Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cake Kukus Sederhana

Nurul Hidayah - Cake Kukus Sederhana menjadi pilihan alternatif bagi saya jika sang buah hati ingin dibuatkan cake, namun bahan yang tersedia di dapur tidak begitu lengkap karena bahan-bahan yang dibutuhkan sangat simple dan sederhana, seperti halnya namanya.

Kali ini saya membuat cake yang sederhana serta bisa dibilang cake irit juga ya karena hanya menggunakan 4 telur saja dalam satu resep. Resep ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula dan masih dalam tahap belajar baking & cooking.
Selain sederhana, cake ini juga tidak memerlukan oven untuk di panggang karena proses pembuatanya dengan cara dikukus. Meskipun jenis cake simple dan sederhana, namun cake ini juga tidak kalah enak kok dengan cake jenis lainya. Bagaimana tertarik untuk membuat Cake Kukus Sederhana? Berikut bahan serta cara membuatnya.

Cake Kukus Sederhana

Bahan-bahan:
1. Tepung terigu 250 gram, ayak sebelum digunakan
2. Gula pasir 250 gram
3. Garam halus sejumput
4. Telur ayam 250 gram atau setara dengan 4 butir telur utuh
5. Mentega 250 gram, cairkan dengan cara ditim atau bisa juga ditaruh dimagic com
6. 1/2 sendok teh SP
7. 1 sendok teh baking powder

Bahan topping:
1. Coklat blok dilelehkan
2. Sprinkle warna-warni secukupnya

Cara membuat:
1. Pertama kocok telur, garam , SP dan gula menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berubah warna menjadi putih pucat.
2. Kemudian rendahkan kecepatan mixer hingga yang paling rendah, lalu masukkan tepung terigu dan baking powder sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
3. Terakhir matikan mixer dan tuang mentega yang sudah dilelehkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan, aduk menggunakan spatula. Aduk hingga rata.
4. Tuang adonan ke dalam cetakan, saya memakai cetakan bulat ukuran 18cm.
5. Kukus adonan yangs ebelumnya kukusan dipanaskan terlebih dahulu.
6. Kukus kurang lebih 35 - 45 menit atau hingga matang.
7. Jangan lupa untuk tes tusuk sebelum diangkat ya agar tahu tingkat kematanganya.
8. Setelah matang, angkat dan beri topping dengan cara siramkan coklat leleh dibagan atas cake dan kemudian taburi dengan sprinkle warna-warni.
9. Cake kukus sederhana siap dihidangkan.

Bagaimana mudah bukan cara pembuatan Cake Kukus Sederhana? Selain mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan. Cake ini bisa juga Anda sajikan sebagai sajian pelengkap keluarga Anda di saat santai atau teman ngeteh di sore hari. Selamat mencoba!
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cake Kukus Sederhana"