanggang cake atau roti harus diperhatikan dengan benar suhu serta berapa lama cake tersebut dipanggang.

Membuat makanan olahan seperti cake, roti, kue dan lain sebagainya memang gampang-gampang susah. Namun jika membuatnya sesuai step atau petunjuk yang ada di resep, insya allah akan berhasil.

Namun jika masih gagal, berarti Anda harus tahu teknik serta beberapa trik pembuatan untuk mengolah tepung menjadi cake atau sajian istimewa. Berikut tips membuat cake agar tidak bantat.

Tips Membuat Cake Agar Tidak Bantat 

1. Tips yang pertama yaitu perhatikan bahan-bahan yang digunakan. Pastikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cake dan roti, sebaiknya dalam keadaan suhu normal. Jika sudah terlanjur berada di dalam lemari es, sebaiknya tunggu terlebih dahulu hingga suhunya normal.

Jika bahan-bahan yang digunakan dalam keadaan yang terlalu dingin, hal tersebut bisa membuat cake yang Anda buat bantat karena pengembangan adonan akan tidak merata dengan sempurna.

2. Tips yang kedua perhatikan salah satu bahan yang digunakan seperti bahan pengembang yang akan digunakan. Rata-rata dalam pembuatan cake ataupun roti akan memakai bahan pengembang.

Seperti contoh baking soda, baking powder, SP / TBM, ragi instant dan self-raising flour, nah pastikan takaran bahan pengembang yang akan digunakan dalam 1 resep. Untuk menggunakan bahan pengembang jaganlah berlebihan.

Selain itu perhatikan juga kualitas bahan pengembang yang akan digunakan. Jika Anda salah satu orang yang hanya sekedar hobi membuat cake atau bukan seorang penjual, tentunya menggunakan bahan pengembang tidaklah setiap hari.

Tentunya jika menggunakan bahan pengembang akan selalu ada sisa dan disimpan dengan kurun waktu yang cukup lama. Nah jika bahan tersebut terlalu disimpan dan terbuka dalam waktu yang cukup lama akan mengurangi kualitas bahan tersebut.

3. Tips yang ketiga yaitu perhatikan juga ketika mengocok adonan karena kunci utama agar cake atau roti yang dibuat bisa sukses adalah dalam hal pengocokan adonan.

Jika step mengocok adonan sudah benar tentunya akan menentukan hasil akhir cake yang dibuat, begitu pula sebaliknya.

4. Tips yang keempat yaitu cara mengatur suhu atau panasnya oven yang dipakai. Nah jika membuat cake dengan cara dipanggang dengan oven, sebaiknya panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang cakenya.

Selain itu, kenali oven Anda terlebih dahulu karena setiap merk oven yang dipakai akan berbeda juga dalam hal memanggangnya. Seperti dalam hal pengaturan suhu dan waktu yang digunakan.

Bagaimana setelah membaca beberapa tips membuat cake agar tidak bantat seperti yang sudah saya tuliskan di atas? Masih takut untuk mencoba kedua kali dan bahkan ketiga kalinya? ^_^ Selamat mencoba dan semoga sukses bu ibu . ^_^ 
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Cake Agar Tidak Bantat"