Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Black Forest Kukus

Nurul Hidayah - Resep black forest kukus akan saya tulis di dalam artikel ini. Siapa sih yang tak kenal kue yang satu ini? Kue yang sudah legendaris dan terkenal ini? Rasa yang enak dengan manisnya coklat yang legit membuat kue ini memiliki banyak penggemar.

Seperti yang kita ketahui bahwa black forest adalah salah satu jenis cake yang memiliki warna hitam pekat. Nah warna hitam tersebut dari dark cooking chocolate dan coklat bubuk yang digunakan dalam adonan.

Jika memilih coklat bubuk, sebaiknya pilihlah coklat bubuk yang bewarna hitam pekat, jangan yang bewarna coklat ya agar hasilnya bisa sempurna sesuai dengan namanya.


Nah kali ini saya membuat black forest dengan cara dikukus jadi gak usah pakai oven lagi ya bund. Cukup dengan panci atau kukusan yang ada di rumah saja. Jangan lupa untuk memanaskan kukusan terlebih dahulu sebelum digunakan ya.

Berikut Resep black forest kukus yang bisa juga Anda coba di rumah untuk sajian keluarga tercinta atau untuk base cake, kue ulang tahun buah hati tercinta.

Resep Black Forest Kukus 

Bahan-bahan:
1. Tepung terigu 200 gram, saya menggunakan tepung terigu protein rendah
2. Susu cair 100 ml
3. Telur 6 butir
4. Margarin 75 gram, lelehkan atau taruh di magic com sebentar nanti juga akan leleh sendiri
5. Dark cooking chocolate 100 gram, potong kecil-kecil dan tipis lalu taruh di magic com hingga leleh
6. Gula halus 250 gram
7. Baking powder 1/2 sendok teh
8. SP 1 sendok teh

Bahan untuk topping:
1. Butter cream
2. Dark cooking chocolate serut secukupnya
3. Cherry secukupnya , berhubung stock cherry habis, ya sudahlah saya tidak pakai. hehehehehe

Cara membuat:
1. Pertama kocok telur, gula halus dan TBM hingga mengembang dan bewarna putih. Setelah mengembang masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan baking powder. Aduk hingga merata.

2. Kemudian masukkan susu cair, margarin cair dan dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan satu persatu sambil diaduk-aduk hingga rata.

3. Siapkan loyang, tuanga donan ke dalam loyang.

4. Masukkan ke dalam kukusan yang sebelumnya dipanaskan terlebih dahulu.

5. Tunggu kurang lebih 20-30 menit atau tes tusuk.

6. Setelah 20 hingga 30 menit, angkat dari kukusan dan siap dihias.

7. Black forest siap diidangkan dan dipotong-potong.

Mudah kan cara membuatnya setelah melihat Resep Black Forest Kukus di atas? Maaf ya fotonya hanya potonganya back forest saja, tidak dalam bentuk utuh karena sudah habis duluan dimakan sikrucil sebelum difoto. ^_^ Selamat mencoba ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Black Forest Kukus"